Pesawat Hawker Tergelincir Sejauh 200 Meter di Bandara Maleo Morowali, Tak Ada Korban Jiwa

Pesawat tergelincir jenis Hawker 900XP PK LRU berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Morowali.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Mei 2023, 09:45 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 09:45 WIB
Jet penumpang tergelincir di Bandara Maleo Morowali
Kondisi pesawat jet penumpang yang tergelincir di Bandara Maleo Morowali, Kamis sore (11/5/2023). (Foto: Kiriman warga).

Liputan6.com, Jakarta - Terjadi musibah pesawat tergelincir di Bandara Maleo Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Peristiwa ini terjadi pada Kamis 11 Mei 2023 siang. 

Otoritas Bandara Maleo menjelaskan bahwa pesawat tergelincir tersebut mengangkut empat orang penumpang. Posisi pesawat tergelincir sejauh 200 meter dari ujung landasan 05 Bandara Maleo.

"Pesawat mengangkut empat penumpang dan empat kru pesawat. Peristiwa terjadi sekitar Pukul 15:10 WITA," kata Kepala Bandara Maleo Morowali Sofyan Palandro dikutip dari Antara, Jumat (12/5/1012).

Ia menjelaskan dari insiden itu pesawat mengalami kerusakan dan penumpang beserta awak pesawat berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Dilaporkan, pesawat jenis Hawker 900XP PK LRU berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Morowali. Saat melakukan pendaratan, pesawat tetap terus melaju hingga keluar dari landasan pacu Bandara Maleo.

"Tidak ada korban jiwa, total keseluruhan orang dalam pesawat, delapan orang. Proses evakuasi dilakukan petugas bandara," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Badan Pesawat Masih di Luar Bandara

Dilaporkan, hingga kini badan pesawat masih berada di luar bandara, karena sedang menunggu alat derek khusus untuk memindahkan pesawat kembali ke dalam bandara.

Dari peristiwa itu, belum diketahui penyebab pasti pesawat Hawker 900XP tergelincir keluar landasan pacu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya