'Aksi Kotor Rossi Bisa Dilihat dengan Mudah'

Rossi dianggap sudah kehilangan kontrol.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 26 Okt 2015, 11:28 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2015, 11:28 WIB
Valentino Rossi dan Marc Marquez
Valentino Rossi dan Marc Marquez terlibat persaingan sengit di MotoGP Malaysia 2015 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (25/10/2015). (EPA/Ahmad Yusni)

Liputan6.com, Sepang - Rider Repsol Honda, Marc Marquez, masih kesal akibat aksi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, yang menendangnya. Akibat insiden di lap ketujuh di Sirkuit Sepang MotoGP Malaysia itu, Marquez terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Rossi dan Marquez memang terlibat persaingan yang sengit di lintasan Sirkuit Sepang, keduanya saling salip. Puncaknya, ketika nyaris bersenggolan, kaki Rossi dalam tayangan ulang terlihat menyentuh motor Marquez.

Akibat aksinya itu, Rossi mesti menerima sanksi berupa start dari posisi paling belakang di MotoGP Valencia, seri terakhir musim ini. Namun, pihak Rossi langsung mengajukan banding atas sanksi yang diberikan kepadanya.

Marquez berpikir Rossi memang sengaja membuatnya terjatuh dengan aksi tendangnya di lintasan. Malah, rider berjuluk The Baby Alien ini percaya aksi Rossi tidak patut ditiru sebagai pembalap senior, apalagi disaksikan hampir seluruh dunia.  

"Anda dapat melihat aksi kotornya dengan mudah melalui televisi. Ketika itu, saya mendengar suara motornya datang dan saya melakukan pengereman. Dia malah mengambil jalan lurus (bukannya belok mengikuti trek) dan Rossi menatap saya hingga dua kali. Kemudian saya berpikir: 'Apa yang terjadi dan apa yang harus saya lakukan'," ungkap Marquez, seperti dilansir Crash.

"Saya tidak pernah berpikir dia akan mengarahkan kakinya dan mendorong setang motor dan rem saya. Setelah itu, saya kehilangan kendali dan ketika saya sudah di aspal, dia masih melihat ke arah saya lagi. Saya pikir, dia kehilangan kontrol," lanjutnya.

Rossi sendiri finis di posisi ketiga pada balapan MotoGP Malaysia, sedangkan Marquez tak mendapatkan satu poin pun. Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, finis terdepan pada balapan itu, sementara Jorge Lorenzo dari Movistar Yamaha menempati podium kedua. (Win/Rjd)*

Baca Juga

Hukum Ringan Rossi, Kredibilitas MotoGP Dipertaruhkan

'Aksi Kotor Rossi Bisa Dilihat dengan Mudah'

Rossi Bicara Peluang Juara Dunia Usai Insiden di Sepang

Rossi Korban Koneksi Spanyol?

Rossi 'Paksa' Fans Setia Telan Racun

Video Udara Insiden Rossi vs Marquez di MotoGP Sepang

Kronologis Tabrakan Versi Rossi dan Marquez, Siapa Benar?

Yamaha Ajukan Banding Hukuman Rossi

Rossi Sebut Marquez Simpan Dendam

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya