Liga Champions: Rekor Buruk Hantui Liverpool di Markas Benfica

Liverpool kembali menyambangi markas Bernfica pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2021/2022.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 05 Apr 2022, 13:00 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2022, 13:00 WIB
Intip Latihan Liverpool Jelang Lawan Benfica di Perempat Final Liga Champions
Gelandang Liverpool, Jordan Henderson bersama rekan setimnya melakukan pemanasan dalam sesi latihan di tempat latihan Liverpool FC di Liverpool, Inggris (4/4/2022). Liverpool akan bertanding melawan Benfica pada leg pertama perempat final Liga Champions di Estadio Da Luz, Portugal. (AFP/Paul Ellis)

Liputan6.com, Jakarta Liverpool sebenarnya punya rekor yang memukau saat berhadapan dengan tim-tim asal Portugal di kejuaraan Eropa. Namun menyambangi markas Benfica tidak pernah mudah bagi The Reds. 

Kedua tim seperti diketahui akan bertemu lagi pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2021/2022. Pertandingan bakal berlangsung di markas Benfica, Estadio Da Luz, Rabu (6/4/2022). 

Mengutip situs resmi UEFA, Liverpool sebenarnya sangat dominan saat bertemu tim-tim asal Portugal. Dari delapan pertemuan terakhir, The Reds tidak pernah kalah dengan catatan 6 kali menang dan 2 kali seri. Meski demikian, kedelapan laga The Reds terakhir ini seluruhnya dilakoni melawan FC Porto. 

Namun catatan gemilang ini tidak berlaku saat Liverpool bertandang ke markas Benfica. Dari tiga lawatan ke Estadio Da Luz, The Reds selalu pulang dengan kepala tertunduk. Salah satunya adalah ketetika Liverpool di bawah Rafael Benitez kalah 1-2 pada Europa League musim 2009/2010. 

Meski demikian, Liverpool bisa sedikit bernapas lega. Sebab belakangan, markas Benfica tidak terlalu angker bagi tim-tim asal Inggris. UEFA mencatat, dari enam laga kandang terakhir melawan tim-tim Negeri Ratu Elizabeth di ajang Eropa, Benfica hanya menang sekali. Tiga laga lainya berakhir imbang dan dua kali  kalah. Satu-satunya Benfica didapat saat bertemu Newcastle di Europa League 2013. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Celah untuk Menang

Intip Latihan Liverpool Jelang Lawan Benfica di Perempat Final Liga Champions
Striker Liverpool, Sadio Mane bereaksi selama sesi latihan di tempat latihan Liverpool FC di Liverpool, Inggris (4/4/2022). Liverpool akan bertanding melawan Benfica pada leg pertama perempat final Liga Champions di Estadio Da Luz, Portugal. (AFP/Paul Ellis)

Di ajang Liga Champions, Benfica bernasib lebih buruk lagi. Setelah terakhir kali menang atas Liverpool 2006 lalu, Benfica tidak pernah menang lagi melawan tim-tim Inggris di ajang Liga Champions. Dari empat laga terakhir yang dilalui, Benfica hanya mampu meraih 1 kali hasil imbang dan 3 kali seri. 

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp memboyong kekuatan terbaiknya ke markas Benfica. Skuat The Reds, seperti dilansir dari Liverpool Echo telah tiba di Portugal, pada Selasa malam waktu setempat. 

 


Siap Tempur

Menurut Klopp dalam jumpa pers sebelum laga, hampir seluruh pemainnya bisa tampil melawan Benfica. Kalaupun ada yang absen menurutnya, hanya satu pemain saja. 

"Kami ingin selalu berada di puncak dari setiap pertandingan kami, itu rencana dalam setiap permaian kami," kata Klopp dalam jumpa pers jelang pertandingan. "Ini bukan soal untuk berkembang di sini atau di sana, Anda harus berusaha berkembang secara umum," beber pria asal Jerman itu. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya