3.000 Pesepeda Ramaikan Gowes Pesona Nusantara di Demak

Gowes Pesona Nusantara sudah menempuh etape-etape terakhir sebelum finis di Magelang.

oleh Defri Saefullah diperbarui 02 Sep 2017, 22:25 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2017, 22:25 WIB
Gowes Pesona Nusantara
Gowes Pesona Nusantara sambangi kabupaten Demak (dok: Kemenpora)

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 3.000 pesepeda bakal ramaikan Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Demak, Minggu (3/9/2017) yang merupakan bagian dari program "Ayo Olahraga" Kemenpora. GPN di Demak diberi nama Tilas Kesultanan Demak dan Sunan Kalijaga.

Peserta akan menempuh jarak 12 km, yang dimulai dari Stadion Pancasila dan finish di Alun-alun Demak. Sepanjang rute itu, peserta akan melewati Sentra Jambu Merah Delima, Sentra Jambu Citra, tilas Sunan Kalijaga, Kesultanan Demak, dan berakhir di alun-alun Demak.

Sebelum peserta menggowes sepeda mereka, juga akan ada simbolisasi pencanangan budaya hidup sehat dan lingkungan bersih. Sebagi bentuk simbolisasi, akan diserahkan masker pada 5 peserta GPN. Sejumlah kesenian daerah juga akan menyemarakkan Gowes Pesona Nusantara di kota Wali ini.

Murid-murid dari SMPN 02 Demak akan mementaskan tari Gambyong.  Sementara siswa dari MS Sholahudin akan menyajikan tari Zipin Pesisiran. Turut pula dilibatkan sanggar senam se-Kabupaten Demak dan siswa-siswi SMA di Demak dalam senam Ayo Olahraga.

“Acara akan dimulai dengan senam bersama. Selanjutnya juga akan ada penyerahan tanah dan air, yang berasal dari Bumi Perdikan Kadilangu,” jelas Zulham Afandi, Staf Bidang Pembinaan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak seperti rilis yang diterima media.

Bumi Perdikan Kadilangu adalah wilayah di Kabupaten Demak yang tidak pernah dikuasai oleh penjajah. Tanah dari Perdikan ini melambangkan semangat menjaga kemerdekaan bumi pertiwi dari segala bentuk penjajahan.

Sementara air yang akan diserahkan berasal dari sumur Penguripan peninggalan Sunan Kalijaga. Tanah dan air ini akan dikumpulkan bersama dengan tanah dan air dari daerah lain di kawasan gunung Tidar pada 9 September nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya