Kepak Sayap Garuda Muda: Ahmad Nufiandani

Winger lincah Timnas U-23 itu menjadi buah bibir usai menyumbang dua gol untuk Garuda Muda.

oleh Liputan6 diperbarui 08 Jun 2015, 18:26 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2015, 18:26 WIB
Ahmad Nufiandani cetak satu gol di laga Indonesia U-23 vs Kamboja U-23
Ahmad Nufiandani cetak satu gol di laga Indonesia U-23 vs Kamboja U-23 (Liputan6.com / Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Singapura - Aksi Ahmad Nufiandani saat perhelatan SEA Games 2015 menyita perhatian. Winger lincah Timnas U-23 itu menjadi buah bibir usai menyumbang dua gol untuk Garuda Muda dalam dua laga penyisihan Grup A cabang sepak bola.

Pemain kelahiran Kediri, 7 Juni 1995, itu mencetak satu gol saat Indonesia kalah 2-4 dari Myanmar di laga perdana. Dani, sapaan akrabnya, juga ikut menyumbang gol saat Indonesia menang telak 6-1 atas Kamboja.

Kecepatan dan keberaniannya dalam menusuk pertahanan merepotkan barisan pertahanan Kamboja. Bahkan gol yang dicetak ke gawang Kamboja berasal dari aksi individu Dani.

Ahmad Nufiandani kerap dipercaya Aji Santoso untuk mengisi sisi kanan penyerangan tim nasional Indonesia. Selain bertugas untuk mengalirkan bola dari sisi sayap, ia juga sering melakukan tusukan-tusukan ke jantung pertahanan lawan.

SEA Games 2015: Winger Timnas U-23 Indonesia Ahmad Nufiandani (Liputan6.com / Helmi Fithriansyah)

Namun Nufiandani kurang baik dalam bertahan. Ia jarang membantu pertahanan, khususnya di lini tengah saat bermain.

Pemain jebolan akademi Arema ini sebenarnya sudah diplot sebagai pengganti Alberto Goncalves di klub berjuluk Singo Edan. Meski sempat dipinjamkan ke berbagai klub, Dani kini mampu menembus pemain inti Arema.

Winger Timnas U-23 Indonesia Ahmad Nufiandani (Liputan6.com / Helmi Fithriansyah)

Di balik permainan ciamik Dani di lapangan, ternyata ada doa kuat dari orang tuanya. Dani pun rela mengganti nomor punggung 24 menjadi nomor 7 untuk memperkuat Timnas di SEA Games 2015 demi orang tuanya.

"Saya selalu meminta restu dan doa dari orang tua. Semoga saya diberi kekuatan untuk bermain bagus dan membawa Indonesia menang," kata Dani. (Ary/Ian)

*Siapa pemain favorit kamu di SEA Games 2015? Tweet pilihan kamu, berikan alasannya dan mention ke @Vaselinemen dengan hashtag #MVPMaksimal.  Menangkan hadiah menarik berupa Jersey bertanda tangan pemain Timnas.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya