Harga Minyak Mentah Dunia 2023 Ditutup Anjlok 10%

Harga minyak mentah AS menutup tahun ini dengan penurunan lebih dari 10% karena sentimen bearish

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 30 Des 2023, 08:31 WIB
Diterbitkan 30 Des 2023, 08:31 WIB
Harga Minyak Dunia. Foto: Freepik/wirestock
Harga minyak mentah AS menutup tahun ini dengan penurunan lebih dari 10% karena sentimen bearish. Foto: Freepik/wirestock

Liputan6.com, Jakarta Minyak mentah AS menutup tahun ini dengan penurunan lebih dari 10% karena sentimen bearish telah mengambil alih. Anjloknya harga minyak dunia ini akibat kekhawatiran bahwa pasar kelebihan pasokan dari rekor produksi di luar OPEC.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (31/12/2023), harga minyak kontrak untuk bulan Februari turun 12 sen, atau 0,17%, menjadi USD 71,65 per barel pada hari Jumat. Brent kontrak untuk bulan Maret kehilangan 11 sen, atau 0,14%, menjadi USD 77,04.

Minyak mentah AS dan patokan global membukukan penurunan tahunan pertama sejak tahun 2020 meskipun terdapat risiko geopolitik di Timur Tengah akibat perang dahsyat di Gaza. WTI turun 10,73% untuk tahun ini, dan Brent kehilangan 10,32%.

Sempat Naik

Harga minyak naik hampir 3% pada hari Selasa di tengah kekhawatiran bahwa serangan militan terhadap pengiriman di Laut Merah akan mengganggu perdagangan global dan pasokan minyak mentah. Meskipun kekhawatiran akan eskalasi di Timur Tengah telah memicu lonjakan singkat harga minyak mentah, para pedagang terutama berfokus pada keseimbangan pasokan dan permintaan.

AS memproduksi minyak mentah dengan kecepatan tertinggi, memompa sekitar 13,3 juta barel per hari pada minggu lalu.

Output juga mencapai rekor tertinggi di Brazil dan Guyana. Produksi bersejarah di luar OPEC telah bertabrakan dengan perlambatan ekonomi di negara-negara besar, terutama Tiongkok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


OPEC Pangkas Produksi

Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP
Ilustrasi Harga Minyak Dunia Hari Ini. Foto: AFP

Sementara itu, OPEC dan sekutunya telah berjanji untuk memangkas produksi sebesar 2,2 juta barel per hari pada kuartal pertama tahun 2024, namun para pedagang tampaknya kurang yakin bahwa kebijakan blok tersebut akan membawa keseimbangan pasar.

Produksi minyak di luar OPEC, terutama di AS, diperkirakan akan melebihi pertumbuhan permintaan pada tahun 2024, menurut Badan Energi Internasional.

Pertumbuhan permintaan minyak global diperkirakan turun setengahnya menjadi 1,1 juta barel per hari tahun depan, sementara produksi di luar OPEC diperkirakan tumbuh sebesar 1,2 juta barel per hari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya