Tol Jakarta-Cikampek Selatan II Dibuka Saat Nataru, Hanya Arah Bandung ke Jakarta

PT Jasa Marga Tbk akan membuka ruas Tol Jakarta-Cikampek II ruas Sadang-Kutanegara pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 16 Des 2022, 17:36 WIB
Diterbitkan 16 Des 2022, 17:30 WIB
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan saat mudik lebaran 2022. PT Jasa Marga Tbk akan membuka ruas tol Jakarta-Cikampek II ruas Sadang-Kutanegara pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga Tbk akan membuka ruas tol Jakarta-Cikampek II ruas Sadang-Kutanegara pada momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Ruas sepanjang 8,5 kilometer ini hanya bisa dilalui dari arah Bandung ke Jakarta.

Untuk diketahui, pembukaan jalan tol fungsional ini akan mengikuti kondisi lalu lintas saat Nataru. Misalnya, ketika terjadi kepadatan kendaraan yang keluar di gerbang Tol Kalihurip Utama dan Dawuan.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra menjelaskan, ruas ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan dari Bandung menuju Jakarta.

"Diprioritaskan untuk kendaraan arus balik liburan Nataru nanti. Jadi dari mulai dari Bandung menuju Jakarta, ini jalur alternatifnya bisa menggunakan ruas Japek II Selatan ini dari Sadang KM 76 (KM 76+800) tadi sampai gerbang tol Kutanegara," jelasnya kepada wartawan di gerbang tol Kutanegara, Jumat (16/12/2022).

Hanya saja, kendaraan yang bisa melalui ini hanya kendaraan kecil. Artinya hanya kendaraan-kendaraan dalam golongan I, seperti mobil sedan dan minibus.

"Khusus golongan I ya, sedan dan minibus ya, bukan bus ya," ujar Charles.

Charles menjelaskan kalau ruas tol Japek Selatan II ini tidak dibuka langsung pada saat momen Nataru. Tapi, mengacu pada tingkat kepadatan di gerbang tol Kalihurip Utama dan Dawuan. Biasanya, dua lokasi ini menjadi titik pertemuan antara kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dan dari tol Cipali yang juga menuju Jakarta.

"Untuk digunakannya ruas ini memang sangat tergantung (kondisi lalu lintas) ruas Japek Selatan eksisting ya, (kalau) udah ada pengetatan di sekitar Dawuan sama gerbang tol Kalihurip Utama, ini bisa digunakan ruas ini. Tapi tetap hasil diskresi kepolisian dalam hal ini Korlantas," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siap Dibuka Pekan Depan

Jasa Marga Operasikan Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Ist)
Jasa Marga Operasikan Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Ist)

Pada kesempatan yang sama, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan kesiapan dibukanya ruas ini. Sejatinya, ruas ini sudah bisa disiapkan pada prkan depan.

Hanya saja, kata Lisye, prioritas penggunaan jalan tol fungsional ini dibuka pada saat puncak arus balik momen Nataru. Menurut prediksinya, terjadi pada 25 Desember 2022 dan 1 Januari 2023.

"Sebenarnya kita mulai minggu depan juga sudah bisa disiapkan, tapi memang ini ditujukan untuk arus balik sesuai prediksi kami, arah dari Bandung menuju Jakarta, jadi akan diperkirakan mungkin arus balik pada saat Natal itu pada tanggal 25 Desember 2022 dan di Tahun Baru itu di tanggal 1 Januari 2023," bebernya.

 


Dibuka Fungsional

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara gratis.
PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara gratis.

Diberitakan sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Tol Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km khususnya untuk melayani kendaraan dari Bandung saat arus balik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita mengatakan pengguna jalan tol nantinya bakal masuk di Km 76, Sadang, Tol Cipularang, lalu keluar setelah melewati Jakarta-Cikampek II Selatan di Kutanegara dan masuk ke arteri serta menuju kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 47, Karawang Barat.

"Berdasarkan asumsi dan evaluasi kami ini ada beberapa indikator rekayasa lalin yang sudah kami sampaikan berdasarkan koordinasi dengan kepolisian bahwa rekayasa diperlukan apabila volume kapasitinya melebihi 0,8 dan kecepatan rata-rata di segmen kurang dari 40 km," jelas dia melansir Antara, Kamis (15/12/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro menekankan pembukaan jalur Japek II Selatan ini merupakan situasional, yakni untuk membantu mengurai kemacetan apabila terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan atau Km 66.

"Pada arus balik, akan bertemu arus balik dari Cipali atau dari arah timur dengan arus lalu lintas dari arah Bandung atau selatan. Apabila terjadi kepadatan di situ, kita melihat bahwa Jasa Marga sudah pasang sensor volume lalu lintas, jadi ini analisis kita melihatnya kapan kita melakukan rekayasa lalu lintas contra flow atau pembukaan fungsional Japek II Selatan," paparnya.

 


Kendaraan Kecil

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang
Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 Taman Mekar-Sadang bisa rampung Desember 2022

Pembukaan jalur fungsional ini, lanjut Yoga, dikhususkan untuk kendaraan kecil agar saat memasuki jalur arteri lebih mudah bermanuver, serta hal ini juga terkait dengan adanya aturan pembatasan kendaraan sumbu tiga ke atas.

Adapun pengguna jalan tol yang melintasi Japek II Selatan nantinya tidak akan dikenai biaya, namun karena pengguna jalan pasti melalui GT Cipularang yang mana belum melakukan pembayaran sebelumnya, sehingga pembayaran dapat dilakukan di GT Kutanegara yang berada pada ruas Japek II Selatan.

"Tapi, itu tarif Cipularang, bukan tarif Japek Selatan," jelas Yoga.

Infografis 3 Proyek Infrastruktur  di Ruas Tol Jakarta-Cikampek
Infografis 3 Proyek Infrastruktur di Ruas Tol Jakarta-Cikampek (Liputan6.com/Trie yas)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya