Timnas Vietnam Tersingkir dari Piala AFF 2020, Pelatih Park Hang Seo Ditinggal Pergi Stafnya

Langkah Timnas Vietnam di Piala AFF 2020 hanya sampai ke babak semifinal.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 28 Des 2021, 14:30 WIB
Diterbitkan 28 Des 2021, 14:30 WIB
Timnas Vietnam
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, bersama skuatnya jelang melawan Laos di Piala AFF 2018. (Bola.com/Dok. AFF Suzuki Cup)

Liputan6.com, Jakarta Kegagalan memepertahankan gelar juara Piala AFF 2020 telah menimbulkan perombakan di kompsisi pelatih timnas Vietnam. Dua tangan kanan Park Hang Seo harus angkat kaki usai kejuaraan tersebut. 

Vietnam tersingkir di babak semifinal setelah kalah agregat 0-2 dari timnas Thailand. Selanjutnya, Tim Gajah Perang akan berhadapan dengan timnas Indonesia pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022.

Posisi pelatih Park Hang seo sepertinya masih aman usai kegagalan ini. Pelatih asal Korea Selatan itu masih akan melanjutkan kontraknya bersama timnas Vietnam hingga 31 Januari 2023 mendatang. 

Meski demikian, Park yang sukses mengantar Vietnam sebagai juara Piala AFF 2018 bakal kehilangan sejumlah orang kepercayaannya. Choi Joo Yong dan Kim Tae Min yang menemani Park dalam menata skuat The Golden Warriors harus mengucapkan selamat tinggal setelah kegagalan Piala AFF 2020. 

 


Pulang Kampung

Foto: Fokus Bertahan, Timnas Indonesia Buat Vietnam Frustrasi dan Gigit Jari usai Hasil Imbang Tanpa Gol di Matchday Ketiga Piala AFF 2020
Menjelang akhir laga, Timnas Indonesia harus menarik keluar Witan Sulaeman yang mengalami cedera pada menit ke-78 dan digantikan Yabes Roni. (Dok. PSSI)

Choi Joo Yong sebelumnya menjabat sebagai dokter tim. Pria asal Korea Selatan itu sudah tiga tahun bertugas di timnas Vietnam. Dia kerap menemani Park Hang-seo di sejumlah partai penting, termasuk kualifikasi Piala Dunia 2022, Asian Games 2022, Piala Asia 2019 hingga Piala AFF 2020.

Sementara itu, Kim Tae Min terbilang baru di Timnas Vietnam. Dia baru diangkat Juli lalu. Meski demikian, dia merupakan asisten Park Hang Seo di berbagai event. Seperti dilansir dari Thairath, Min bakal kembali ke kampung halamannya dan bergabung dengan timnas U-20 Korea Selatan. 

 


Bertambah Panjang

Kepergian Yong dan Min sekaligus menambah panjang daftar staf Park Hang Seo yang pergi tahun ini. Sebelumnya, timnas Vietnam juga mengumumkan perpisahannya kepada empat staf pelatih asal Korea Selatan. Dua di antaranya telah habis masa jabatan dan kembali ke kampung halamannya, yakni Kim Han Yun dan pelatih kiper Kim Hyun Tae. Yun merupakan tangan kanan Park Hang Seo dan telah bekerja sejak 2019 dan ikut membantu Timnas Vietnam merebut emas SEA Games ke-30 di Filipina.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya