Argentina Juara Piala Dunia 2022, Arab Saudi Boleh Ikut Berbangga

Argentina cuma kalah sekali selama Piala Dunia 2022. Arab Saudi menjadi tim yang bisa menekuk Lionel Messi dan kolega.

oleh Thomas diperbarui 19 Des 2022, 08:15 WIB
Diterbitkan 19 Des 2022, 08:15 WIB
Lionel Messi - Argentina - Piala Dunia 2022 Qatar - 22 November 2022
Superstar Argentina Lionel Messi meninggalkan lapangan setelah timnya kalah 1-2 dari Arab Saudi pada pertandingan pembuka Grup C Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Lusail, Lusail, Selasa, 22 November 2022. (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Liputan6.com, Jakarta- Argentina baru saja memastikan diri menjadi juara Piala Dunia 2022. Lionel Messi dan kawan-kawan menang adu penalti melawan juara bertahan Prancis 4-2 di Stadion Lusail, Qatar, pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Pertandingan Argentina melawan Prancis berlangsung seru. Terjadi kejar mengejar gol. Di 90 menit awal, Argentina dipaksa bermain imbang 2-2 setelah sempat memimpin 2-0 di babak pertama. Di extra time, Argentina kembali unggul lebih dulu sebelum disamakan menjadi 3-3 berkat hat-trick Kylian Mbappe.

Argentina akhirnya keluar sebagai pemenang setelah dua penendang penalti Prancis gagal menunaikan tugasnya yakni Kingsley Coman dan Aurelian Tchouameni. Eksekusi Coman ditepis kiper Emiliano Martinez. Sedangkan Tchouameni melebar.

Dengan keberhasilan Argentina yang menjadi juara, Arab Saudi boleh ikut berbangga dan berpesta. Arab Saudi menjadi satu-satunya tim yang bisa mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

Argentina secara mengejutkan kalah 1-2 dari Arab Saudi pada laga pertamanya di Piala Dunia 2022 yang berlangsung 22 November 2022. Saat itu Argentina unggul cepat melalui penalti Lionel Messi pada menit kesepuluh.

Secara luar biasa Arab Saudi bisa comeback dan mencetak dua gol di babak kedua masing-masing melalui Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari. Arab Saudi juga menghentikan rekor 36 laga tak terkalahkan Argentina.


Pelecut

Timnas Argentina vs Timnas Arab Saudi Grup C Piala Dunia 2022
Selebrasi pemain Arab Saudi usai menjebol gawang Argentina di pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). (AFP/Juan Mabromata)

Justru kekalahan dari Arab Saudi yang memicu dan melecut Argentina untuk bangkit. Pelatih Lionel Scaloni langsung mengubah komposisi pemain. Enzo Fernandez dan Alexis Mac Allister selanjutnya dijadikan starter hingga partai final.

Setelah dikalahkan Arab Saudi, Argentina melibas Meksiko dan Polandia di fase grup. Di babak 16 besar, Argentina melewati adangan Australia. Kemudian menang adu penalti dengan Belanda di perempat final.

Pada babak semifinal, Argentina dengan perkasa melumat finalis Piala Dunia 2018 Kroasia tiga gol tanpa balas.

 


Bakal Dikenang

Berbekal kemenangan 2-1 di laga pertama, Arab Saudi pun akan terus disebut-sebut dan dikenang dalam kisah sukses Argentina meraih gelar Piala Dunia ketiga dalam sejarah.

Apalagi trofi Piala Dunia 2022 begitu spesial karena menjadi gelar pertama Messi. Sebelumnya Messi sangat mengidamkan trofi Piala Dunia. Hanya gelar Piala Dunia yang akan melengkapi pencapaiannya sebagai pesepakbola terbaik sepanjang masa.

Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022
Infografis Duel Sesama Juara 2 Kali Argentina vs Prancis di Final Piala Dunia 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya