Indonesia Sustainability Forum 2023 Digelar 7-8 September, Ini Rincian Acaranya

Indonesia Sustainability Forum 2023 diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam kemitraan dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia).

oleh Arief Rahman Hakim diperbarui 06 Sep 2023, 22:20 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2023, 18:15 WIB
PT PJB dan PLN Bali siapkan  energi bersih PV rooftop sebesar 243 kWp  untuk mendukung pelaksanaan G20. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).
PT PJB dan PLN Bali siapkan energi bersih PV rooftop sebesar 243 kWp untuk mendukung pelaksanaan G20. (Dian Kurniawan/Liputan6.com).

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menggelar Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023 pada 7 – 8 September 2023 di Park Hyatt Jakarta. Gelaran ini untuk mencari masukan dari berbagai pihak dalam menjalankan dekarbonisasi serta memfasilitasi aksi nyata melalui perjanjian dan kolaborasi internasional.

Acara ini akan diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dalam kemitraan dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia).

Tujuan dari forum ini adalah untuk mendorong kolaborasi seputar pertanyaan -pertanyaan kunci dalam pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, seperti bagaimana mempercepat proses dekarbonisasi, bagaimana melindungi dan memulihkan ekosistem, serta Apa saja peluangnya dekarbonisasi di berbagai sektor ekonomi.

Pemerintah Indonesia membentuk Indonesia Sustainability Forum sebagai acara unggulan tahunan tentang keberlanjutan, menyediakan platform bagi para pemangku kepentingan secara global untuk memungkinkan kolaborasi dan dialog.

Lalu apa saja agenda Indonesia Sustainability Forum (ISF) 2023? Berikut rinciannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Hari Pertama

  1. Opening Act - Dance & Indonesia Raya & ISF Video
  2. Sambutan oleh Luhut Binsar Pandjaitan, Coordinating Minister of Maritime Affairs & Investment (CMMAI) Indonesia
  3. Keynote Speech Scalable Opportunities oleh Arsjad Rasjid, Chairman of KADIN
  4. Keynote Speech The Importance of Doubling Down Enablers to Bolster Sustainable Economic Development oleh Kristalina Georgieva, Managing Director of the International Monetary Fund
  5. Keynote Speech Papua New Guinea and Indonesia’s Collaboration in the Critical Mineral Industry oleh James Marape, Prime Minister of Papua New Guinea
  6. Downstreaming the Critical Mineral Industry for Decarbonization
  7. Sustainable Mining of Critical Minerals to Bolster Decarbonization
  8. Greening the Power Sector as the Backbone for Energy Transition
  9. Keynote Speech Transforming the Automotive Industry: A Strategy For Economic Stability, Sustainability, and Energy Security oleh Jin Zhuanglong, Minister of Industry and Information Technology of China
  10. Accelerating the New Energy Vehicle to Transform the Automotive Industry
  11. Fuels of the Future for Low Carbon Industry Solutions
  12. Keynote Speech oleh Ferdinand Romualdez Marcos Jr. President of Philippines
  13. Gala Dinner dengan Penyampaian Pidato Presiden oleh Joko Widodo, President of Indonesia.

Hari Kedua

  1. Keynote Speech Indonesia Ready to Accelerate Inclusive and Just Growth oleh Mari Elka Pangestu, Special Envoy for the Global Blended Finance Alliance (GBFA)
  2. Green Business Opportunities in Indonesia
  3. Technology and Human Capital Enablers to Pave the Path to Sustainable Growth
  4. Keynote Speech International Collaboration to Support Decarbonization Innovation oleh Grace Fu, Minister for Sustainability and the Environment Singapore
  5. Keynote Speech The Importance of International Stakeholder Commitment to Achieve Sustainability Goals oleh Tony Blair, Executive Chairman of Tony Blair Institute (online)
  6. Biodiversity Protection and Circular Economy Opportunities for a Livable Planet
  7. Keynote Speech The Important Role of Developing Countries in the Upcoming COP28 Conference oleh H.E. Majed Al Suwaidi, Director-General of COP28 Climate Conference, Managing Director Dubai Media City (online)
  8. Advancing Carbon Capture to Reverse Carbon Emissions
  9. Scaling-up the Carbon Market to Accelerate Emission Reductions
  10. Penutupan oleh Luhut Binsar Pandjaitan, CMMAI Indonesia.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya