Hasil Final Piala Dunia 2022: Kylian Mbappe 2 Gol, Prancis Paksa Argentina Gelar Babak Tambahan Waktu

Drama hadir pada final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Sempat tertinggal dua gol dari Argentina, juara bertahan Prancis sukses menyamakan kedudukan 2-2 untuk memaksa digelarnya babak tambahan.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 19 Des 2022, 00:21 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 00:03 WIB
Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Prancis, Randal Kolo Muani (kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Argentina, Nicolas Tagliafico dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)  

Liputan6.com, Lusail - Drama hadir pada final Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Sempat tertinggal dua gol dari Argentina, juara bertahan Prancis sukses menyamakan kedudukan 2-2 untuk memaksa digelarnya babak tambahan.

Tim Tango mendapat peluang pertama pada laga ini. Namun, Julian Alvarez sudah dalam posisi offside saat menerima umpan rekan.

Selanjutnya giliran Alexis Mac Allister melepas tendangan jarak jauh. Sayang usahanya tepat mengarah ke pelukan kiper Hugo Lloris.

Argentina terus menguasai bola. Rodrigo De Paul tidak mau ketinggalan. Tendangannya membentur Raphael Varane menghasilkan sepak pojok.

La Albiceleste menguasai bola ddengan Les Bleus kesulitan keluar dari wilayah sendiri. Kylian Mbappe coba menciptakan peluang, tapi penjaga gawang Emiliano Martinez cepat memotong.

Pressing Argentina kembali memaksa Prancis melakukan blunder. Beruntung bola jatuh di kaki kanan Angel Di Maria yang sebenarnya kidal. Eksekusi pemain Juventus itu pun melambung.

Prancis coba membalas. Kolaborasi Mbappe dan Theo Hernandez berbuah tendangan bebas. Antoine Griezmann yang mengambil mengirim bola ke Olivier Giroud, yang kemudian dianggap melakukan pelanggaran.

Kehadiran Di Maria di tim utama Argentina berbuah manis. Aksinya menipu Ousmane Dembele memaksa pemain Barcelona tersebut melakukan pelanggaran.di area terlarang.

Lionel Messi yang jadi algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan dan mencatatkan nama di papan skor melalui penalti di menit ke-23.

Gol tersebut membangunkan Prancis. Namun, mereka kesulitan memberi ancaman berarti ke pertahanan Argentina.

Lewat serangan balik, Tim Tango justru sukses menggandakan keunggulan.Kombinasi Messi, Alvarez, dan Mac Allister diselesaikan Di Maria pada menit ke-36.

Dalam keadaan terdesak, pelatih Prancis Didier Deschamps mengambil langkah darurat. Dia menarik Dembele dan Giroud. Sebagai gantinya hadir Marcus Thuram dan Randal Kolo Muani.

Namun, kehadiran mereka gagal memberi pengaruh berarti di sisa babak pertama. Tim Tango unggul 2-0 pada babak pertama laga Argentina vs Prancis di final Piala Dunia 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Babak Kedua

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi mencetak gol pertama Argentina melalui eksekusi penalti ke gawang Timnas Prancis dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Meski unggul 2-0, Argentina menjaga intensitas permainan. Mereka langsung menyerang dengan Alvarez hampir lepas dari kawalan pertahanan Prancis. Tidak lama berselang, Di Maria mengirim umpan silang yang memaksa Lloris bekerja.

Mbappe, yang nyaris tidak terlihat, coba memimpin serangan Prancis. Usahanya berbuah sepak pojok, tapi Martinez bisa mengamankan bola.

Prancis terus mencoba, tapi tetap kesulitan menghasilkan peluang berarti. Sementara Argentina mulai menjalankan manajemen pertandingan seiring bertambahnya waktu.

Tim Tango coba menguasai bola selama mungkin, sembari mencari peluang melancarkan serangan. Salah satunya terobosan Di Maria bagi Alvarez. Striker Manchester City itu lalu melepas tendangan yang mengancam Lloris.

Pada kesempatan lain, umpan silang Di Maria jatuh di kaki Messi. Namun, gelandang Prancis Adrien Rabiot sukses menekel. Argentina kembali melancarkan serangan balik yang berbahaya, kali ini dihentikan Lloris.

Prancis masih mencoba. Umpan silang Griezmann dan Theo Hernandez membuat pertahanan Argentina panik. Sementara Deschamps kembali merombak komposisi tim dengan memasukkan Eduardo Camavinga dan Kingsley Coman.

Mbappe akhirnya melepas tembakan pertamanya di pertandingan pada menit ke-71. Usahanya mencerminkan permainannya di laga ini, yakni melambung.

Dalam kontrol penuh, Argentina justru kecolongan. Serangan balik Tuani harus dihentikan Nicolas Otamendi. Mbappe yang jadi algojo memperkecil skor di menit ke-80.

Gol ini menambah semangat Prancis. Coman merebut bola dari Messi untuk memimpin serangan Les Bleus. Bola jatuh ke kaki Mbappe yang melepas tembakan voli untuk mencetak gol keduanya semenit berselang.

Prancis kemudian meminta penalti setelah Thuram terjatuh. Namun pengadil justru memberinya kartu kuning karena melakukan diving.

Mbappe lalu mengancam lewat tendangan jarak jauh. Sementara tendangan Rabiot bisa dihentikan Martinez. 

Di injury time, Messi coba mengembalikan keunggulan Argentina. Tapi tendangannya dimentahkan Lloris. Tidak ada gol tercipta dan tambahan 2x15 menit harus digelar.


Susunan Pemain

Final Piala Dunia 2022: Argentina vs Prancis
Pemain Timnas Argentina, Angel Di Maria terjatuh di dalam kotak penalti setelah dilanggar pemain Timnas Prancis, Ousmane Dembele dalam laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Argentina (4-3-3): Emiliano Martínez; Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico; Rodrigo de Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez, Angel Di Maria (Marcos Acuna 64)

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphaël Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez (Eduardo Camavinga 71); Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Marcus Thuram 41), Antoine Griezmann (Kingsley Coman 71), Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Randal Kolo Muani 41)

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya