Perdagangan RI-Eropa Bisa Tembus US$ 45 Miliar

"Saya lihat situasi yang belum pasti di sana walau adanya tanda-tanda positif dari pemulihan ekonomi Eropa," kata Wamendag BayuKhrisnamurti

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 22 Okt 2013, 15:55 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2013, 15:55 WIB
uni-eropa-130521b.jpg
Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Khrisnamurti menilai situasi perekonomian di Uni Eropa (UE) masih diselimuti ketidakpastian. Tentunya ini akan berdampak terhadap ekspor maupun kerja sama bisnis antara Indonesia dan UE.

"Saya melihat situasi yang belum pasti di sana walaupun kami mengidentifikasi adanya tanda-tanda positif dari pemulihan ekonomi Eropa. Semoga Eropa bisa segera pulih karena Eropa menjadi mitra dagang dan investasi yang penting," ujarnya di Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Saat ini, tambah dia, perdagangan Indonesia dengan UE mencapai US$ 32 miliar-US$ 33 miliar. Jika dibandingkan dengan total perdagangan Indonesia, angka ini mengalami pertumbuhan cukup besar.

"Memang ada pelemahan di 2012 karena situasi Eropa, tapi perdagangan Indonesia dan UE masih akan bertumbuh 7% dibanding tahun ini. Sehingga kami memperkirakan nilainya mencapai US$ 35 miliar-US$ 36 miliar," terangnya.

Proyeksi tersebut, kata Bayu, masih jauh dari potensi kedua negara. Apabila CEPA dapat diimplementasikan untuk kepentingan Indonesia, seperti CPO dan ekspor maka pemerintah optimistis nilai perdagangan bakal terus menanjak.

"Optimis angka perdagangan bisa menembus US$ 40 miliar dan US$ 45 miliar pada 2015-2016 dengan syarat CEPA diselesaikan dan di dalamnya menyangkut kepentingan Indonesia, seperti palm oil dan lainnya," papar dia. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya