5 DPSP Ditarget Kelar di 2024, Butuh Tambahan Duit Rp 15 Triliun

Menko Luhut berharap, dengan Percepatan Pengembangan Lima DPSP tersebut bisa menaikkan pariwisata dalam negeri.

oleh Tira Santia diperbarui 21 Des 2022, 21:48 WIB
Diterbitkan 21 Des 2022, 21:39 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Konferensi Pers Virtual Rakornas Percepatan Pengembangan Lima DPSP Sesmester 2 Tahun 2022, Rabu (21/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pengembangan 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) ditargetkan bisa selesai pada kuartal III 2024. 

Hal ini disampaikan Luhut dalam Konferensi Pers Virtual Rakornas Percepatan Pengembangan Lima DPSP Sesmester 2 Tahun 2022, Rabu (21/12/2022).

"Pertama, kami mau semua 5 turis destinasi super prioritas yang disampaikan Presiden harus selesai  pada kuartal III-2024, jadi kita dari sekarang evaluasi semua," kata Luhut.

Turut hadir dalam rakornas Menteri PPN, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Menteri PAN-RB. Pemerintah pun  menyepakati tidak ada kendala terkait anggaran.

"Kita ada Menteri Bappenas, Menprekraf, dan MenPANRB kita sepakat. Dengan keuangan tadi sih tidak ada masalah," ujarnya.

Luhut berharap, dengan Percepatan Pengembangan Lima DPSP tersebut bisa menaikkan pariwisata dalam negeri.

"Kita jangan bertumpu pada pariwisata luar negeri karena kelas menengah kita naik sekarang, jadi kalau kita bisa kembalikan wisata dalam negeri lebih banyak sebelum covid itu sudah pencapaian yang besar," tegas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, menargetkan pergerakan wisatawan domestik pasca pandemi Covid-19 mencapai 1,2 miliar hingga 1,4 miliar orang.

"Target wisatawan nusantara 1,2 sampai 1,4 miliar kita akan tingkatkan dengan lebih banyak event di Toba ini. Bulan Februari akan ada F1, kita harapkan bisa menjadi pemicu dan pemacu dari wisatawan Nusantara," ujar Sandiaga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Butuh Rp 15 Triliun

Danau Toba
Foto udara yang diambil 4 April 2019 ini menunjukkan Danau Toba dari kawasan Sigapitan, Sumatera Utara. Danau terbesar di Asia Tenggara yang dikelilingi tujuh kabupaten di Sumatera Utara tersebut luasnya hampir dua kali ukuran Negara Singapura. (GOH CHAI HIN / AFP)

Selain itu, Sandiaga Uno berharap nanti jumlah lapangan kerja yang diciptakan oleh pariwisata ekonomi kreatif ini kurang lebih sebanyak 4,4 juta.

Terkait anggaran, kata Sandiaga Uno mengatakan diperukan tambahan anggaran yang untuk percepatan pengembangan lima DPSP tersebut yakni sebanyak Rp 15 triliun.

"Kita harapkan  ini bisa dilakukan dalam waktu dua tahun untuk merampungkan seluruh kegiatan yang kita lakukan dilima destinasti wisata super prioritas," kata Sandiaga Uno.

"Jadi Rp 15 triliun itu kita bagi di dua tahun, tahun depan (2023) dan tahun berikutnya (2024)," tambah Luhut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya