BI dan Kemenko Perekonomian Kumpulkan Pemda Bahas Percepatan Digitalisasi

Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kemenko Perekonomian menyelenggarakan Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) 2024 di Jakarta.

oleh Elyza Binta Chabibillah diperbarui 23 Sep 2024, 16:10 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2024, 16:10 WIB
Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) 2024
Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kemenko Perekonomian menyelenggarakan Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) 2024 di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) berkolaborasi dengan Kemenko Perekonomian menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski Jakarta Pusat, Senin (23/9/2024)

Kegiatan ini bertujuan untuk terus meningkatkan peran dan kontribusi positif dalam transformasi ekonomi dan digitalisasi sistem pembayaran. Acara ini dihadiri Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan juga Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. 

Pemanfaatan teknologi digital pada lingkungan pemerintah ini sudah sangat intens. “Kalau electronic governmentnya bagus itu persepsi korupsinya kemudian menjadi bagus,  investasi meningkat, begitu juga terkait indeks rule of flownya dan seterusnya. Oleh karena itu kita sedang bekerja keras untuk menaikkan ini” ujar Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas.

Dalam kegiatan ini Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menekankan bahwa digitalisasi transaksi pemerintah daerah bermanfaat untuk percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Kami Kementerian Keuangan dan Menteri Dalam Negeri bersama-sama untuk meyakinkan bahwa operasi keuangan pemerintah, entah dari APBN dan hampir sepertiga APBN itu ditransfer ke daerah ke APBD, mereka bisa terus menjadi suatu sumber daya yang mampu meningkatkan kinerja dan kesejahteraan ekonomi digital,” jelas dia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


BI dan Kemenko Dorong Digitalisasi Daerah di Rakornas P2DD 2024

Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) 2024
Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kemenko Perekonomian menyelenggarakan Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) 2024 di Jakarta

Selanjutnya, Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan “Melalui digitalisasi keuangan daerah, ekonomi tambah maju rakyatnya tambah sejahtera”. Di akhir pidato, beliau juga mengajak masyarakat untuk nyalakan semangat untuk mendorong digitalisasi melalui sinergi dan kolaborasi untuk kesinambungan P2DD. 

Selain itu, Rakornas P2DD menjadi forum koordinasi kebijakan sekaligus pemberian penghargaan atas upaya Pemda dalam implementasi dan inovasi digitalisasi transaksi di daerah yang dihadiri Pimpinan K/L Anggota Satgas P2DD, Pejabat Eselon 1 dan 2 Anggota Satgas P2DD, Kepala Daerah, hingga Asosiasi, Industri terkait.

“Penghargaan ini menginspirasi agar seluruh Pemda bisa mempercepat dan memperluas digitalisasi transaksi Pemda.” ucap Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartanto pada pidatonya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya