Euro 2020 / 2021: Sosok Terpenting di Balik Sukses Italia

Italia tampil impresif di Euro 2020. Siapa kunci suksesnya?

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Jun 2021, 19:30 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2021, 19:30 WIB
Foto Piala Eropa: 4 Kontribusi Manuel Locatelli dalam Kemenangan 3-0 atas Swiss di Euro 2020
Cetak dua gol. Lewat dua golnya, Manuel Locatelli menyamai pencapaian Mario Balotelli sebagai pemain Italia yang mampu mencetak dua gol dalam satu pertandingan di ajang Euro. Balotelli melakukannya saat melawan Jerman di semifinal Euro 2012. (Foto: AP/Pool/Ettore Ferrari)

Liputan6.com, Roma - Italia tampil impresif di Euro 2020. Gli Azzuri berhasil menyapu bersih tiga laga grup dengan kemenangan. Tak hanya itu, mereka juga tidak kebobolan sekalipun.

Eks pemain Timnas Inggris Micah Richards menyebut sosok kunci keberhasilan Italia sejauh ini adalah kehadiran pelatih Roberto Mancini. Tak tanggung-tanggung, dia bahkan menyebut Mancini sebagai salah satu manajer terbaik di dunia dan pantas lebih dihormati atas prestasinya.

“Anda menyaksikan salah satu manajer terbaik dunia pada masa jayanya. Saya heran mengapa, misalnya, Tottenham Hotspur dan Everton tidak menargetkannya sebagai kandidat manajer baru,” ujar Richards seperti dilansir Football Italia.

Richards, yang pernah menjadi anak asuh Mancini ketika memperkuat Manchester City, menyebut kedisiplinan pemain sebagai hal yang paling dituntut Mancini.

“Tanpa henti dia menantang Anda secara mental. Beberapa orang di skuat dulu merasa seperti dibawa kembali ke sekolah dengan metodenya," cetus Richards.

“Dia adalah alasan Italia terlihat seperti calon pemenang Piala Eropa 2020," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini


Polesan Mancini

Manuel Locatelli Dua Gol, Italia Kalahkan Swiss 3-0
Pelatih Italia, Roberto Mancini menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Swiss pada pertandingan grup A Euro 2020 di stadion Olimpiade di Roma, Italia, Rabu (16/6/2021). Selanjut, Italia akan bertanding melawan Wales. (Ettore Ferrari, Pool via AP)

Sejak ditunjuk pada Oktober 2018, Mancini mengemban tugas mengembalikan reputasi Italia. Pasalnya, pendahulunya Gian Piero Ventura gagal membawa tim lolos ke Piala Dunia 2018.

Setelah itu Mancini langsung merubah gaya permainan Italia dan meninggalkan permainan bertahan yang identik dengan tim.

Kini, permainan bola pendek dari kaki ke kaki dan bermain lebih ofensif menjadi andalan Gli Azzuri. Namun, karakter pertahanan solid tetap ada. Alhasil Giorgio Chiellini dan kawan-kawan tidak terkalahkan dalam 30 pertandingan terakhir.

 

(Akbar Bintang Fahrizal)


Infografis

Infografis Jadwal Euro 2020 Babak 16 Besar
Infografis Jadwal Euro 2020 Babak 16 Besar (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya