Evolusi Posisi Messi Bersama Enrique di Barcelona

Simak perubahan posisi Messi dari masa ke masa di Barcelona.

oleh Defri Saefullah diperbarui 15 Sep 2016, 20:33 WIB
Diterbitkan 15 Sep 2016, 20:33 WIB
Messi Hat-trick
Bintang Barcelona, Lionel Messi (tengah) saat mencetak gol ke gawang Celtic pada lga grup C Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona (14/9/2016) dini hari WIB. Messi mencetak tiga gol untuk Barca. (AFP/Josep Lago)

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi mendapatkan pujian tinggi dari pelatih Barcelona, Luis Enrique usai cetak hattrick melawan Glasgow Celtic pada pertengahan pekan lalu. Enrique menyebut Messi sebagai roh dari total football yang ditampilkan Barcelona.

Banyak anggapan, sangat mudah punya pemain seperti Messi. Pelatih manapun bisa memainkan Messi dan mendapatkan kemenangan.

Namun, seperti dilansir Marca, pelatih Barcelona yang pernah 'mengasuh' Messi ternyata punya metode yang berbeda-beda. Frank Rijkaard yang pertama kali menangani Messi lebih suka menempatkan dia di posisi tengah.

Sedangkan Joseph Guardiola lebih suka menempatkan Messi sebagai winger dan striker palsu. Tito Vilanova lebih suka meniru Rijkaard yaitu menempatkan Messi sebagai striker untuk bisa maksimalkan potensi gol.
  Trio MSN Barcelona: Neymar, Lionel Messi, Luis Suarez. (AP Photo/Manu Fernandez)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Posisi Bebas

20160914-Liga-Champions-Spanyol-Barcelona-Celtic-Lionel-Messi-Reuters
Penyerang Barcelona, Lionel Messi melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol kegawang Celtic pada Liga Chmapions Grup C di Stadion Camp Nou, Spanyol (14/9). Messi mencetak tiga gol dan membawa Barcelona menang 7-0. (REUTERS/Paul Hanna)


Lalu bagaimana dengan Luis Enrique? Eks pelatih Celta Vigo ini lebih membebaskan posisi bermain Messi.

Bintang Barcelona ini terkadang bisa bermain lebih dalam sebagai gelandang. Neymar dan Luis Suarez menikmati servis lewat umpan-umpan Messi.

Messi tentu tetap bisa mencetak gol. Namun kini, semakin sulit untuk mendefinisikan posisi Messi di Barcelona.

"Messi itu pemain terbaik dunia untuk nomor 10, 8, 6. Saya tentu tidak cerdas untuk membatasi itu," kata Enrique seperti dikutip Marca.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya