Mau Jelajahi Pesona Desa di Indonesia? Coba di Sini

SnackVideo membuka peluang bagi kreator pedesaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan engagement, dan menghasilkan pendapatan.

oleh Arthur Gideon diperbarui 23 Okt 2024, 10:00 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 10:00 WIB
3 Rekomendasi Wisata Alam Instagramable Di Cirebon
Desa Wisata Cikalahang salah satu rekomendasi wisata di Cirebon yang instagramable. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - SnackVideo mempersembahkan Desa Snack, sebuah komunitas virtual yang menghadirkan kehidupan pedesaan Indonesia dalam bentuk konten video yang menghibur dan informatif. Dalam Desa SnackVideo ini mengumpulkan kreator terbaik yang berbagi berbagai tips kehidupan pedesaan, seperti cara beternak ayam, menangkap ikan, hingga membangun rumah sendiri.

Pengguna yang tinggal di lingkungan serupa dapat memperoleh manfaat dari konten-konten tersebut.

Tak hanya itu, Desa SnackVideo juga menawarkan hiburan yang beragam, mulai dari video kerajinan tangan, memasak, komedi, hingga musik dan tarian khas pedesaan. Pengguna dapat merasakan keseruan dan keunikan kehidupan desa sambil menikmati konten yang penuh kreativitas.

Setiap bulan, Desa SnackVideo mengadakan berbagai acara dengan tema kehidupan desa. Baru-baru ini, Desa Snack merayakan Festival Layang-Layang, di mana kreator bersaing dalam kompetisi membuat layang-layang dan mendorong pengguna berbagi momen seru saatmenerbangkannya.

Kegiatan berikutnya adalah acara spesial di musim hujan, serta Snack Day yang menghadirkan hadiah menarik bagi pengguna dan kreator.

Creator Growth & Partnership Manager SnackVideo Wahyu Hidayat menyatakan, SnackVideo membuka peluang bagi kreator pedesaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan engagement, dan menghasilkan pendapatan.

"Kami optimis bahwa industri kreatif Indonesia akan semakin berkembang, dan kreator konten pedesaan akan memainkan peran penting dalam memajukan industri ini." kata dia, Rabu (24/10/2024).

Salah satu kreator, Clara Sylfia, yang memiliki lebih dari 170 ribu pengikut, mengatakan bahwa ia bisa tetap menjadi dirinya sendiri melalui SnackVideo, membagikan tips kehidupan desa yang sederhana dan menginspirasi banyak orang.

SnackVideo terus berkomitmen mendukung kreator lokal melalui berbagai acara dan tantangan yang memberikan kesempatan bagi kreator untuk meningkatkan pengikut dan engagement, serta meraih kesuksesan. Desa SnackVideo telah melahirkan banyak kreator berbakat dengan ratusan ribu pengikut dan jutaan penonton.

SnackVideo Punya 43 Juta Pengguna di Indonesia, Lakukan Moderasi Konten Negatif dengan AI

Ilustrasi SnackVideo.
Ilustrasi SnackVideo.

Sebelumnya, Aplikasi berbagi video pendek SnackVideo kini dipakai oleh 43 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. Platform ini mengklaim jadi layanan video pendek yang memiliki pertumbuhan cepat di Indonesia, dengan peningkatan sebesar 318 persen pada 2023.

SnackVideo menyebut, pihaknya mendorong pemanfaatan teknologi digital lewat kolaborasi dengan individo, komunitas, dan institusi untuk memajukan ranah digital Indonesia.

Dengan makin banyaknya pengguna, SnackVideo menjanjikan untuk mengedepankan moderasi konten. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Selain menggunakan AI, platform ini memiliki tim moderator hingga pelaporan komunitas untuk mendeteksi dan menghapus konten negatif. Bahkan, SnackVideo berupaya untuk menghapus konten negatif secara cepat dan akurat.

Head of Marketing SnackVideo, Bobby, mengatakan, "SnackVideo akan terus berinovasi sekaligus menjaga komitmen dalam mendukung ekosistem digital yang positif di Tanah Air."

Berdasarkan klaim perusahaan, konten negatif yang mengandung unsur kekerasan, kegiatan berbahaya, perundungan, ujaran kebencian, materi seksual dan aktivitas ilegal akan segera ditindak.

"Dalam 1x24 jam, SnackVideo telah mencapai tingkat penghapusan konten negatif lebih dari 73 persen," klaim SnackVideo.

Karena komitmen memberantas konten negatif dan menghadirkan platform yang aman, belum lama ini SnackVideo mendapatkan penghargaan dari CNN Indonesia Awards sebagai best short video content and live streaming platform. Sebuah penghargaan untuk platform yang hadirkan konten digital yang sehat untuk pengguna di Indonesia.

Bangun Desa Digital

SnackVideo
Credit: SnackVideo

Sebelumnya untuk menciptakan berbagai konten positif, platform video pendek SnackVideo meluncurkan program Desa SnackVideo. Inisiatif ini bertujuan untuk menghadirkan pengalaman virtual yang imersif, membawa pengguna langsung ke jantung kehidupan pedesaan Indonesia.

Desa SnackVideo diklaim hadir sebagai sebuah desa digital yang lengkap dengan berbagai fitur menarik.

 Pengguna dapat menjelajahi beragam zona, mulai dari Balai Edukasi yang menyajikan tips-tips menarik tentang kehidupan di desa, Santapan Desa yang memanjakan lidah dengan sajian kuliner khas, hingga Teater Komedi yang menghadirkan hiburan segar dengan konten humor bernuansa pedesaan.

Selain itu, ada juga Studio Kerajinan yang menampilkan beragam karya tangan kreatif, lalu Rumah Warga untuk berinteraksi dengan komunitas desa secara virtual.

Dukung Kreator Lokal

SnackVideo mempersembahkan Desa Snack, sebuah komunitas virtual yang menghadirkan kehidupan pedesaan Indonesia. (Dok SnackVideo)
SnackVideo mempersembahkan Desa Snack, sebuah komunitas virtual yang menghadirkan kehidupan pedesaan Indonesia. (Dok SnackVideo)

Selain itu, ada juga Studio Kerajinan yang menampilkan beragam karya tangan kreatif, lalu Rumah Warga untuk berinteraksi dengan komunitas desa secara virtual.

Selanjutnya, ada Taman Bermain yang menggugah nostalgia masa kecil, serta Museum Desa yang mengajak pengguna menjelajahi kekayaan kuliner dan destinasi wisata Indonesia.

Program ini juga menjadi wadah bagi para kreator konten dari berbagai daerah di Indonesia untuk unjuk gigi.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya