KAI-LEN Gandeng Siemens buat Peremajaan Persinyalan Kereta Api

Kerja sama ini dituangkan melalui penandatanganan bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo di KTT G20, Hamburg, Jerman.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 11 Jul 2017, 11:12 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2017, 11:12 WIB
Penampakan kereta ekonomi yang memilik predikat premium yang produksi PT INKA yang dipesan oleh PT Kereta Api Indonesia. (Foto: INKA)
Penampakan kereta ekonomi yang memilik predikat premium yang produksi PT INKA yang dipesan oleh PT Kereta Api Indonesia. (Foto: INKA)

Liputan6.com, Jakarta PT KAI dan PT LEN Industri menjalin kerja sama (Framework Cooperation Agreement) dalam bidang pengembangan fasilitas pengoperasian perkeretaapian di Indonesia dengan perusahaan asal Jerman, Siemens.

Kerja sama ini dituangkan melalui penandatanganan yang dilakukan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, Direktur PT LEN Industri, Zakky Gamal Yasin dan Board Member SIEMENS, Jochen Cedrik Neikeeickholt.

Penandatanganan tersebut dilakukan bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo di KTT G20, Hamburg, Jerman. Hadir pada penandatangan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas T Lembong, Duta Besar RI untuk Federasi Jerman, Fauzi Bowo, dan beberapa pejabat terkait lainnya.

Selain sebagai salah satu bentuk sinergi BUMN dengan menggandeng PT LEN Industri, penandatanganan kerangka kerja yang diadakan dengan menggandeng Siemens sebagai salah satu perusahaan elektronik dan komponen listrik terbesar di dunia. Ini dilakukan untuk pengembangan bisnis fasilitas operasi perkeretaapian di Indonesia.

"PT LEN Industri dan Siemens akan bekerja sama dengan PT KAI dalam melakukan peremajaan dan pengembangan fasilitas operasi perkeretaapian," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro dalam keterangannya, Selasa (11/7/2017).

Tidak hanya itu, termasuk di dalam MoU itu masalah pengembangan, peremajaan, lokalisasi manufacturing dan jasa pemeliharaan, serta pelatihan dan pendidikan SDM.

Selain itu, penandatanganan kerangka kerja ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani sebelumnya.

"Ini merupakan langkah awal kerja sama strategis antara PT KAI, PT LEN, dan Siemens melalui peningkatan atas pemanfaatan konten lokal, transfer teknologi, global supply chain, dan pabrikasi fasilitas operasi perkeretaapian di Indonesia," ucap Edi lagi.

Dalam pertemuan usai penandatangan MoU tersebut, para CEO KAI, LEN, dan Siemens menyepakati untuk segera menindaklanjuti kerangka kerja sama yang telah ditandatangani tersebut.

Edi mengharapkan agar peremajaan dan up grading persinyalan di wilayah Jabodetabek dapat segera terwujud, guna meningkatkan pelayanan dan keselamatan perjalanan kereta api di wilayah Jabodetabek. (Yas)

Tonton video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya