Ingin Sukses Jadi Karyawan Sekaligus Pengusaha? Begini Caranya

Tidak banyak orang bisa mengatur waktu antara jadi pekerja di sebuah kantor namun juga berperan sebagai pengusaha

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Okt 2022, 07:00 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2022, 07:00 WIB
Bekerja di Perusahaan Besar
Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Tidak banyak orang bisa mengatur waktu antara jadi pekerja di sebuah kantor namun juga berperan sebagai pengusaha. Untuk itu butuh keseimbangan waktu dan pikiran dalam mengaturnya.

Tetapi dengan sistem yang tepat Anda dapat menyeimbangkan keduanya tanpa harus mengorbankan satu sama lain.

Cole Jacobs merupakan seorang wirausahawan yang menyeimbangkan dua bisnis terpisah juga sambil bekerja penuh sebagai manager yang memimpin tim yang terdiri dari 800 karyawan, dan dia membagikan kiat-kiatnya untuk sukses

Kira-kira apa aja sih tips cara menyeimbangkan sebagai wirausaha dengan pekerjaan full time juga, yang telah dirangkum Liputan6.com dari Forbes.com, Minggu (30/10/2022):

1. Memperjelas Tujuan Anda

Dalam poin pertama ini, saat perhatian Anda terbagi antara beberapa bisnis, sasaran menjadi lebih pentinng karena dapat berfungsi sebagai bintang dan memastikan Anda selalu bergerak maju.

Jacobs percaya bahwa 90 persen dari mencapai kesuksesan hanyalah memahami apa tujuan Anda dan kemudian menciptakan sistem yang tepat untuk mencapainya. Ini membutuhkan banyak perencanaan, koordinasi, dan disiplin. Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas, Anda juga dapat membuat rencana tindakan yang jelas untuk mengubah tujuan tersebut menjadi kenyataan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Terorganisir

Menyalahgunakan Fasilitas Kantor
Ilustrasi Bekerja di Perusahaan Credit: pexels.com/fauxels

Tetap terorganisir adalah kunci untuk dapat menyeimbangkan pekerjaan Anda dengan bisnis Anda dengan yang terakhir menjad sangat penting untuk kesuksesan yang berkelanjutan.

Anda perlu memiliki sistem untuk melacak tujuan dan tenggat waktu untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan. Anda harus menemukan cara untuk melacak tugas Anda dan memasukkannya ke dalam alur kerja.

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda, seperti Asana, Airtable, Smartsheet, dan lan-lain, jadi lakukan riset untuk menemukan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 


3. Memberikan 100 persen untuk Tugas Apapun

Orang Produktif Fokus Pada Satu Pekerjaan, Orang Sibuk Berusaha Multitasking
Ilustrasi Fokus Pada Pekerjaan Credit: pexels.com/pixabay

Dalam poin terakhir ini adalah tidak membagi perhatian Anda 50:50. Namun untuk memberikan 100 persen untuk tugas yang ada, lalu 100 persen lagi untuk tugas berikutnya ketika Anda melanjutkan ke tugas tersebut.

Mampu memasuki semua dan hadir sepenuhnya dalam apa yang Anda lakukan akan membantu Anda mencapai kesuksesan lebih cepat daripada jika Anda terus-menerus melakukan banyak tugas dan hanya memberikan Sebagian diri Anda untuk setiap hal yang sedang Anda kerjakan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya