15 Orang Terkaya Termuda Dunia 2023 Versi Forbes Berusia di Bawah 30 Tahun, Siapa Saja Mereka?

Secara keseluruhan, 15 anak muda ini bernilai USD 64 miliar atau sekitar Rp 955 triliun, USD 10 miliar lebih banyak daripada 2022.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 06 Apr 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 06 Apr 2023, 06:00 WIB
Ilustrasi Miliarder. Unsplash/Mathieu Stern
Ilustrasi Miliarder. Unsplash/Mathieu Stern

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan data terbaru Forbes, rata-rata miliarder dunia berusia 65 tahun. Ada yang tertua berusia 101 tahun ialah taipan asuransi George Joseph.

Namun, usia tidak menjadi persyaratan untuk mengumpulkan kekayaan besar. Faktanya, ada 15 orang terkaya di dunia yang tak kalah punya harta berlimpah meskipun baru berusia 30 tahun.

Secara keseluruhan, 15 anak muda ini bernilai USD 64 miliar atau sekitar Rp 955 triliun, USD 10 miliar lebih banyak daripada 2022.

Melansir Forbes, Kamis (6/4/2023), berikut ini 15 orang terkaya termuda dunia 2023 yang berusia di bawah 30 tahun. Data ini diambil per 10 Maret 2023 dan diurutkan berdasarkan tertua hingga termuda.

15. Ben Francis

Usia: 30

Kewarganegaraan: Inggris

Sumber Kekayaan: Gymshark

Kekayaan Bersih: USD 1,2 Miliar

Francis menyulap kelas perguruan tinggi dan mengantarkan pizza ketika dia mendirikan pembuat pakaian Gymshark pada 2012 di usia 19 tahun.

Dia menjahit potongan-potongan pertama bersama-sama di garasi orang tuanya di Birmingham, Inggris dan dipasarkan secara gerilya menuju kancah peralatan olahraga.

Gymshark menghasilkan lebih dari USD 500 juta dalam penjualan 2021. Francis menjual 21 persen bisnisnya ke perusahaan ekuitas swasta General Atlantic pada 2020 seharga USD 300 juta, tetapi masih memiliki 70 persen.

14. Palmer Luckey

Usia: 30

Kewarganegaraan: AS

Sumber Kekayaan: Realitas virtual, kontrak pertahanan

Kekayaan Bersih: USD 1,7 Miliar

Mantan jagoan remaja ini mendirikan pembuat headset VR Oculus dan menjualnya ke Facebook seharga USD 2 miliar pada 2014, lalu mulai memproduksi senjata.

Startup teknologi pertahanannya Anduril, yang memiliki sistem di Ukraina dan bertujuan untuk membuat drone dan produk pengawasan untuk DoD, mengumpulkan USD 1,5 miliar dengan penilaian USD 8,5 miliar pada Desember.

13. Mark Mateschitz

Usia: 30

Kewarganegaraan: Austria

Sumber Kekayaan: Red Bull

Kekayaan Bersih: USD 34,7 Miliar

Dia mewarisi 49 persen raksasa minuman energi Red Bull setelah ayahnya sebagai salah satu pendiri Dietrich Mateschitz meninggal pada Oktober. Segera setelah itu, dia mengundurkan diri dari perannya sebagai kepala untuk “berkonsentrasi pada perannya sebagai pemegang saham”.

12. Michal Strand

Usia: 30

Kewarganegaraan: Republik Ceko

Sumber Kekayaan: Senjata

Kekayaan Bersih: USD 2 Miliar

Grup Cekoslowakia miliknya menjadi salah satu pemasok amunisi, peralatan darat, dan peralatan artileri terbesar untuk tentara Ukraina, yang telah membantu menggandakan penjualan menjadi USD 620 juta pada paruh pertama 2022. Dia mengambil kendali penuh atas bisnis tersebut, yang didirikan oleh ayahnya pada 2018.

11. Gustav Magnar Witzoe

Usia: 29

Kewarganegaraan: Norwegia

Sumber Kekayaan: Budidaya Ikan

Kekayaan Bersih: USD 2,7 Miliar

Dia memiliki hampir setengah dari perusahaan peternakan salmon SalMar ASA yang diwarisi dari ayahnya Gustav Witzoe, tetapi tidak memiliki peran operasional. Sebaliknya, dia menjalankan bisnisnya sebagai investor real estat dan startup teknologi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


10. Ryan Breslow

Ilustrasi miliarder (iStock)
Ilustrasi miliarder (iStock)

Usia: 28

Kewarganegaraan: AS

Sumber Kekayaan: E-commerce

Kekayaan Bersih: USD 1,1 Miliar

Jebolan Stanford ini mendirikan tiga startup hanya berjarak empat tahun. Bolt, yang membuatnya terkenal, Eco and Love, usahanya di 2022. Itu semua bertujuan untuk menghilangkan perantara dalam pemrosesan pembayaran, keuangan pribadi, dan obat-obatan.

Proyek crypto keempat yang baru lahir Movement DAO akan diluncurkan tahun ini. Akan tetapi, justru menyebabkan pertempuran hukum melawan seorang insinyur nakal yang diduga mencuri dua pertiga dari dana awal. Pengacara insinyur menolak tuduhan itu sebagai "sembrono".

9. Leonardo Maria del Vecchio

Usia: 27

Kewarganegaraan: Italia

Sumber Kekayaan: Luxottica

Kekayaan Bersih: USD 3,5 Miliar

Gembong kacamata Leonardo Del Vecchio menjadi orang terkaya kedua di Italia ketika dia meninggal pada Juni 2022, meninggalkan 12,5 persen dari kekayaannya — sebagian besar saham Essilor-Luxottica yang diperdagangkan secara publik, perusahaan kacamata terbesar di dunia — kepada jandanya Nicoletta Zampillo, enam anak dan satu anak tiri. Leonardo Maria adalah anak tunggal ayahnya dengan Zampillo dan mengepalai strategi untuk Luxottica.

8. Katarina Andresen

Usia: 27

Kewarganegaraan: Norwegia

Sumber Kekayaan: Investasi

Kekayaan Bersih: USD 1,5 Miliar

Bersama adik perempuannya Alexandra, Katharina menjadi pemilik Ferd, perusahaan investasi senilai lebih dari USD 4 miliar (ekuitas) yang dijalankan ayah mereka, Johan. Katharina menjadi petugas keberlanjutan di sebuah perusahaan konstruksi yang berbasis di Oslo.

7. Wang Zelong

Usia: 26

Kewarganegaraan: Tiongkok

Sumber Kekayaan: Produksi Pigmen

Kekayaan Bersih: USD 1,4 Miliar

Kekayaan Wang berasal dari saham di perusahaan perdagangan yang terdaftar di Shenzhen, CNNC Hua Yuan Titanium Dioxide —bahan kimia yang digunakan untuk membuat pigmen putih untuk hal-hal seperti cat dan kertas.

6. Alexandra Andresen

Usia: 26

Kewarganegaraan: Norwegia

Sumber Kekayaan: Investasi

Kekayaan Bersih: USD 1,5 Miliar

Alexandra dan saudarinya Katharina masing-masing memiliki 42 persen saham di firma investasi Ferd. Alih-alih memegang kendali di Ferd, dia penguasa yang sebenarnya. Alexandra menjadi juara junior Norwegia tiga kali dalam menunggang kuda dan memimpin fasilitas pembiakan dan pelatihan kuda.

 


5. Luca Del Vecchio

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik
Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Usia: 21

Kewarganegaraan: Italia

Sumber Kekayaan: Luxottica

Kekayaan Bersih: USD 3,5 Miliar

Salah satu dari dua anak antara Leonardo Del Vecchio dan Sabrina Grossi, mantan anggota dewan Luxottica dan mantan kepala hubungan investor perusahaan, Luca tidak diketahui memiliki peran di perusahaan kacamata tersebut.

4. Kim Jungmin

Usia: 21

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Sumber Kekayaan: Game online

Kekayaan Bersih: USD 1,7 Miliar

Bersama dengan adik perempuannya, Kim Jung-youn, Jung-min mewarisi sekitar sepertiga aset keluarganya—termasuk masing-masing 15 persen saham pembuat game Nexon—setelah ayah Kim Jung-ju meninggal pada Februari 2022. Jung-ju mendirikan Nexon, yang dikenal dengan game online multipemain besar-besaran Kingdom of the Winds dan MapleStory, pada 1994. Forbes tidak mengetahui usia persisnya.

3. Kevin David Lehmann

Usia: 20

Kewarganegaraan: Jerman

Sumber Kekayaan: Apotek

Kekayaan Bersih: USD 2,3 Miliar

Dia mewarisi 50 persen dari rantai toko obat Jerman dm-drogerie markt dari ayahnya pada usia 14 tahun. Itu tetap di bawah perwalian sampai ulang tahunnya yang ke-18, ketika dia menjadi seorang miliarder. Baik Lehmann maupun ayahnya tidak terlibat secara operasional dalam perusahaan senilai USD 14 miliar (pendapatan).

2. Kim Jungmin

Usia: 19

Kewarganegaraan: Korea Selatan

Sumber Kekayaan: Game online

Kekayaan Bersih: USD 1,7 Miliar

Salah satu dari dua miliarder remaja pada peringkat tahun ini, Kim Jung-youn mewarisi saham di perusahaan induk mendiang ayahnya, yang pada gilirannya memegang sekitar setengah dari raksasa game online Nexon. Kedua saudara perempuan Kim itu tidak menonjolkan diri dan tidak diketahui memiliki peran aktif di perusahaan. Forbes tidak mengetahui usia tepatnya.

1. Clemente Del Vecchio

Usia: 18

Kewarganegaraan: Italia

Sumber Kekayaan: Luxottica

Kekayaan Bersih: USD 3,5 Miliar

Dunia mendapatkan miliarder remaja baru ketika Leonardo Del Vecchio meninggal pada Juni 2022. Clemente, pewaris Del Vecchio termuda, diketahui tidak memiliki peran di Luxottica, yang antara lain memiliki Sunglass Hut, Ray-Ban, dan Oakley.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya