Fantastis, Berlian Langka Fortune Pink Laku Terjual Rp 445 Miliar

Dengan berat 18,18 karat, permata itu menjadi berlian "merah muda mewah" berbentuk buah pir terbesar yang pernah dijual, kata rumah lelang Christie.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 10 Nov 2022, 21:21 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi berlian. (dok. pexels/Danielle De Angelis)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu batu berlian langka Fortune Pink telah laku terjual lebih dari USD 28,5 juta atau sekitar Rp 445,9 miliar. Berlian itu berhasil di lelang di Jenewa pada hari Selasa kepada pelanggan swasta Asia.

Dengan berat 18,18 karat, permata itu menjadi berlian "merah muda mewah" berbentuk buah pir terbesar yang pernah dijual, kata rumah lelang Christie.

Berlian yang memesona itu dihargai dengan harga 24,5 juta franc Swiss (US$24.615.150), naik menjadi 28.436.500 franc Swiss (US$28.570.150) dengan tambahan premi pembeli.

Penawaran yang berlangsung selama empat menit begitu menegangkan. Dimulai dengan 17 juta franc Swiss dan merupakan pertarungan tiga arah antara penawar telepon dengan pemenang yang akhirnya mengklaim permata dengan menaikkan tawaran setengah juta.

“Pembeli senang. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata salah satu karyawan Christie's yang menerima tawaran melalui telepon seperti melansir South China Morning Post, Kamis (10/11/2022).

Fortune Pink menjadi berlian yang ditambang dari Brasil itu diperkirakan bernilai antara USD 25 juta dan USD 35 juta.

Christie's mencatat bahwa berat karat, 18,18, dianggap sebagai angka keberuntungan di Asia, di mana itu menandakan "kemakmuran yang pasti" dan memberi berlian itu namanya.

“Sangat tepat itu dibeli oleh pelanggan pribadi Asia,” kata kepala perhiasan internasional Chrsitie Rahul Kadakia.

"Saya sangat senang bahwa itu pergi ke keluarga baru yang akan menikmatinya, yang akan memakainya, dan saya berharap itu membawa keberuntungan bagi mereka," lanjutnya.

Berlian merah muda itu hanya ditemukan di beberapa tempat dan kurang dari 10 persen beratnya lebih dari seperlima karat.

Permata besar seperti Fortune Pink ini menjadi salah satu berlian paling langka dan paling laris di pasar global.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lelang Berlian Lain

Ilustrasi Berlian
Ilustrasi berlian. (dok. Pixabay.com/GrownDiamond)

Pada hari Jumat, berlian merah muda Williamson Pink Star 11,15 karat pun telah terjual di Hong Kong seharga HK$ 453,2 juta (USD 57,7 juta). Angka tersebut mampu memecahkan rekor harga per karat yang dibayarkan di lelang untuk berlian atau batu permata apa pun, menurut Sotheby's.

Sementara itu, harga tersebut diambil dengan harga tertinggi kedua yang dibayarkan di lelang untuk permata apa pun.

Tobias Kormind sebagai direktur pengelola perhiasan berlian online 77 Diamonds mengatakan bahwa harga Fortune Pink mengecewakan jika dibandingkan.

“Hong Kong telah mengalahkan Jenewa dan apakah kita suka atau tidak, pusat gravitasi penciptaan kekayaan bergerak menuju Asia,” katanya.

Rekor dunia untuk berlian merah muda ditetapkan pada tahun 2017, ketika sebuah batu yang dikenal sebagai CTF Pink Star dijual di Hong Kong seharga USD 71,2 juta.

 


Rekor Dunia

Fortune Pink dilelang dalam penjualan Magnificent Jewels di Hotel des Bergues, bagian dari penjualan Christie's Luxury Week di Jenewa.

Penjualan permata sebanyak 71 lot menghasilkan hampir 56,6 juta franc Swiss. Lima lot berlian lainnya berharga lebih dari satu juta franc Swiss.

“Itu adalah malam yang menyenangkan,” kata Kadakia, “ada selera, orang mau membayar harganya.”

Sotheby's Geneva Luxury Week juga sedang berlangsung, dengan berlian mewah berbentuk bantal berwarna biru cerah seberat 5,53 karat yang diperkirakan berharga 11 hingga 15 juta franc Swiss pada hari Rabu.

Ini adalah bagian dari De Beers Exceptional Blue Collection, sekelompok delapan berlian biru mewah yang langka dengan nilai total lebih dari US$70 juta, dijual di Jenewa, New York, dan Hong Kong.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya