Tour De Linggarjati 2016: Tenaga Pembalap Terkuras di Etape 2

Tour De Linggarjati sudah memasuki etape 2.

oleh Panji Prayitno diperbarui 29 Okt 2016, 22:10 WIB
Diterbitkan 29 Okt 2016, 22:10 WIB
Tour De Linggarjati
Tour De Linggarjati masuki etape 2 dan cukup menguras tenaga pembalap (Liputan6.com/Panji Prayitno)

Liputan6.com, Kuningan - Jalur panjang, berliku, naik turun cukup banyak menguras tenaga para atlet balap sepeda dalam Tour De Linggarjati 2016 di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

65 peserta harus menempuh jalur ekstrem sepanjang 121,3 km. Menurut ketua panitia Tour De Linggarjati 2016 Kuningan Jawa Barat, Dian Rachmat Yanuar, Sabtu (29/10/2016), peserta dengan nomor 113 Riski Rahman asal Lombok mengalami dehidrasi akibat cuaca ekstrim.

Dian juga mengatakan, satu peserta lain pada etape kedua Abdulsoleh nomor 73 dari klub SAKB Cycling Team juga tumbang karena mengalami kecelakaan dan cidera ringan.

"Hasil pemeriksaan medis peserta yang kecelakaan pada etape II hanya cedera ringan dan dipastikan besok berlomba lagi," ucapnya.

Dian mengaku, di etape kedua ini para pebalap lebih banyak menguras tenaga. Menurutnya, etape kedua ini jauh lebih berat.

Para peserta harus melewati belokan tajam, hingga tanjakan dan turunan yang ekstrim. "Etape kedua ini lebih berat daripada etape pertama dan etape ketiga di hari terakhir nanti," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Daftar Pemenang

Pada etape kedua ini, posisi pertama ditempati Iman 3 jam 25 menit, disusul Bambang Suryadi dengan waktu tempuh 03:26:28, dan posisi ketiga diperoleh Warseno dengan waktu tempuh 03:26:35.

Untuk nomor sprint di KM 23,03 Jalan Siliwangi Bank Jabar Kuningan, posisi pertama diperoleh Hari Fitrianto dari klub CCN, disusul Firman Hidayat dari klub UBK, dan Kurniawan dari klub BRC. Selain itu, untuk nomor tanjakan di KM 117,94 di tugu Selamat Datang Desa Karangsari Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, sang juara pada etape II Aiman Cahyadi mengaku pada perlombaan TDL 2016 ini kondisi jalan kurang steril. Dia mengaku masih banyak menemukan warga yang hilir mudik menyebrang jalan di lintasan.

Selain warga yang menyeberang, beberapa warga juga masih terlihat lalu lalang menggunakan motor. Sesekali ditemukan warga yang melawan arah. "Trak di kuningan tidak jauh dengan di Lombok, tapi untuk permulaan cukup baik. Cuma jalannya kurang clear, masih ada orang lewat," katanya, mengeluh.

Secara keseluruhan, dari 75 peserta yang terdaftar pada TDL, di etape I sebanyak 4 orang mundur sebelum berlomba, 3 orang tak selesai finis karena satu kecelakaan dan dua peserta kelelahan. Di Etape 2 dari 68 peserta, sebanyak 3 peserta mundur sebelum berlomba, selanjutnya, selama perlombaan 7 pembalap tak menyelesaikan perlombaannya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya