Ingin Upacara 17 Agustus di IKN Nusantara, Jokowi Target 36 Rumah Menteri Rampung 2024

Presiden Jokowi mengatakan, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN Nusantara saat ini progres fisiknya sudah mencapai 14 persen.

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 24 Feb 2023, 14:00 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2023, 14:00 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan sejumlah menteri di IKN, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat pagi (24/2/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan sejumlah menteri di IKN Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat pagi (24/2/2023). Pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN telah dimulai sejak Desember 2022. (Foto: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus memantau progres pembangunan proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara. Salah satunya terkait pembangunan 36 rumah tapak menteri, yang target selesai pada 2024 sebagai salah satu persiapan untuk penyelenggaraan upacara bendera Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 di IKN.

"Ada 36 di sini nanti bangunan yang kita harapkan di Juni 2024 itu selesai, karena memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (24/2/2023).

Presiden mengatakan, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN saat ini progres fisiknya sudah mencapai 14 persen.

"Jadi bismillah ini sudah dimulai, sekali lagi kita harapkan Juni 2024 selesai. Saya hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa Ibu Kota Nusantara ini telah dimulai pembangunannya baik infrastruktur berupa nanti kantor dan ini rumah menterinya," ujar Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan, selain pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan juga tengah menyiapkan pembangunan Rumah Susun (Rusun)/apartemen untuk ASN/TNI/Polri di IKN.

"Ditargetkan konstruksinya mulai pada Juni 2023," imbuhnya.

Rumah Menteri di IKN Nusantara Dibangun Adhi Karya-Ciriajasa

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menyatakan, pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di KIPP IKN telah dimulai sejak Desember 2022 sesuai kontrak.

"Pembangunannya dilakukan di atas lahan sekitar 20 hektare lengkap dengan furniture serta akan dilengkapi fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum). Konstruksinya dilaksanakan oleh PT Adhi Karya-Ciriajasa, KSO dengan nilai kontrak sebesar Rp 493 miliar," terang Iwan.

Selain itu, Iwan menyebutkan, Kementerian PUPR telah mendapatkan penugasan dari Presiden untuk membangun 47 tower Rusun/Apartemen bagi ASN/TNI/Polri.

"Alokasi kebutuhan anggaran sebesar Rp 9,4 triliun yang harus diselesaikan pada pertengahan 2024. Saat ini masih dalam tahap pengalokasian anggaran dan persiapan lelang. Setiap towernya nanti masing-masing sekitar 10-12 lantai," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jokowi Targetkan Bangun Pusat Latihan Sepak Bola di IKN

Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).
Presiden Jokowi saat meninjau Persemaian Mentawir di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). (Dok. Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan akan membangun sebuah pusat latihan atau training center di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung persepakbolaan Indonesia. Jokowi mengungkapkan nantinya akan terdapat delapan lapangan sepak bola di sana.

"Lapangan sepak bolanya PSSI ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun," ucap Jokowi dalam keterangannya tertulis, Jumat (24/2/2023).

Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan lapangan sepak bola tersebut akan dibiayai oleh Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA. Kepala Negara menilai hal tersebut merupakan bukti kepercayaan internasional terhadap pembangunan IKN.

"Ini akan dibiayai oleh FIFA menunjukkan bahwa kepercayaan internasional, kepercayaan FIFA terhadap IKN ini ada," tandas Jokowi.

 


Sub Wilayah Perencanaan (SWP) 1B IKN

Menanggapi hal tersebut, Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan apresiasi terhadap rencana yang digagas oleh Presiden untuk mendukung persepakbolaan Indonesia tersebut.

"Sebuah kehormatan yang luar biasa bapak sudah memutuskan pembangunan training center di tengah kota," kata Erick.

"Ini merupakan sesuatu yang kami pastikan akan selesai segera pak," lanjutnya.

Adapun rencana lokasi pusat latihan tersebut akan dibangun di sub wilayah perencanaan (SWP) 1B IKN yang diperuntukan untuk area pendidikan dan pemerintahan.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Konsep Future Smart Forest City di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya