Statistik Petr Cech: Akankah Lebih Baik dari 2 Kiper Lainnya?

Petr Cech resmi bergabung dengan Arsenal.

oleh Antonius Hermanto diperbarui 30 Jun 2015, 16:11 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2015, 16:11 WIB
Petr Cech
Petr Cech (Sky Sports)

Liputan6.com, London - Arsenal resmi mengontrak Petr Cech pada Senin (29/6/2015), waktu setempat. Kiper asal Republik Ceko itu akan memperkuat The Gunners untuk empat musim ke depan.

Tapi apakah keputusan Arsene Wenger untuk merekrut Cech tepat? Akankah uang sebesar Rp 210 miliar yang dikeluarkan untuk mendatangkan kiper berusia 33 tahun itu akan sia-sia atau malah beruntung?

Musim 2014/2015, Cech memang jarang mendapat kesempatan bermain bersama Chelsea. Pasalnya sang manajer, Jose Mourinho, lebih memilih untuk memainkan Thibaut Courtois. Tercatat Cech hanya bermain selama tujuh laga atau sekitar 607 menit bersama The Blues di Liga Premier.
Petr Cech (Sky Sports)
Namun dari hanya tujuh laga yang dimainkannya, kiper asal Republik Ceko itu ternyata masih tangguh. Ia mampu mengemas lima cleansheets, melakukan 14 penyelamatan, dan hanya dua kali kebobolan. Tentu angka tersebut cukup menjanjikan jika dibandingkan dengan dua kiper Arsenal lainnya, Wojciech Szczesny dan David Ospina.

Arsene Wenger lebih mempercayakan Ospina untuk tampil di bawah mistar gawang The Gunners pada gelaran Liga Premier 2014/2015. Ia bermain sebanyak 18 kali bagi Arsenal di musim pertamanya itu.
David Ospina (Reuters / Tony O'Brien)
Sedangkan Szczesny hanya bermain 17 kali, namun kebobolan lebih banyak dibanding Ospina. Ia kebobolan 21 kali, sedangkan Ospina hanya 11 kali.

Performa Cech jauh lebih mentereng di musim 2013/2014. Saat ia masih menjadi kiper utama The Blues, ia sukses melakukan 52 penyelamatan dan hanya kebobolan 24 kali.

Pada musim yang sama, Szczesny dan Ospina, justru harus lebih sering memungut bola dari gawangnya. Lantas akankah Cech menggeser posisi utama Szczesny dan Ospina?


Perbandingan Statistik 3 Kiper Arsenal (Liputan6.com / Andri Wiranuari)

Baca juga:

9 Pembelian Murah Manchester United Namun Jadi Superstar

Sergio Ramos Manfaatkan Manchester United Demi Hal Ini

Pelatih Juventus Jatuh Cinta kepada Bintang 'Buas' Chelsea

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya