Sudaryono Kembali Jadi Wakil Menteri Pertanian, Berikut Profilnya

Sudaryono kembali ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) oleh Presiden Prabowo Subianto. Berikut profilnya.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 20 Okt 2024, 22:41 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 22:41 WIB
Sudaryono Kembali Jadi Wakil Menteri Pertanian, Berikut Profilnya
Presiden Prabowo Subianto mengumumkan wakil menteri Kabinet Merah Putih 2024-2029 usai mengumumkan para menteri pada Minggu, (20/10/2024).(Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto mengumumkan wakil menteri Kabinet Merah Putih 2024-2029 usai mengumumkan para menteri pada Minggu, (20/10/2024).

Salah satu nama wakil menteri yang kembali ditunjuk yakni Wakil Menteri Pertanian Sudaryono. Sebelumnya Sudaryono menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada era Prabowo-Gibran, ia pun kembali ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pertanian. Berikut profil Politikus Partai Gerindra yang ditunjuk menjadi Wamentan Sudaryono.

Sudaryono memulai karier pada 2014 sebagai Corporate Secretary di Nusantara Energy, selanjutnya diangkat menjadi CEO Garuda TV pada 2018. Sudaryono memfokuskan program pendidikan anak-anak di Indonesia melalui Garuda TV Education dengan tagline “Mencerdaskan kehidupan bangsa dari Sabang sampai Merauke”. Pada 2019, ia menjadi CEO PT Nusantara Telematics System dan Chairman PT Sahabat Sejati Sejahtera Farma pada tahun selanjutnya.

Karier Politik

Ia memulai karier politik pada 2010 setelah menempuh pendidikan di Jepang. Usai pulang ke Indonesia, Sudaryono menjadi asisten pribadi (aspri) Prabowo Subianto, Ketua Umum Parpol Gerindra.

Pada 2020, Sudaryono menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen Gerindra), sebelum kemudian terpilih menjadi Ketua DPR Gerindra Jawa Tengah.

Sudaryono melakukan konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di kabupaten/kota, kecamatan hingga sampai level anak ranting di desa-desa sejak menjabat Ketua DPD Partai Gerindra Jateng pada 18 Oktober 2023. Kunjungan itu dilakukan di 29 kabupaten dan 6 kota di seluruh Jawa Tengah. Adapun Sudaryono menjadi Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah pada usia 38 tahun.

Selain politik, Sudaryono juga aktif di banyak organisasi, salah satunya menjadi Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dan Ketua Dewan Pembina DPP Pedagang Pejuang Indonesia Raya (PAPERA).

 

 

 

Profil Singkat

Kementan
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono/Istimewa.

Melansir laman resminya, Sudaryono.id, Kamis, 18 Juli 2024, Sudaryono lahir di Grobogan, 23 Januari 1985.

Sudaryono lahir di sebuah dusun bernama Mangunrejo, Desa Tambirejo, Kecamatan Toroh. Pria yang akrab disapa Mas Dar itu merupakan anak satu-satunya dari seorang petani bernama Yahyo dan ibunya, Suwarni.

Di bangku sekolah, Sudaryono meraih prestasi gemilang dengan menjadi salah satu lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara, dan menempuh pendidikan ke Negeri Sakura dengan program beasiswa. Pada 2004 – 2009, dia menempuh pendidikan di National Defense Academy of Japan.

Saat itu, hanya ada 2 orang pelajar dari Taruna Nusantara yang lolos program beasiswa ke pendidikan akademis itu.

Siap Bekerja 28 Jam

Sudaryono.
Wakil Menteri Pertanian, Sudaryono saat memberi kuliah umum berjudul "Mempersiapkan Mahasiswa yang Berjiwa Wirausaha" di Gedung AAC Dayan Dawood USK, Selasa (13/8/2024). (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, Sudaryono dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduduki posisi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) pada kamis 18 Juli 2024. Ia langsung akan bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Bahkan, Sudaryono siap bekerja 28 jam sehari membantu menyukseskan program Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman demi menyiapkan pasokan pangan serta mensejahterakan petani Indonesia.

"Kalau Pak Menteri tadi menyampaikan kerja 24 jam, Pak saya 28 jam (siap bekerja)," kata Sudaryono dikutip dari Antara, Jumat (19/7/2024).

Komitmen Wamentan untuk bekerja hingga 28 jam, bukan hanya untuk menjalankan tugas agar berhasil, tapi sebagai amal jariah untuk mensejahterakan petani dan menyediakan pangan yang cukup bagi rakyat, bangsa dan negara.

"Kita semuanya meyakini dan menyadari semuanya bahwa pangan ini adalah kebutuhan primer bagi semua orang. Kita boleh tidak naik mobil, bisa jalan kaki katakanlah begitu. Tapi kita nggak bisa kalau kita tidak sampai makan," ucapnya.

Dia mengaku siap memberikan yang terbaik untuk menyukseskan program Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

"Saya tentunya sebagai pejabat baru yang diamanatkan sebagai Wakil Menteri Pertanian, Pak Menteri (Andi Amran Sulaiman), semangat saya datang ke sini adalah itikad baik, hati yang bersih, keinginan untuk mengabdi," tegasnya.

 

Harus Belajar Banyak

Percepatan Pompanisasi, Wamentan Sudaryono: Pemerintah Komitmen Kebijakan Pro-Petani
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono saat meninjau irigasi perpompaan di Desa Bojongkunci, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Walaupun dia mengakui, masih harus belajar banyak terkait birokrasi, struktur organisasi, manajemen dan lainnya di lingkup Kementerian Pertanian.

"Apa Yang menjadi tolak ukur saya sebagai Wakil Menteri Pertanian? Saya mengatakan bahwa kesuksesan saya adalah mensukseskan Bapak Menteri Pertanian, keberhasilan saya adalah keberhasilan membantu, menyukseskan apapun diperintah oleh Pak Menteri kepada saya, saya laksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Sudaryono.

Sudaryono menggantikan posisi Harvick Hasnul Qolbi yang sudah mengakhiri masa jabatan sebagai Wakil Menteri Pertanian.

Mantan asisten pribadi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto itu menjabat sebagai Wamentan RI selama tiga bulan ke depan, menjelang purna tugas kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Oktober 2024.

 

Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Prediksi 12 Tokoh Berpeluang Besar Masuk Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya