MU Terdepan untuk Kontrak Diogo Costa

MU dikabarkan berada di posisi terdepan dalam antrian untuk mengontrak penjaga gawang Porto Diogo Costa pada 2023.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 15 Okt 2022, 19:30 WIB
Diterbitkan 15 Okt 2022, 19:30 WIB
Diogo Costa - Porto
Kiper Porto Diogo Costa (kiri) telah dikaitkan dengan Manchester United. MU diduga tengah mempertimbangkan untuk memboyong pemain berusia 23 tahun itu ke Old Trafford pada 2023. (MIGUEL RIOPA / AFP)

Liputan6.com, Manchester - Diogo Costa sudah dikaitkan dengan sejumlah klub. Penjaga gawang berusia 23 tahun tersebut sudah mengaktifkan radar sejumlah klub top Eropa dengan penampilannya selama setahun terakhir bersama Porto.

Costa tampil impresif untuk Porto di musim ini. Dia membuat 13 penampilan di semua kompetisi dan membuat tujuh clean sheet dalam prosesnya.

Salah satunya saat Porto mengalahkan Bayer Leverkusen 3-0 pada matchday keempat Grup B Liga Champions, Kamis (13/10/2022) lalu. Selain tampil impresif, Costa juga memberikan assist melawan wakil Jerman itu.

Menurut Diario de Noticias, Manchester United berada di posisi terdepan untuk mengontrak Costa. Diduga, dia sedang dipertimbangkan MU untuk diboyong ke Old Trafford pada 2023..

Mantan gelandang Porto Maniche menyatakan Dragons tidak mungkin bisa mempertahankan Costa lebih lama lagi. Sebab, jumlah peminat yang ingin menggunakan jasanya semakin meningkat.

"Diogo Costa saat ini tidak hanya salah satu kiper terbaik di Eropa tetapi juga di seluruh dunia," kata Maniche kepada Diario de Noticias.

"Saat ini, Diogo Costa tidak berada di belakang mereka. Mungkin, yang membuat para penggemar kecewa, dia tidak akan lama berada di FC Porto," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Klausul pelepasan

Foto: 5 Kiper yang Menjadi Andalan Tim meski Berusia Muda, Termasuk Gianluigi Donnarumma
Diogo Costa. Kiper Portugal berusia 22 tahun ini menjadi andalan Porto usai dipromosikan dari Porto-B pada musim 2019/2020. Total telah bermain dalam 36 laga dengan torehan 15 clean sheet dan kebobolan 33 gol. Di level Timnas senior, ia baru melakukan debut pada 9 Oktober 2021. (AFP/Miguel Riopa)

Costa saat ini masih terikat kontrak empat tahun dengan Porto. Tetapi, dia diyakini memiliki klausul pelepasan 60 juta euro atau sekitar Rp 901,8 miliar dalam kontrak tersebut.

Namun, Maniche menilai klausul pelepasan itu terlalu murah. "Sejujurnya saya berpikir bahwa nilai klausul itu rendah untuk kualitasnya. Lihat contoh Kepa Arrizabalaga yang dijual seharga 80 juta euro atau Alisson Becker, dan Thibaut Courtois," ujarnya.

"Dia memiliki setiap peluang untuk menjadi penjaga gawang termahal di dunia. Dia sudah berada di level yang terbaik. Selain kualitasnya di bawah gawang, dia sangat pandai keluar dan bermain dengan kakinya."

"Ini adalah karakteristik penjaga gawang modern yang dihargai oleh para pelatih hebat. Dia memiliki visi yang hebat. Dan terlepas dari usianya, dia sudah memiliki karisma hebat, kehadiran yang hebat di antara tiang-tiang," ucap Maniche menambahkan.

Diogo Costa datang lewat sistem pemain muda di Porto. Dia awalnya mewakili tim B sebelum menjadi penjaga gawang nomor satu untuk klub Portugal pada musim 2021-22.

 


Pengganti David de Gea

David de Gea - MU - Manchester United - Liga Inggris - 2 September 2022
Penjaga gawang Manchester United David de Gea saat pertandingan Liga Inggris antara Leicester City dan MU di King Power Stadium, Jumat (2/9/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Rui Vieira)

David de Gea saat ini masih menjadi kiper nomor satu Manchester United. Tetapi, ada ketidakpastian seputar masa depan jangka panjangnya dengan kontrak pemain asal Spanyol itu akan berakhir Juni 2023.

De Gea, baru-baru ini, menyatakan keinginan untuk menandatangani kontrak anyar di Old Trafford. Penjaga gawang berusia 31 tahun itu ingin memperkuat Setan Merah untuk beberapa tahun lagi.

Tapi, Odysseas Vlachodimos dari Benfica telah dikaitkan dengan kepindahan ke MU. Dia kemungkinan bakal pengganti jangka panjang untuk De Gea.

Namun, Diogo Costa juga diduga sedang dipertimbangkan Man Utd. Kiper berusia 23 tahun itu bisa diboyong pada tahun depan.


Peringkat

ilustrasi liga inggris
ilustrasi liga inggris (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis transfer MU - November 2021
Infografis transfer MU. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya