3 Frasa Ini Bisa Jadi Pengganti Kata Maaf saat Berbuat Salah di Tempat Kerja

Ada pro dan kontra untuk mengatakan “Maaf” di tempat kerja. Sebab, kata tersebut sebetulnya tidak efektif digunakan dalam konteks pertanggungjawaban pekerjaan.

oleh Liputan6.com diperbarui 18 Jul 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Minta Maaf
Ilustrasi Minta Maaf (Photo created by azerbaijan_stockers on freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Ada pro dan kontra untuk mengatakan “Maaf” di tempat kerja. Sebab, kata tersebut sebetulnya tidak efektif digunakan dalam konteks pertanggungjawaban pekerjaan.

Menurut seorang Profesor Manajemen di The Wharton School of University of Pennsylvania Maurice Schweitzer, meskipun ungkapan itu mengungkapkan perhatian dan empati, sering kali itu bukan cara yang paling efektif untuk bertanggung jawab.

Mengucapkan maaf memang hal yang sangat baik untuk dilakukan. Akan tetapi, itu juga dapat menempatkan pekerja pada posisi yang dianggap terkesan merendahkan diri, kata Schweitzer.

“Itu tidak otoritatif, tidak tegas, dan terkadang orang tampak lebih kuat ketika mereka tidak meminta maaf,” ujarnya dilansir dari CNBC, Senin (18/7/2022).

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam The European Journal of Social Psychology menyatakan bahwa potensi manfaat psikologis untuk menghindari permintaan maaf itu 95 persen dari peserta menolak untuk mengungkapkan penyesalan setelah menyinggung seseorang menunjukkan tanda-tanda “harga diri yang lebih besar, peningkatan perasaan berkuasa (atau kontrol) dan integritas”.

Di sisi lain tentu saja ketika tidak meminta maaf setelah membuat salah itu bisa menjadi bumerang, terutama jika hal itu merugikan orang-orang di sekitar. Masalahnya adalah kata-kata “Saya minta maaf” paling berguna ketika Anda telah melakukan sesuatu yang secara langsung berdampak pada individu lain, kata Schweitzer - kata-kata itu dapat “mengubah orang dari keadaan konflik menjadi pindah ke kerja sama” - dan tempat kerja kesalahan biasanya tidak melibatkan serangan pribadi seperti itu.

Sebaliknya, jika Anda ingin meminta maaf atas tenggat waktu yang terlewat, salah ketik, atau salah perhitungan. Untuk bertanggung jawab atas kesalahan semacam itu tanpa terlihat merendahkan diri sendiri, Schweitzer menyarankan untuk mengatakan tiga frasa ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengganti Kata Maaf

Ilustrasi kata-kata, minta maaf
Ilustrasi kata-kata, minta maaf. (Photo by Brett Jordan on Unsplash)

Schweitzer mengatakan penting untuk berkomunikasi dengan sengaja ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana. Contohnya, pertama, ganti “Saya minta maaf atas kesalahan ini” dengan “Saya bertanggung jawab atas ini dan inilah cara saya berencana untuk memperbaikinya.”

Ini adalah permintaan maaf yang masih mengakui kesalahan langkah tanpa menyampaikan kerentanan yang tidak perlu. “Jika Anda mengenali sebuah kesalahan, dibutuhkan ketegasan untuk mengatakan, ’Inilah kesalahannya. Saya ingin Anda mengetahuinya dan saya akan mengambil tindakan korektif ini,’” kata Schweitzer. “Menyatakan niat Anda secara khusus, saya pikir, adalah hal yang kuat dan sering konstruktif untuk dilakukan.”

Dalam situasi lain, jika Anda mungkin tidak ingin meminta maaf secara eksplisit sama sekali. Sebagai contoh, ganti kalimat “Saya minta maaf karena terlambat” dengan “Terima kasih atas kesabaran Anda”.

Selain itu, juga bisa mengganti “Maaf Anda sedang stres” dengan “Saya melihat Anda memiliki banyak di piring Anda. Dapatkah saya membantu Anda? Apa kamu butuh istirahat?”.

Kuncinya, kata Schweitzer, adalah mempraktikkan akuntabilitas sambil menyarankan solusi yang dapat membantu Anda bergerak maju. Itu lebih baik daripada memikirkan kesalahan masa lalu. Anda akan cenderung tidak merendahkan diri sendiri setelah melakukan kesalahan — yang dapat menyebabkan lebih banyak kesalahan — dan Anda akan dianggap oleh orang lain lebih percaya diri dan dapat diandalkan.

Melakukannya dapat membantu Anda mengurangi beberapa tekanan yang mungkin dirasakan untuk menjadi sempurna. Selain itu, juga karena Anda akan tahu bagaimana berkomunikasi melalui masalah berikutnya, kapan pun masalah itu muncul.

“Kita harus belajar dari kesalahan kita dan mencari cara untuk meminimalkannya, tetapi itu tidak berarti kita akan berhenti membuatnya,” kata Schweitzer.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya