PLN Pasok Tambahan Daya ke Smelter Freeport Indonesia di Gresik, Kapan Beroperasi?

PLN juga berupaya mempercepat tambahan pasokan listrik dapat tersedia lebih cepat pada 1 Juni 2024 di Smelter Freeport di Gresik

oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana diperbarui 12 Jun 2024, 12:15 WIB
Diterbitkan 12 Jun 2024, 12:15 WIB
Smelter tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui PT Smelting yang berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (Dok MIND ID.
Smelter tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui PT Smelting yang berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (Dok MIND ID.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) memasok tambahan daya pada PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik menjadi sebesar 170 Megavolt Ampere (MVA).

PLN juga berupaya mempercepat tambahan pasokan listrik dapat tersedia lebih cepat pada 1 Juni 2024, dari jadwal sebelumnya yakni Desember 2024.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) Agus Kuswardoyo memaparkan, pengoperasian tahap keempat berkapasitas 170 MVA ini merupakan lanjutan dari pengoperasian tahap sebelumnya.

Tahap pertama PLN memasok sebesar 30 MVA pada September 2023, tahap kedua sebesar 60 MVA pada Februari 2024, dan tahap ketiga sebesar 110 MVA pada 1 April 2024.

"Kunci penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya pertumbuhan di sektor industri dalam negeri adalah kecukupan dan keandalan pasokan listrik. PLN siap mendukung penuh kebutuhan pasokan listrik PT Freeport Indonesia yang akan mulai beroperasi secara bertahap pada bulan Juni 2024 ini," ujar Agus, Rabu (12/6/2024).

Jadi Stimulus Industri Lainnya

Agus berharap operasional smelter ini akan menstimulus pertumbuhan industri-industri turunan yang lebih hilir. Ini bakal menciptakan multiplier effect bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Gresik dan Jawa Timur.

Terlebih, kata dia, smelter merupakan proyek strategis dalam hilirisasi industri mineral di Indonesia, sehingga PLN berkomitmen menyuplai listrik untuk PT Freeport Indonesia di KEK yang dioperasikan oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera.

"Kepercayaan yang diberikan kepada PLN diiringi dengan upaya meningkatkan pelayanan dan keandalan pasokan agar operasional smelter lancar sehingga produksi meningkat," imbuhnya.

Chief Electrical Engineer PT Freeport Indonesia Deeri Rahmat Setyawan mengapresiasi kesigapan PLN dalam mempercepat penyambungan tambah daya listrik. Sehingga kebutuhan pasokan daya sebesar 170 MVA dapat sukses dipenuhi.

"Kami sangat mengapresiasi upaya PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik PT Freeport Indonesia sesuai periode tahapan yang disepakati, bahkan PLN mampu melayani dengan lebih cepat dari kesepakatan awal," ujar Deeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Smelter Freeport Gresik kapan selesai?

Pabrik smelter PT Freeport Indonesia (PTFI)
Pabrik smelter PT Freeport Indonesia (PTFI)

Smelter PT Freeport Indonesia yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, direncanakan mulai beroperasi pada awal Juni 2024.

Freeport smelter Gresik produksi apa? Proyek ini, yang merupakan smelter tembaga dengan jalur tunggal terbesar di dunia, telah mencapai tahap pembangunan 95 persen​.

Namun, meskipun smelter tersebut akan mulai beroperasi, produksi penuh katoda tembaga baru akan dimulai sekitar akhir Agustus 2024 setelah proses "feeding" konsentrat dimulai pada awal Agustus.

Smelter ini diharapkan mencapai kapasitas produksi penuh sebesar 1,7 juta ton per tahun pada akhir 2024, yang akan mampu menghasilkan sekitar 600.000 ton katoda tembaga per tahun​.


Freeport smelter Gresik produksi apa?

PT Freeport Indonesia (PTFI) yang telah menyelesaikan lebih dari 80 persen pembangunan smelter per akhir Oktober
PT Freeport Indonesia (PTFI) yang telah menyelesaikan lebih dari 80 persen pembangunan smelter per akhir Oktober, sesuai target linimasa kurva-S dari pemerintah. (Dok. Istimewa)

Smelter Gresik akan selesai dibangun pada Mei 2024 dan mulai beroperasi pada Juni 2024, namun belum tahap produksi.

"Bulan Juni mulai operasi Smelter Gresik tapi belum produksi. Karena kan konsentratnya difeeding ke dalam situ di sekitar awal Agustus sehingga akhir Agustus baru keluar katoda tembaganya," ujarnya.

Tahap awal produksi di smelter Gresik akan dimulai pada Agustus 2024 dengan kapasitas sebanyak 50 persen.

Kemudian, kapasitas produksi akan mencapai 100 persen pada akhir 2024.

"Awal Agustus mulai diisi. Akhir Agustus dia keluar katoda tembaganya. Itu kan prosesnya kira-kira tiga minggu. Yang konsentrat yang diproses," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya