Piala Dunia 2022: Gagal Eksekusi Penalti saat Lawan Meksiko, Robert Lewandowski Dihujani Kritik

Pemain Timnas Polandia Robert Lewandowski dihujani kritik usai dirinya gagal mengeksekusi tendangan penalti dalam laga kontra Meksiko di Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 23 Nov 2022, 17:45 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2022, 17:45 WIB
Meksiko vs Polandia
Penyerang Polandia, Robert Lewandowski, gagal menyarangkan gol ke gawang Meksiko melalui titik putih saat berlaga di Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Moises Castillo)

Liputan6.com, Jakarta Bintang Timnas Polandia Robert Lewandowski tengah menjadi sorotan usai dirinya gagal mengeksekusi tendangan penalti dalam laga melawan Meksiko di pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Tak dapat dimungkiri, penampilan kedua kesebelasan secara umum memang kurang memuaskan. Baik Meskiko maupun Polandia sama-sama ompong di depan gawang. Akan tetapi posisi tim racikan Czesław Michniewicz sedikit lebih memprihatinkan.

Pasalnya, mereka memiliki peluang emas di paruh kedua setelah wasot memberi hadiah tendangan penalti. Namun, kesempatan tersebut tak mampu dimanfaatkan oleh Lewandowski sebagai eksekutor. Lesakannya mudah ditepis Guillermo Ochoa.

Catatan lengkap mengenai hasil pertandingan Meksiko melawan Polandia di grup C Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/2022)  dapat dibaca melalui tautan berikut ini.

Kegagalan tersebut jelas menjadi kejutan bagi sejumlah pihak. Apalagi Lewandowski, yang dipandang sebagai tulang punggung negaranya, juga lekat dengan predikat salah satu striker terbaik dunia. Kapten Timnas Polandia pun mau tak mau banjir kritikan.

Eks pemain Inggris Rio Ferdinand menjadi salah satu sosok yang melontarkan komentar tajam terhadap Lewandowski. Ferdinand dengan sadis mengaku tak menyukai bintang Barcelona. Ia juga mengeklaim sudah memprediksi kesalahan sang pemain.

“Saya tidak menyukainya. Seberapa hebatnya dia sebagai pemain dan pencetak gol, (saya merasa) ada sesuatu yang bakal terjadi,” ujarnya kepada BBC selepas laga Meksiko vs Polandia, seperti dilansir dari Metro.

“Dia tidak melakukannya dengan bersih, dan itu menjadi penyelamatan yang bagus (bagi kubu Meksiko) pada akhirnya,” sambung mantan pesepak bola berusia 44 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Taktik Timnas Polandia

Foto: Aksi Cemerlang Kiper Tunisia dan Meksiko Berbuah Dua Skor Kacamata di Grup C dan D Piala Dunia 2022
Situasi tak berubah hingga memasuki babak kedua. Meksiko masih mendominasi jalannya laga, sementara Polandia yang dimotori Robert Lewandowski selalu gagal menjangkau pertahanan akhir Meksiko. (AP/Themba Hadebe)

Lebih lanjut, Ferdinand juga mempersalahkan taktik Timnas Polandia saat menghadapi Meksiko. Menurutnya, para pemain tidak bisa memberi pelayanan yang cukup bagi Robert Lewandowski di lapangan.

“Dia hanya memiliki satu sentuhan di kotak penalti Meksiko. Situasi ini tidak terjadi padanya (Lewandowski) di level klub. Dia benar-benar haus akan bola,” tutur Ferdinand.

“(Lewandowski) tidak terbiasa dengan situasi ini. Dia normalnya selalu memiliki penguasaan bola yang bagus, kemudian tim melakukan build-up dan bermain di sekelilingnya,” tambah sosok yang pernah memperkuat Manchester United itu.


Tidak Gentar

Robert Lewandowski Gagal Penalti, Polandia vs Meksiko Imbang di Piala Dunia 2022
Gelandang Polandia, Grzegorz Krychowiak dan pemain Meksiko, Edson Alvarez melakukan sundulan selama pertandingan grup C Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion 974 di Doha, Qatar, Selasa (22/11/2022). Polandia bermain imbang dengan Meksiko dengan skor 0-0. (AP Photo/Martin Meissner)

Terlepas dari kegagalan memenangkan laga perdana, Timnas Polandia tak gentar menghadapi persaingan di Grup C Piala Dunia 2022. The Eagles tetap optimistis pihaknya mampu melangkah jauh dalam ajang sepak bola terakbar itu. 

Sekadar informasi, Polandia empat tahun lalu memang tidak bisa berbuat banyak. Robert Lewandowski dan kawan-kawan terpaku di dasar klasemen kala mentas pada Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Tahun ini, Polandia kembali menembus babak utama. Mereka berhasil mengamankan tempat di Piala Dunia 2022 Qatar setelah meraih kemenangan 2-0 atas Swedia dalam final play-off jalur B zona Eropa, Maret lalu.

Langkah The Eagles untuk lolos dari fase grup diprediksi tak bakal mudah. Sebabnya, mereka juga harus meladeni perlawanan Arab Saudi dan Argentina di dua pertandingan mendatang.


Menebar Ancaman

Robert Lewandowski Gagal Penalti, Polandia vs Meksiko Imbang di Piala Dunia 2022
Penyerang Meksiko, Alexis Vega berebut bola dengan pemain Polandia, Matty Cash selama pertandingan grup C Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion 974 di Doha, Qatar, Selasa (22/11/2022). Polandia bermain imbang dengan Meksiko dengan skor 0-0. (AP Photo/Darko Vojinovic)

The Green Falcons sudah berhasil menebar ancaman dalam laga perdananya di grup C Piala Dunia 2022. Arab Saudi secara mengejutkan berhasil memorak-porandakan Argentina yang diperkuat Lionel Messi pada Selasa (22/11/2022).

Selain itu, Meksiko yang belakangan banyak mengalami kekalahan juga bukan tim sembarangan. Polandia sendiri sudah merasakan kekuatan Tim Sombrero saat dipaksa bermain tanpa gol di Stadion 974, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Walau dihantui tekanan dari tim lain, Bek Polandia Matty Cash tetap optimistis. Menurutnya, komposisi skuadnya yang dihuni banyak pemain berkualitas bakal mampu bersaing, termasuk saat menghadapi Timnas Argentina.

“Bukan tanpa alasan kami menjadi salah satu peserta yang lolos ke Piala Dunia. Argentina fantastis, dan menurut saya akan jadi favorit, tetapi saya harap kami bisa tampil dengan baik,” kata Cash dilansir dari Mirror.

“Banyak pemain Liga Champions di skuad Polandia. Lewandowski luar biasa. Ketika di ada di sana, Anda akan tahu posisinya. Dia adalah pemain yang luar biasa," beber pesepak bola yang memperkuat Aston Villa tersebut.  


Klasemen

Hasil imbang di laga perdana membuat Polandia dan Meksiko kompak meraih satu poin. Kedua kesebelasan kini menghuni peringkat dua dan tiga klasemen sementara grup C Piala Dunia 2022, dengan selisih dua angka dari pemuncak.

Adapun posisi teratas dihuni oleh Arab Saudi. The Green Falcons berhak menguasai tempat tertinggi menyusul kemenangan epiknya atas Timnas Argentina. Sementara itu, La Albiceleste yang tadinya dijagokan justru tersungkur menjadi juru kunci.

Peta persaingan lengkap grup C Piala Dunia Qatar 2022 selanjutnya dapat disimak melalui tabel klasemen di bawah ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya