4 Jurus Bank Indonesia Dukung Gernas BBI dan BWI

Bank Indonesia terus memperkuat peran aktif dalam mendukung kesuksesan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI).

oleh Tira Santia diperbarui 26 Feb 2022, 22:04 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2022, 22:04 WIB
Jangan Sampai Ketinggalan! Gerakan Bangga Buatan Indonesia Segera Diluncurkan, Pertamina Gelar SMEXPO 2021
(Foto:Dok.Pertamina)

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia terus memperkuat peran aktif dalam mendukung kesuksesan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI). Terdapat 4 hal yang terus diupayakan Bank Indonesia sebagai bentuk dukungan terhadap dua hal tersebut.

Dikutip dari keterangan resmi Bank Indonesia, Sabtu (26/2/2022), pertama, optimalisasi pemanfaatan berbagai program pengembangan UMKM melalui pendampingan yang kontinyu.

Kedua, memperluas pemanfaatan digitalisasi oleh UMKM, baik dari sisi pembayaran melalui penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) Tanpa Tatap Muka (TTM), maupun dari sisi pemasaran melalui platform digital e-katalog.

Ketiga, peningkatan kampanye program BBI secara masif baik di level Nasional maupun daerah. Keempat, penguatan sinergi dalam mensukseskan Gernas BBI dan BWI.

Sejak awal, Bank Indonesia memang berkomitmen mendukung Kampanye Gernas BBI dan BWI untuk mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk Indonesia Maju.

Hal ini diwujudkan melalui sinergi dengan Kementerian dan Pemerintah Daerah terkait, di antaranya dalam bentuk peningkatan kapasitas UMKM, peningkatan akses pasar, akses pembiayaan, dan akselerasi transformasi digital UMKM.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Peran Strategis Bank Indonesia

FOTO: Mengunjungi Pameran Produk UMKM dalam Program Bangga Buatan Indonesia
Pengunjung memilih produk UMKM pada acara In Store Promotion di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (18/11/2020). Pemerintah mendorong sektor UMKM sebagai tindak lanjut dari program Bangga Buatan Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peran strategis Bank Indonesia dalam mendukung pelaksanaan Gernas BBI dan BWI dikukuhkan melalui penerbitan Keputusan Presiden Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Keputusan tersebut menetapkan Gubernur Bank Indonesia sebagai Wakil Ketua bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan.  Hal ini menunjukkan bukti dan apresiasi Pemerintah terhadap peran aktif Bank Indonesia dalam mendukung kesuksesan Gernas BBI dan BWI.

Adapun Gernas BBI dan BWI diluncurkan 14 Mei 2020 lalu oleh Presiden Joko Widodo. Gerakan ini muncul sebagai respons terhadap pandemi yang berdampak signifikan terhadap UMKM.

Gernas BBI menggerakkan masyarakat agar bangga membeli dan menggunakan produk dalam negeri, sekaligus mendorong UMKM untuk go digital. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya