Sponsor Honda Ikut Pojokkan Rossi

Repsol menuding Rossi tidak sportif di MotoGP Malaysia.

oleh Windi Wicaksono diperbarui 27 Okt 2015, 14:26 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2015, 14:26 WIB
Marc Marquez (Liputan6)
Marc Marquez menjadi juara di MotoGP Italia (REUTERS/Max Rossi)

Liputan6.com, Sepang - Sponsor utama tim Honda, Repsol, ikut berkomentar terkait insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Valentino Rossi di Sirkuit Sepang, MotoGP Malaysia, Minggu (25/10/2015). Repsol menyatakan kecewa dengan sikap tidak sportif yang diperlihatkan Rossi kepada Marquez.

Menurut Repsol, Rossi sengaja membuat gerakan yang membuat Marquez terjatuh dalam sebuah momen di lap ketujuh MotoGP Malaysia. Dalam pernyataannya, Repsol menilai tindakan rider berjuluk The Doctor itu tidak bisa diterima.

Repsol berpendapat bahwa perbuatan Rossi sangat berbahaya bagi keselamatan Marquez, mengingat motor keduanya tengah berada dalam kecepatan tinggi. Produsen oli pelumas ini juga merasa Rossi pantas diberikan sanksi atas tindakannya.

Baca Juga

  • Rossi: Marquez Pecundang yang Buruk
  • Rossi Kena Penalti 3 Poin, Apa Maksudnya?
  • Protes, Rossi Bakal Boikot MotoGP Valencia


"Di lap ketujuh, Marquez dan Rossi terlibat pertarungan untuk perebutan tempat ketiga, saling salip terjadi di antara keduanya. Dalam tindakan yang disengaja, Rossi dengan tidak sportif menendang pembalap Repsol Honda hingga terjatuh," tulis pernyataan tersebut.


Tindakan Rossi Mengancam Keselamatan Marquez

MotoGP Malaysia 2015
Valentino Rossi diduga menendang motor Marc Marquez hingga terjatuh pada GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015). (crash.net)

"Meskipun Marquez beruntung tidak mengalami cedera akibat tindakan itu, Repsol menilai tindakan Rossi  tidak dapat diterima, karena mengancam keselamatan dan dilakukan secara terencana. Repsol menganggap ini sebuah tindakan tidak sportif yang tidak sesuai dengan nilai-nilai olahraga dan kompetisi," lanjut pernyataan itu.

Repsol  merasa sedih dengan situasi yang dialami Marquez, yang tak lain merupakan rider Honda, tim yang mereka sponsori. Namun, Repsol ikut senang dengan kemenangan rekan setim Marquez, Dani Pedrosa di MotoGP Malaysia.

"Dani Pedrosa meraih kemenangan yang hebat di MotoGP Malaysia, tapi kemenangan itu dibayangi oleh sikap tak sportif Rossi.  Repsol ikut sedih situasi seperti ini bisa terjadi, karena perusahaan ini menjunjung semangat kompetitif, hubungan baik, dan komitmen dari para pembalap. Tanpa nilai-nilai itu, Repsol tidak akan berpartisipasi sebagai sponsor di olahraga," tutup pernyataan itu. (Win/Rco)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya