MotoGP: Sederet Cerita tentang Sirkuit Catalunya

Terdapat 9 cerita menarik dari MotoGP Catalunya.

oleh Liputan6.com diperbarui 08 Jun 2017, 14:00 WIB
Diterbitkan 08 Jun 2017, 14:00 WIB
Sirkuit Catalunya
Sirkuit Catalunya, disebut-sebut sebagai salah satu trek tersulit dalam kalender MotoGP. (Motogp.com)

Liputan6.com, Catalunya Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap yang mampu mengumpulkan sepuluh kemenangan di Grand Prix Spanyol (Catalunya). Juara dunia tujuh kali di MotoGP itu lantas dianggap sebagai pembalap tersukses, dan secara historis joki Movistar Yamaha itu mempunyai kesempatan yang bagus untuk mengakhiri paceklik kemenangan.

Kesempatan Rossi merebut kemenangan di MotoGP di Sirkuit Catalunya terbilang besar. Namun perlu diingat saat ini kondisi The Doctor tidak berada dalam keadaan yang bagus, pasca mengalami cedera dada dan perut.

Rossi saat ini tengah berusaha memulihkan kondisinya agar bugar selama balapan di trek sepanjang 4,7 km tersebut. Membahas MotoGP Catalunya, tak hanya berbicara tentang pemilik nomor 46 saja.

Sirkuit Catalunya juga punya cerita lain yang tak kalah seru. Salah satu keunikannya adalah jarang ada pembalap yang berhasil merebut pole position bisa juara. Terakhir kali peristiwa itu terjadi pada 2010 lalu ketika Lorenzo keluar sebagai pemenang.



Sederet Cerita tentang Sirkuit Catalunya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cerita tentang Sirkuit Catalunya

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo saat berduel di MotoGP Catalunya 2009. (MotoGP)

1. Sirkuit Catalunya untuk kali pertama menggelar balapan pada 1992, dan tahun ini menjadi yang ke-26 secara beruntun di ajang grand prix. Tercatat hanya ada tiga sirkuit yang memiliki catatan lebih panjang dalam menggelar balapan grand prix, yakni Jerez, Mugello dan Assen.

2. Sejak era motor empat tak MotoGP diperkenalkan pada 2002, Yamaha menjadi pabrikan paling sukses di Catalunya, dengan sepuluh kemenangan, Honda empat dan Ducati dua.

3. Hanya tiga sirkuit yang menggelar grand prix tanpa jeda lebih lama dari Catalunya, yaitu Jerez (Spanyol), Mugello (Italia) dan Assen (Belanda).

4. Terakhir kali Spanyol tidak memiliki pemenang MotoGP Catalunya di tiga kelas terjadi pada 2002.

5. Sebelum 2015, para pembalap Honda menguasai pole Catalunya selama empat tahun, namun tak satu pun dari pole-sitter itu yang keluar sebagai juara.


Rossi Paling Sukses

Selebrasi 3 Bintang MotoGP Catalunya
Jorge, Rossi, dan Pedrosa beraksi di atas podium.

6. Valentino Rossi adalah pembalap paling sukses selama mengaspal di MotoGP Catalunya, dengan sembilan kemenangan (1 x 125cc, 2 x 250cc, 1 x 500cc, 6 x MotoGP).

7. Sebanyak lima pembalap tuan rumah telah merebut delapan trofi kemenangan kelas premier di Catalunya, yaitu Alex Criville (1995 & 1999), Carlos Checa (1996), Dani Pedrosa (2008), Jorge Lorenzo (2010, 2012 & 2013) dan Marc Marquez (2014).

8. Di kelas MotoGP, hanya ada dua pembalap yang bisa menang di Catalunya dari pole position: Rossi (2006) dan Lorenzo (2010).

9. Marc Marquez pernah mencetak kemenangan ke-100 untuk tim Honda sewaktu memenangkan balapan di Catalunya pada 2014.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya