Eko Saputra Pecahkan Rekor Atletik Peparnas XVI Papua

Eko Saputra memecahkan rekor meski gagal menyamai Personal Best di Peparnas XVI Papua.

oleh Thomas diperbarui 11 Nov 2021, 10:15 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2021, 10:15 WIB
Peparnas
Peparnas XVI Papua. (Dok Peparnas)

Liputan6.com, Jakarta- Sprinter andalan Sumatera Utara Eko Saputra berhasil memecahkan rekor di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas). Eko berjaya di Peparnas XVI Papua pada nomor lari 100 meter T12 putra, Rabu (10/11/2021).

Bertanding di Stadion Lukas Enembe, Eko Saputra mencatatkan waktu 11,28 detik. Eko berhak membawa pulang medali emas Peparnas 2021 Papua. Catatan waktu Eko ini memecahkan rekor milik Harjono Tarihoran yang dibuat pada Peparnas 2012.

Harjono ketika itu menorehkan waktu 12,06 detik. Catatan waktu Harjono juga dikalahkan oleh peraih perak dan perunggu di Pepanas 2021 ini.

Medali perak direbut oleh Abie Ajie dari Jawa Barat dengan catatan waktu 11,85 detik. Perunggu jadi milik Petrus K Alupa (Nusa Tenggara Timur) yang menorehkan 12,01 detik.

Meski memecahkan rekor pada Peparnas 2021, Eko tak sepenuhnya puas. Pasalnya Personal Best Eko bisa jauh lebih baik lagi.


Persembahkan

Maskot Peparnas XVI
Maskot Peparnas XVI Papua Hara dan Wara. (HO-PB Peparnas XVI Papua)

"Personal Best saya sebenarnya 11,20 detik. Mudah-mudahan ke depan, dengan latihan keras dan rutin saya bisa perbaiki limit saya," ujar Eko seperti dikutip dari Antara.

Secara khusus, Eko mempersembahkan medali emasnya untuk sang ibu dan mertuanya yang selama ini telah menjadi pahlawan dalam mendukungnya hingga menjadi juara seperti saat ini.


Hari pahlawan

Lebih lanjut, momentum hari pahlawan juga dimaknai peraih perak Asian Para Games itu untuk menghargai perjuangan atlet-atlet dalam mengharumkan nama daerah dan juga negara.

"Seorang pejuang dalam olahraga tentu tidak bisa digapai dengan mudah. Butuh kerja keras. Sosok orang tua selama ini juga menjadi pahlawan dalam mendukung saya sebagai atlet," ungkap Eko.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya