Gita Wirjawan Percaya SBY akan Pilih Pengganti yang Tepat

Setelah mundur, Gita Wirjawan menyerahkan keputusan penggantinya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

oleh Pebrianto Eko Wicaksono diperbarui 03 Feb 2014, 14:53 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2014, 14:53 WIB
gita-wirjawan-130818b.jpg
Pasca mengundurkan diri sebagai Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan menyerahkan keputusan pengganti dirinya ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Asisten Gita Wirjawan,  Michael Umbas mengatakan, Gita mempercayakan Presiden Susilo Bambang Yundhoyono akan memilih orang yang tepat untuk menggantikan dirinya.

"Pak Gita mempercayakan sepenuhnya kepada pak SBY siapapun yang dianggap terbaik menggantikan beliau sebagai Menteri Perdagangan," kata Michael, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (3/2/2014).

Meski telah mengundurkan diri, saat ini Gita berada di posisi masa transisi. Gita masih menunggu penggantinya, hal ini sesuai dengan Permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kan Beliau sudah mundur dan diminta Presiden untuk menunggu sampai ada pengganti. Jadi tentu sekarang masa transisi," tutur Michael.

Menurut Michael, meski masih dalam masa transisi, Gita Wirjawan telah meraih sejumlah keberhasilan saat menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

"Sekarang dalam masa transisi. Pak Gita berhasil dengan WTO, Undang-Undang Perdagangan dan berbagai kebijakan besar untuk rakyat," pungkasnya.

Gita Wirjawan akhirnya resmi mundur dari posisinya sebagai Menteri Perdagangan mulai 1 Februari 2014. Gita mundur karena ingin fokus dalam kompetisi Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat.

Dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Jumat (31/1/2014), Gita dengan tegas mengungkapkan keputusan yang diambilnya adalah langkah yang terbaik. Gita mundur setelah menahkodai Kementerian Perdagangan sejak 18 Oktober 2011.

"Langkah yang saya ambil adalah langkah yang terbaik dalam perkembangan demokrasi di Indonesia," ujar Gita. (Pew/Ahm)


Baca juga:

Mundur dari Mendag, Gita Wirjawan: Ini Langkah Terbaik

Wakil Mendag: Pengganti Gita Wirjawan Tunggu Presiden

Gita Wirjawan: dari Pengusaha, Birokrat Lalu Ikut Konvensi Capres


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya