PON 2021 Resmi Dibuka, Presiden Jokowi: Ini Menggambarkan Kemajuan Papua

PON XX 2021 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Lukas Enembe pada Sabtu (2/10/2021)

oleh Liputan6.com diperbarui 02 Okt 2021, 19:35 WIB
Diterbitkan 02 Okt 2021, 19:35 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jayapura - Pekan Olahraga Nasional alias PON XX Papua 2021 resmi dibuka di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021). Perhelatan ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang memberi sambutan sekaligus menandai dimulainya PON Papua 2021.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa PON XX Papua merupakan bukti kemajuan Papua, kesiapan infrastruktur, serta kesiapan sumber daya masyarakat untuk berpartisipasi di kancah nasional dan internasional.

Lebih lanjut, ajang olahraga multievent terbesar Tanah Air yang perdana diselenggarakan di Papua ini memiliki makna besar bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan karena menjadi simbol persatuan, kebersamaan, dan persaudaraan.

“Kita bangga membukan PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua. Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di Tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua untuk menyelenggarakan acara besar,” ujar Presiden Jokowi di acara pembukaan PON Papua 2021, Sabtu (2/10/2021).

“PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan, untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stadion Megah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua yang digelar di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021). (Foto:Liputan6/Lizsa Egeham)

Pembukaan PON XX Papua 2021 memang sukses dihelat di lokasi megah, yakni Stadion Lukas Enembe. Meski demikian, Jokowi menegaskan bahwa stadion tersebut bukanlah satu-satunya bukti kemajuan Papua.

“Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, darat, dan udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papu merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan,” tutur Jokowi.

Presiden Jokowi berharap masyarakat dapat terus mendorong kemajuan Papua dengan memupuk prestasi anak muda dan para atlet, serta memberi ruang bagi berkembangnya kreativitas di bidang musik, seni, dan budaya.


Dimeriahkan Artis Tanah Air dan Atlet Legendaris Papua

Atlet-atlet legendaris Papua tampil di depan publik dalam pembukaan PON XX 2021.Salah satunya Lisa Rumbewas. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Atlet-atlet legendaris Papua tampil di depan publik dalam pembukaan PON XX 2021.Salah satunya Lisa Rumbewas. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Tak hanya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, PON XX Papua juga dimeriahkan oleh penampilan sejumlah artis kondang Tanah Air, mulai dari Edo Kondologit, Nowela Elizabeth Auparay hingga Tulus dan Ruth Sahanaya.

Sejumlah atlet legendaris Papua pun turut berpartisipasi dalam pembukaan PON XX Papua dengan membawa bendera jelang prosesi pengibaran bendera PON. Para atlet ini tercatat pernah menyabet medali di ajang internasional, mulai dari SEA Games hingga Olimpiade.


Dihadiri Atlet dari 34 Kontingen

Di sisi lain, Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn.) Marciano Norman dalam sambutannya memaparkan bahwa ajang olahraga multi event berskala nasional ini dihadiri oleh 34 kontingen dari 34 provinsi di Indonesia.

Sebanyak 6.116 atlet tamu dan 923 atlet tuan rumah Papua akan berlaga memperebutkan medali dari 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 681 nomor pertandingan di PON XX Papua 2021.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya