Kementerian Teten Masduki Bakal Dipecah, Ini Bocoran 2 Calon Menterinya

Bakal ada Kementerian UMKM dan Kementerian Koperasi. Dua nama tokoh yang akan mengisi adalah Budi Arie Setiadi dan Maman Abdurrahman.

oleh Tim Bisnis diperbarui 17 Okt 2024, 16:45 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2024, 16:45 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta TikTok dan GoTo, induk usaha Tokopedia untuk patuh terhadap regulasi yang ada. (Dok KemenkopUKM)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta TikTok dan GoTo, induk usaha Tokopedia untuk patuh terhadap regulasi yang ada. (Dok KemenkopUKM)

Liputan6.com, Jakarta - Telah beredar daftar nama-nama calon menteri yang akan masuk dalam Kabinet besutan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Bahkan saat ini  nama nama calon menteri tersebut telah mendapat pembekalan di Hambalang yang merupakan kediaman Prabowo.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, kementerian yang saat ini dipimpinnya akan dipecah. Bakal ada Kementerian UMKM dan Kementerian Koperasi. Dua nama tokoh yang akan mengisi adalah Budi Arie Setiadi dan Maman Abdurrahman.

Teten menyebut Budi Arie akan menjabat sebagai Menteri Koperasi, sementara Maman Abdurrahman akan menjadi Menteri UMKM.

Teten mengaku telah berdiskusi langsung dengan kedua calon menteri tersebut utamanya membahas rencana pemisahan antara Kementerian Koperasi dan Kementerian UMKM, yang sebelumnya berada di bawah satu payung.

"Tadi pagi saya sudah bicara dengan Pak Budi Arie yang akan ditempatkan di Menteri Koperasi. beberapa hari sebelumnya saya juga sudah bicara dengan Pak Maman, dari yang akan (menjadi menteri) UMKM," kata Teten kepada media, Kamis (17/10/2024).

Teten menambahkan, dirinya berkomitmen untuk membantu proses transisi ini, termasuk memastikan agar kedua kementerian yang baru terbentuk bisa tetap bersinergi setelah pemisahan.

"Saya kira saya akan coba bantu untuk bagaimana membelah (pemisahan antara Koperasi dan UKM) ini, termasuk juga supaya mereka kedua-duanya begitu nanti menjabat, saya kira tetap bisa sinergi," ungkapnya.

Ia juga menyoroti koperasi memiliki peran penting sebagai alat konsolidasi dan agregasi usaha mikro, terutama di sektor pertanian dan jaringan ritel.

Teten bilang meskipun Kementerian Koperasi dan UMKM dipisah, kedua kementerian tetap bisa bekerja sama untuk mendukung perekonomian nasional.

"Karena kepentingan kita, karena selama ini kan kita menggunakan koperasi itu sebagai alat konsolidasi agregasi bagi usaha-usaha mikro, Terutama misalnya di sektor pertanian, di agrikultur, di jaringan retail juga saya lihat di dunia sebenarnya bisa lewat koperasi," papar Teten.

Reporter: Ayu

Sumber: Merdeka.com

Profil Maman Abdurrahman, Politisi Golkar yang Digadang Jadi Menteri UMKM Kabinet Prabowo

Prabowo Subianto Panggil Para Calon Menteri, Ini Sosok-sosoknya
Maman Abdurrahman, politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR-RI selama dua periode. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sepekan jelang pelantikan, presiden terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah nama calon menteri ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta, Senin (14/20/2024). Salah satunya yakni Maman Abdurrahman, politikus Golkar sekaligus anggota DPR RI.

Maman Abdurrahman digadang-gadang akan mengisi posisi Menteri UMKM di kabinet pemerintahan 2024-2029. Kepastian jatah kursi itu pun sudah dikonfirmasi langsung oleh yang bersangkutan usai bertemu dengan Prabowo.

 

"Ini adalah sebuah kesempatan yang diberikan oleh pak Prabowo Subianto kepada saya, untuk membantu beliau di dalam menaikan ekonomi masyarakat, yang kita ketahui bahwa 92 persen penyerapan tenaga kerja itu diwakilkan dari sektor UMKM," ujar Maman.

"Artinya ada harapan besar dari pak Prabowo kepada saya dititipkan untuk bisa mengamankan 92 persen sektor UMKM ini," dia menambahkan.

Profil Maman Abdurrahman

Maman lahir di Pontianak, Kalimantan Barat pada 10 September 1980. Selepas menamatkan bangku SD-SMP-SMA di kota kelahirannya, ia melanjutkan studi dengan mengambil jurusan S1 Teknik Perminyakan Universitas Trisakti pada 2000-2008.

Di kampus, ia merupakan sosok yang aktif berorganisasi. Dengan menjadi Ketua Bidang HMI Universitas Trisakti hingga Presiden BEM Universitas Trisakti.

Meskipun sempat bekerja seperti di perusahaan minyak, hasrat berorganisasi dilanjutkannya dengan menjadi pengurus DPP Partai Golkar pada 2010-2015. Eksistensinya di partai pohon beringin berlanjut hingga menjadi Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar (2016-2019), dan Ketua DPD Partai Golkar Kalimantan Barat (2020-2025).

Adapun karirnya sebagai anggota legislatif bermula dengan menjadi anggota Penggantian Antar Waktu (PAW) DPR RI 2018-2019. Maman mulai masuk sebagai anggota Komisi VII DPR mewakili daerah pemilihan Kalimantan Barat I pada 2019, untuk kemudian menjadi Wakil Ketua Komisi VII sejak 2021 hingga sekarang.

Harta Kekayaan Maman

Merujuk data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pelaporan 2023, Maman tercatat memiliki total Rp 15,78 miliar.

Itu berasal dari tanah dan bangunan dengan total nilai sebesar Rp 15,72 miliar, dua transportasi berbentuk Toyota Alphard tahun 2018 dan Toyota Innova Venturer senilai Rp 1,225 miliar, plus ditambah harta lainnya, dikurangi utang sebesar Rp 2,76 miliar. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya