Pejabat Kementerian ESDM Sebut Jero Wacik Sosok yang Sederhana

Juru Bicara Kementerian ESDM Saleh Abdurahman justru menilai pria kelahiran Bali tersebut sebagai sosok yang sederhana dan merakyat.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 06 Sep 2014, 15:02 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2014, 15:02 WIB
Jero Wacik 3
(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sebagai tersangka dugaan kasus pemerasan dan korupsi. Dalam konferensi pers, salah seorang pejabat KPK menyebutkan bahwa Jero Wacik merupakan sosok yang gemar hidup mewah.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Kementerian ESDM Saleh Abdurahman justru menilai kebalikan dari penilaian KPK. Saleh melihat bahwa pria kelahiran Bali tersebut sebagai sosok yang sederhana.

"Kalau dibilang mewah, saya menilai pak Jero itu sederhana. Kami makan di warung-warung biasa, pernah ke Bandung pun kami makan di tempat yang biasa saja, dari sisi apa beliau bersikap mewah?" tuturnya saat menjadi pembicara dalam diskusi terbuka bertema 'Korupsi di Pusaran SKK Migas' di Jakarta, Sabtu (6/9/2014).

Dia juga menilai mobil yang digunakan Jero bukan kendaraan mewah. Bahkan dia melihat Jero sebagai sosok yang merakyat dan sangat humanis.

"Mobilnya biasa saja, dan dia suka melakukan hal-hal yang bersifat merakyat," ungkapnya.

Saleh juga menyinggung kedekatan Jero dengan awak media yang ditujukan agar masyarakat dapat ikut mengawasi seluruh kegiatannya di bidang energi. Bahkan pada anak buahnya Jero mengatakan perlunya publikasi sebagai bentuk transparansi pada masyarakat.

Sementara di lingkungan Kementerian ESDM, Jero juga dikenal sebagai seorang motivator. "Pak Jero ini sosok yang sederhana. Beliau ini sering memberikan motivasi agar seluruh karyawan melakukan yang terbaik dan mampu mencetak serangkaian prestasi di bidang energi. Beliau juga sangat strict terhadap aturan-aturan yang ada," ungkap Saleh.

Sekadar informasi, nama Jero Wacik muncul ketika KPK mengusut perkara dugaan suap di lingkungan kerja SKK Migas yang menjerat mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. (Sis/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya