Penonton Superbike Mandalika Dapat Fasilitas Transportasi Gratis

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan moda angkutan darat dan laut gratis untuk memudahkan mobilisasi penonton menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 20 Nov 2021, 12:20 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2021, 21:49 WIB
Foto: Jelang World Superbike Mandalika, Dari Santai di Pinggir Sirkuit Hingga Motor Mogok
Pembalap Asia Talent Cup berjalan saat pengenalan trek di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok. Sirkuit yang baru dibangun ini bersiap untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Superbike pada 19-21 November. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Mandalika - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan moda angkutan darat dan laut gratis untuk memudahkan mobilisasi penonton menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Sarana ini diberikan kepada pemegang tiket ajang World Superbike (WSBK) di Mandalika.

"Ada sembilan unit bus besar berkapasitas 40 kursi untuk mengantar penonton ke Sirkuit Mandalika. Pemegang tiket WSBK tidak perlu membayar ongkos bus," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Mohamad Faozal, dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Transportasi ini hadir di Bandara International Lombok untuk mengantarkan penonton ke Sirkuit Mandalika. Bus medium berkapasitas 30 kursi juga hadir di Lombok Epicentrum Mall dengan tujuan sama.

Sebanyak 61 unit minibus turut disiagakan di empat koridor, yakni di Terminal Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan Lombok Timur dan Pelabuhan Bangsal Lombok Utara.

"Kami juga sudah persiapkan kapal cepat sebanyak sembilan unit untuk melayani rute Padangbai menuju Pelabuhan Lembar dan sebaliknya. Juga melayani rute Lombok-Sumbawa dan sebaliknya," papar Faozal.

Sebanyak 46 unit shuttle bus dikhususkan untuk melayani pengguna kendaraan pribadi. Mereka yang melewati Bypass BIL-The Mandalika akan diarahkan parkir di dekat Bundaran Songgong yang merupakan ujung bypass. Kantong parkir ini luasnya 10 hektare.

"Untuk pengguna kendaraaan pribadi dari jalur lama Sengkol- The Mandalika akan diarahkan parkir di dekat Masjid Nurul Bilad seluas 2,4 hektar. Dari kantong parkir, penonton yang menggunakan kendaraan pribadi akan dilayani shuttle bus ke lokasi sirkuit, begitu sebaliknya," kata Faozal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Latihan Bebas

mandalika sirkuit
Sirkuit Mandalika adalah sirkuit balap yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK Mandalika) di Desa Kuta, Lombok Tengah, NTB.

Superbike Mandalika jadi seri pamungkas musim 2021. Toprak Razgatlioglu dan juara bertahan Jonathan Rea bersaing memperebutkan gelar.

Razgatlioglu menguasai dua sesi latihan bebas, Jumat (19/11/2021). Sementara Rea sempat terpuruk di urutan 11 pada FP1, sebelum naik ke peringkat dua di FP2.


Faktor Keamanan

Latihan Bebas World Superbike Mandalika
Pembalap tim GoEleven WorldSBK, Chaz Davies dari Inggris melaju saat sesi latihan bebas pertama balapan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Jumat (19/11/2021). Gelaran balap WSBK Mandalika 2021 diikuti oleh 23 pembalap dari 12 tim. (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Sebanyak 3.000 anggota personel gabungan TNI dan Polri akan menjaga keamanan selama berlangsungnya Superbike Mandalika. Di tengah pandemi, penonton harus melewati tahapan screening untuk mencegah penularan Covid-19 dengan uji usap antigen atau PCR.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya