MotoGP 2023: Janji Joan Mir Usai Resmi Jadi Pembalap Repsol Honda

Joan Mir resmi gabung dengan Repsol Honda untuk menemani Marc Marquez di MotoGP 2023.

oleh Defri Saefullah diperbarui 01 Sep 2022, 08:00 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 08:00 WIB
Hari Kedua Sesi Latihan Bebas MotoGP Mandalika 2022
Pembalap Spanyol Joan Mir resmi gabung dengan Repsol Honda pada MotoGP 2023 usai Suzuki mundur (AP Photo/Achmad Ibrahim)

Liputan6.com, Jakarta Joan Mir meramaikan persaingan di MotoGP 2023 menjadi tambah sengit. Pembalap asal Spanyol itu resmi bergabung dengan Repsol Honda di MotoGP 2023.

Dia teken kontrak di Repsol Honda hingga akhir 2024. Dia menggantikan pembalap sebelumnya Pol Espargaro yang sudah memilih gabung dengan GASGAS Tech 3 KTM musim depan.

Joan Mir kembali mempertahankan tradisi duo Spanyol di Honda dalam beberapa tahun terakhir. SEtelah Dani Pedrosa-Marquez, Pol Espargaro-Marc Marquez, kini giliran dia yang menemani Marc Marquez di MotoGP 2023.

Honda memang mencatatkan musim yang menyedihkan di MotoGP 2022. Tak ada rencana yang berjalan lancar termasuk gagalnya Espargaro menggantikan Marc Marquez yang dibebat cedera sepanjang musim.

Mir pun sedang menjalani musim yang buruk dengan Suzuki. Ini tepatnya dimulai setelah pabrikan berlogo S ini mengumumkan mundur dari MotoGP di akhir 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Janji MIr

Joan Mir
Pembalap Suzuki, Joan Mir, memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia, Minggu (15/11/2020). (AFP/Lluis Gene)

Repsol Honda memang terpuruk. Namun Honda tetap menjadi tim pabrikan paling sukses di sejarah MotoGP.

"Saya sangat senang bisa secara resmi mengumumkan kalau saya gabung Repsol Honda musim depan," kata Mir seperti dikutip crash.

"Terimakasih kepada HRC yang sudah mempercayakan saya dan memberi saya kesempatan untuk mempertahankan warna historis ini yang penuh dengan sejarah dan gelar juara dunia

"Kami akan manfaatkan seluruh pengalaman saya selama beberapa tahun ini di MotoGP bersama Suzuki untuk mempersembahkan banyak hal di proyek bersama agar bisa juara lagi," dia menambahkan.

 


Pembalap Kedua

Hari Kedua Sesi Latihan Bebas MotoGP Mandalika 2022
Pembalap Tim Suzuki Ecstar Spanyol Joan Mir dan Alex Rins bersaing selama sesi latihan bebas hari ke-2 untuk balapan Grand Prix Moto3 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (19/3/2022). (AFP/Sonny Tumbelaka)

 

Saat ini, Honda belum mengumumkan pembalap kedua mereka di tim satelit LCR Honda. Ada dua kandidat yaitu Ai Ogura dan Takaaki Nakagami yang mungkin menemani Alex Rins.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan kehadiran Joan Mir. Juara MotoGP 2022 ini sudah memperlihatkan bakatnya sejak balap profesional di Moto3 seak 2016 lalu," bunyi pernyataan HRC.

Infografis MotoGP
Infografis gaji tertinggi para pembalap MotoGP 2022 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya