BI Banten Siapkan Uang Tunai Rp 3,6 Triliun di Ramadhan 2023

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Banten Agus Hartanto menjelaskan, uang tunai yang disiapkan Bank Indonesia meningkat dibandingkan periode 2022 lalu yang hanya Rp 3,2 triliun.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 27 Mar 2023, 19:15 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2023, 19:15 WIB
BI Banten menyiapkan lokasi penukaran uang di 199 tempat, mulai dari kantor perbankan, alun-alun, pasar, rest area tol Tangerang-Merak, hingga Pelabuhan Merak. (Foto: Bank Indonesia Banten)
BI Banten menyiapkan lokasi penukaran uang di 199 tempat, mulai dari kantor perbankan, alun-alun, pasar, rest area tol Tangerang-Merak, hingga Pelabuhan Merak. (Foto: Bank Indonesia Banten)

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Banten menyiapkan uang tunai Rp 3,6 triliun selama Ramadan 2023. Dengan begitu masyarakat dan pemudik bisa menukarkan uang untuk keperluan Hari Raya Idul Fitri.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Banten Agus Hartanto menjelaskan, uang tunai yang disiapkan tersebut meningkat dibandingkan periode 2022 lalu yang hanya Rp 3,2 triliun.

BI Banten memprediksi uang pecahan Rp 5.000 dan Rp 10.000 sangat diminati masyarakat, saat Ramadan dan Idul Fitri 2023.

"Bank Indonesia berkomitmen menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,6 Triliun untuk memenuhi proyeksi kebutuhan uang selama periode Ramadan Idul Fitri 1444H yang mengalami peningkatan dibandingkan kebutuhan tahun sebelumnya yaitu Rp3,2 Triliun," ujar dia, di Alun-alun Kota Serang, Senin (27/03/2023).

Lokasi penukaran uang berada disekitar titik, totalnya berada di 199 tempat, mulai dari kantor perbankan, alun-alun, pasar, rest area tol Tangerang-Merak, hingga Pelabuhan Merak.

Lokasi tersebut dipilih agar masyarakat dan pemudik bisa dengan mudah menukarkan uang rupiah mereka, untuk dibawa mudik ke kampung halaman.

"Penukaran uang di rest area jalan tol di Merak, di jalur penyeberangan Pelabuhan Merak, kementerian atau lembaga dan stakeholder lain," terangnya.

Masyarakat yang akan menukarkan uang bisa melalui aplikasi PINTAR yang bisa di unduh atau melalu link https://pintar.bi.go.id dan memilih menu penukaran uang rupiah melalui kas keliling, kemudian memilih lokasi penukaran, mengisi data pribadi hingga nominal dan jumlah penukaran. Setelah selesai, nasabah akan memperoleh bukti pemesanan dan harus dibawa ke lokasi penukaran uang.

"Titik penukaran mulai dari 27 Maret hingga 20 April. Sedangkan di kantor Bank Indonesia, mulai dari 27 Maret hingga 19 April 2023," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


BI Kepri Siapkan Rp 1,9 Triliun di Ramadhan 2023

BI Kepri menyiapkan uang tunai sekitar Rp 1,9 triliun untuk kebutuhan uang kartal tujuh kabupaten  dan kota di Provinsi Kepri selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023. (Ajang/Liputan6.com)
BI Kepri menyiapkan uang tunai sekitar Rp 1,9 triliun untuk kebutuhan uang kartal tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kepri selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023. (Ajang/Liputan6.com)

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan uang tunai sekitar Rp 1,9 triliun untuk kebutuhan masyarakat di tujuh kabupaten dan kota di Provinsi Kepri selama puasa hingga dan Hari Raya Idul Fitri 2023.

"Kebutuhan uang di Ramadhan 2023 ini meningkat dibandingkan realisasi 2022 yang sebesar Rp 1,7 triliun. Naik sekitar 11,7 persen, " kata Kepala Kantor Bank Indonesia wilayah Kepri Suryono saat peluncuran Serambi Ramadan, di Kantor Bank Indonesia Batam, Senin (27/3/2023).

Peningkatan ini ditetapkan berdasarkan angka asumsi makro dan tren realisasi tahun sebelumnya secara historis. Selain itu, perkiraan peningkatan kebutuhan uang disebabkan oleh adanya pencabutan status PPKM oleh pemerintah.

"Pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik setelah Covid-19, tentunya harus didukung dengan uang yang cukup dan layak edar, " ucap Suryono.

Peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik Lebaran yang juga mendorong peningkatan kebutuhan uang kartal menjadi lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Selain itu Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau memastikan kebutuhan uang kartal bagi masyarakat, baik secara jumlah maupun pecahan, selama periode Ramadhan dan Idulfitri 2023 dapat terpenuhi. Selama periode Ramadhan dan idulfitri 2023.

Dalam rangka memastikan kebutuhan uang periode Ramadhan dan idulfitri 2023, secara nasional Bank Indonesia menyelenggarakan kegiatan dengan tajuk SERAMBI 2023 (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah IdulFitri tahun 2023).


Tujuan SERAMBI 2023

Kepala Kantor Bank Indonesia wilayah Kepri Suryono saat peluncuran Serambi Ramadan, di Kantor BI Kepri Batam,  Senin (27/3/2023). (Ajang/Liputan6.com)
Kepala Kantor Bank Indonesia wilayah Kepri Suryono saat peluncuran Serambi Ramadan, di Kantor BI Kepri Batam, Senin (27/3/2023). (Ajang/Liputan6.com)

SERAMBI 2023 dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mencapai 3 (tiga) hal, yaitu:

  1. Pemenuhan Kebutuhan Uang: Kecukupan kebutuhan uang untuk masyarakat melalui perbankan dengan jumlah yang cukup, pecatan yang sesuar, dan dalam kondisi yang layak edar.
  2. Terlaksananya Layanan Kas: Pelaksanaan layanan penukaran uang bagi masyarakat berupa Kas Keliling, penukaran bersama Bank Indoneua dan perbankan, serta pelayanan penukaran uang di kantor-kantor perbankan.
  3. Edukasi dan Komunikasi: Kegiatan berupa edukasi untuk mermmngkatkan awareness masyarakat terkart dengan Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah selama bulan Ramadhan.

Melalui edukasi CBP Rupiah, pemahaman masyarakat diharapkan dapat meningkat sehingga Informasi tentang Kantor Perwakilan Bank Indonesa Provinsi Kepulauan Riau lebih bijak dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan maupun Hari Raya Idulfitri.

Dengan berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, masyarakat dapat berkontribusi langsung dalam pengendakan inflasi.

Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis: Deretan Bank Digital di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya