Danareksa Latih Perempuan Penyandang Disabilitas Jadi Pengusaha Handal

Kota Jepara dipilih sebagai tempat pelatihan UMKM untuk perempuan penyandang disabilitas karena kota ini identik dengan perjuangan pahlawan nasional R.A. Kartini dalam mengangkat derajat dan emansipasi perempuan di Indonesia.

oleh Arthur Gideon diperbarui 19 Jul 2024, 11:15 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2024, 11:15 WIB
Direktur Keuangan Danareksa Basaria Martha Juliana dalam acara Difablepreneur untuk Perempuan Indonesia Inklusif.(Dok Danareksa)
Direktur Keuangan Danareksa Basaria Martha Juliana dalam acara Difablepreneur untuk Perempuan Indonesia Inklusif.(Dok Danareksa)

Liputan6.com, Jakarta - PT Danareksa (Persero) menggelar program Difablepreneur untuk Perempuan Indonesia Inklusif. Program ini sebagai salah satu komitmen untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan penyandang disabilitas.

Dalam menjalankan program ini, Danareksa menggandeng Alunjiva Indonesia untuk memberikan pembekalan dan meningkatkan keterampilan perempuan difabel agar mampu mengembangkan usaha dengan daya saing unggul di  Jepara, Jawa Tengah.

Direktur Keuangan Danareksa Basaria Martha Juliana turut hadir sekaligus menjadi pemateri dengan memberikan pelatihan mengenai Manajemen Keuangan bagi UMKM. Martha menjelaskan, Program Difablepreneur untuk Perempuan Indonesia Inklusif sejalan dengan misi Holding BUMN Danareksa sebagai holding transformasi dan investasi, yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing dii masyarakat.

Melalui program ini, kami berharap dapat turut berkontribusi dalam peningkatan nilai dan kualitas SDM serta mendorong kesetaraan kesempatan dan kemandirian, khususnya bagi teman-teman perempuan disabilitas," jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (19/7/2024).

"Program ini juga dilaksanakan sesuai dengan aspirasi dan salah satu prioritas Kementerian BUMN, yaitu untuk meningkatkan dorongan terhadap inklusi sosial, terutama bagi perempuan dan penyandang disabilitas.” kata dia.

Adapun rangkaian materi pelatihan telah disusun menyesuaikan dengan kebutuhan para peserta yang notabenenya adalah para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya terkait strategi pengembangan usaha.

Modul yang disiapkan mulai dari Building Learning Commitment, Inspirational Talk, Start with Why, Strategi Pengembangan Usaha, Social Media Management, Desain Grafis dan Foto Produk, Digital Marketing, Proposal Pengembangan Usaha dan Pitching Usaha, serta Manajemen Keuangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pemilihan Jepara

Danareksa berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan penyandang disabilitas melalui program “Difablepreneur untuk Perempuan Indonesia Inklusif”. (Dok Danareksa)
Danareksa berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan penyandang disabilitas melalui program “Difablepreneur untuk Perempuan Indonesia Inklusif”. (Dok Danareksa)

Sebagai informasi, Kota Jepara dipilih sebagai tempat pelatihan karena kota ini identik dengan perjuangan pahlawan nasional R.A. Kartini dalam mengangkat derajat dan emansipasi perempuan di Indonesia.

Selain itu, Kota Jepara juga terkenal dengan perekonomiannya yang bertumpu dari dunia usaha dan UMKM, seperti kerajinan, pertanian, peternakan, perikanan, dan sektor jasa.

“Antusiasme para peserta dalam mengikuti rangkaian program pelatihan ini menginspirasi kami untuk terus hadir dan berkontribusi melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” tutup Martha.

Infografis Erick Thohir Bakal Pangkas BUMN Jadi Hanya 30. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Erick Thohir Bakal Pangkas BUMN Jadi Hanya 30. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya