Ogah Antre Panjang di Pos Pemeriksaan Kesehatan Bandara Soetta, Pakai Cara Ini

Calon penumpang diimbau untuk menggunakan e-HAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 26 Des 2020, 11:00 WIB
Diterbitkan 26 Des 2020, 11:00 WIB
Protokol Kenormalan Baru di Bandara Soetta
Calon penumpang menggunakan face shield di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/6/2020). PT Angkasa Pura II selaku pengelola mulai menjalankan skenario protokol penerapan tatanan normal baru. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Maksimalkan pemeriksaan kesehatan penumpang, pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), imbau calon penumpang untuk menggunakan e-HAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik.

Selain memperingkas pemeriksaan atau validasi yang diklaim hanya butuh waktu beberapa detik saja, e-HAC ini juga untuk mengantisipasi membludaknya antrean di pos pemeriksaan kesehatan.

"Kami imbau kepada penumpang untuk mengisi e-HAC karena proses validasinya sangat cepat hanya sekitar 5 detik, sehingga bisa memangkas waktu antrean," ujar Direktur Operasional dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, Muhammad Wasid, Sabtu(26/12/2020).

Agar lebih mempermudah perjalaan lagi, Wasid mengimbau, penumpang mengisi e-HAC sejak di bandara asal, agar saat tiba di bandara Soetta tidak memakan waktu lama di terminal kedatangan. Hal ini juga bertujuan agar tidak ada kerumunan di tempat pemeriksaan kesehatan sehingga meminimalisir penularan Covid-19.

"Saat ini e-HAC adalah solusi yang tepat untuk mengurangi waktu antrian di pos pemeriksaan kesehatan, prosesnya juga cepat dibanding HAC manual yaitu hanya dalam hitungan detik," ujarnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan bandara lain dibawah naungan Angkasa Pura II dan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kemenhub, terkait e-HAC penumpang yang akan kembali melalui Bandara Soetta.

Dengan cara tersebut, penumpang tidak perlu menunggu waktu lama di terminal kedatangan dan bisa langsung meninggalkan bandara Soekarno-Hatta. (Pramita Tristiawati)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Ternyata, 60 Persen Antrean Rapid Test Antigen di Bandara Soetta Bukan Penumpang Pesawat

Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) memperketat pengawasan menyusul temuan virus varian baru atau SARS-CoV-2 di Inggris pada 20 September 2020 lalu.
Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) memperketat pengawasan menyusul temuan virus varian baru atau SARS-CoV-2 di Inggris pada 20 September 2020 lalu.

Penumpukan peminat rapid test antigen dan PCR tes di Bandara Soekarno Hatta, ternyata bukan hanya untuk kepentingan penerbangan saja.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, menemukan, bila adanya antrean masyarakat yang hendak rapid test antigen di Bandara Soekarno-Hatta, pada Senin (21/12/2020) lalu, disebut tak hanya berasal dari calon penumpang pesawat.

"Jadi keterangan yang saya dapatkan dari Pak Dirut APII, bahwa banyak masyarakat yang bukan calon penumpang pesawat melakukan rapid test antigen di Bandara Soetta," kata Tulus saat ditemui di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (23/12/2020).

Tulus mengungkapkan, dari data yang dia dapatkan, sebanyak 60 persen masyarakat yang melakukan rapid test antigen di Bandara Soetta bukan merupakan penumpang pesawat terbang, khususnya di Bandara Soetta.

"Rata-rata mereka adalah penumpang kapal laut dan kereta api yang juga harus menyertakan rapid test antigen," ungkap Tulus.

Hal tersebut kata Tulus terjadi lantaran tak adanya fasilitas untuk melakukan rapid test antigen di pelabuhan ataupun stasiun. Lalu, faktor lainnya adalah, masyarakat juga berbondong-bondong melakukan rapid test di Bandara Soetta lantaran harganya yang murah.

"Di Bandara Soetta hanya Rp 200ribu, sementara di rumah sakit harganya jauh lebih mahal," tuturnya.

Bahkan, Tulus juga mengatakan, bukan hanya rapid test antigen yang harganya terbilang cukup murah, untuk test COVID-19 lain pun masyarakat akan lebih memilih melakukan tes di Bandara Soetta.

"Misalnya saya kemarin, sempat rapid test antibodi di Bandara Soetta hanya Rp. 85ribu, tapi memang kalau untuk sengaja datang kesini tapi tidak untuk naik pesawat sebenarnya costnya sama saja," ujar Tulus.

Tulus menjelaskan, adanya antrean rapid test antigen yang cukup panjang di Bandara Soetta lantaran adanya kepanikan masyarakat akan aturan pemerintah yang mendadak.

"Sehingga menimbulkan panic policy, masyarakat panik dan akhirnya berbondong-bondong melakukan rapid test di hari yang sama," ungkapnya.

Tulus menilai, sejak awal pandemi COVID-19 terjadi, Pemerintah memang tidak konsisten dalam membuat kebijakan untuk menghadapi COVID-19 hingga mmebuat masyarakat bingung.

"Hal ini tentunya menimbulkan kekacauan di lapangan itu menjadi masalah serius karena bisa menimbulkan klaster baru, khususnya di Bandara Soetta," jelasnya. (Pramita Tristiawati) 


Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya