Profil Salem Al Dawsari: Penentu Kemenangan Arab Saudi atas Argentina di Piala Dunia 2022

Salem Al Dawsari mencetak 1 gol penentu kemenangan saat Arab Saudi bertemu Argentina di laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022

oleh Alan Kusuma diperbarui 22 Nov 2022, 22:17 WIB
Diterbitkan 22 Nov 2022, 21:27 WIB
Argentina Tumbang dari Arab Saudi di Piala Dunia 2022
Pemain Arab Saudi Salem Al-Dawsari melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Argentina pada pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022). Arab Saudi mengalahkan Argentina dengan skor 2-1. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Liputan6.com, Jakarta - Salem  Al Dawsari menjadi penentu kememenangan Arab Saudi atas Arab Saydi. Golnya di laga kontra Argentina pada persaingan Grup C Piala Dunia 2022, membuat negaranya menang 2-1.

Ini sebuah kejutan di Piala Dunia Qatar. Bukan hanya buat Timnas Arab Saudi, melainkan bagi Al-Dawsari.

Al-Dawsari mungkin tak bakal menyangka bahwa sepakan keras yang ia lepaskan sukses menjebol jala Emiliano Martinez. Padahal, ada dua pemain belakang Timnas Argentina yang mengadangnya dan tepisan juga sempat dilakukan Martinez.

 


Profil Salem Al-Dawsari

Timnas Argentina vs Timnas Arab Saudi Grup C Piala Dunia 2022
Selebrasi pemain Arab Saudi usai menjebol gawang Argentina di pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). (AFP/Juan Mabromata)

Al Dawsari lahir di Wadi ad-Dawaris, Najd, Arab Saudi. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini lahir 19 Agustus 1991.

Dia memulai karier sepak bola mudanya di Al Hilal pada 2011. Hingga saat ini, ia masih setia berseragam kontestan Liga Arab Saudi tersebut.

Bicara penampilan, Al Dawsari sudah mencatatkan 207 pertandingan dengan torehan 4 gol. Dari sederet aksinya, sudah banyak trofi yang mampir ke kabin klub.

Beberapa di antaranya 5 juara Saudi Arabian Champions, 2 Saudi Crown Prince Cup, 2 AFC Cup, 3 Saudi Cup Winner dan 1 Super Cup Winner.

Selain itu, Al Dawsari juga pernah manggung di Piala Dunia AntarKlub pada 2019. Ketika itu perjalanan Al Hilal sampai ke babak ketiga sebelum kalah dari Flamengo.

 


Pernah Melawan Real Madrid

Foto: Lemes Bestie, Ketika Lionel Messi Dibuat Tak Berdaya oleh Arab Saudi di Laga Perdana Piala Dunia 2022
Usai gol keduanya dianulir oleh wasit, performa Messi pun menurun. Ia sesekali terlihat kalah duel dengan pemain Arab Saudi. (AP Photo/Jorge Saenz)

Pada 2018, sebagai bagian dari kesepakatan antara Federasi Sepak Bola Arab Saudi dan La Liga , Al Dawsari bergabung dengan klub Spanyol Villarreal dengan status pinjaman.

Bersama tim beralias Kapal Selam Kuning ini, Al Dawsari membuat satu penampilan di Spanyol. Masuk sebagai pemain pengganti saat melawan Real Madrid, Villarreal sukses menyamakan kedudukan 2-2 meski tak mencetak gol.

Dengan bermainnya Al Dawsari di Spanyol, ia adalah orang kedua Arab Saudi yang bermain di Eropa. Sebelumnya, Saleh Al Shehri, yang jadi rekannya di Timnas Arab Saudi, sudah bermain di Liga Portugal juga dengan status pinjaman.


Karier di Timnas Arab Saudi

Al Dawsari kali pertama berbaju Timnas Arab Saudi pada 2014. Namun, ia baru mencetak gol saat bersua Australia di ajang Kualifikasi Piala Dunia.

Setelahnya, ia rutin mendapat panggilan Timnas Arab Saudi. Pada 2018, Al Dawsari juga menjadi bagian Arab Saudi di Piala Dunia 2018, Rusia.

Di Piala Dunia 2018, Al Dawsari mencetak 1 gol ke gawang Mesir. Di akhir laga, ia dan kawan-kawannya membawa Arab Saudi menang dengan skor 2-1.

Dan di Piala Dunia 2022 ini, Al Dawsari juga mencetak gol. Kali ini terasa emosional karena ia mencatatkan namanya saat negaranya bertemu Argentina yang berstatus juara Piala Dunia 1986.

Al Dawsari dan kawan-kawan masih akan melanjutkan perjalan mereka di Piala Dunia. Terdekat, Arab Saudi akan melakoni laga kontra Polandia dan disusul Meksiko.

 

Lihat sukses Arab Saudi membungkam Argentina di tautan berikut ini... 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya