Liga Europa MU vs Barcelona: Tersingkir, Xavi Coba Redam Kecewa dengan Komentar Ini

Xavi tetap merasa Barcelona sudah tampil lebih baik di Eropa musim ini. Kegagalan ke Liga Europa karena kalah dari MU coba dilupakannya.

oleh Defri Saefullah diperbarui 24 Feb 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2023, 20:30 WIB
Barcelona Siap Hadapi Manchester United di Liga Europa
Pelatih Barcelona, Xavi tiba untuk sesi latihan tim di tempat latihan Joan Gamper di Sant Joan Despi, dekat Barcelona, pada 15 Februari 2023. Barcelona dan Manchester United akan saling jegal untuk memperebutkan satu tiket menuju babak 16 besar Liga Europa 2022-2023. (AFP/Pau Barrena)

Liputan6.com, Manchester- Xavi Hernandez ogah menyebut kegagalan Barcelona lolos ke 16 besar Liga Europa sebagai kegagalan. Barca seperti diketahui kalah 1-2 (agregat 3-4) dari Manchester United pada leg 2 playoff 16 besar Liga Europa.

Ini kegagalan kedua Xavi dan Barcelona di kancah Eropa. Sebelumnya, Xavi juga gagal membawa Barcelona ke 16 besar Liga Europa.

Usai pertandingan, Xavi mencoba redam rasa kecewa. Dia pun mengeluarkan komentar dengan maksud menghibur dan membesarkan hati para pemainnya.

"Perasaan kami saat ini, kami sudah lebih baik dibandingkan musim lalu," kata Xavi.

"Melawan Inter Milan, MU...kami melawan tim-tim besar tapi kami tidak sebagus yang seharusnya."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penyebab Kekalahan

Fred dan Antony Cetak Gol, Manchester United Singkirkan Barcelona di Liga Europa
Gelandang Manchester United, Antony (tengah) berselebrasi dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ke gawang Barcelona selama pertandingan leg kedua playoff Liga Europa stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Jumat (24/2/2023). Manchester menang tipis atas Barcelona dengan skor 2-1. (AP Photo/Dave Thompson)

Xavi pun mengungkapkan penyebab kekalahan timnya dari MU. Barcelona awalnya unggul lebih dahulu lewat penalti Robert Lewandowski di menit ke-16.

Namun MU membalas lewat gol cepat Fred di menit ke-47. Antony rampungkan kemenangan MU lewat golnya di menit ke-73.

"Gol penyeimbang itu lukai kami. Kami kebingungan saat bola berpencar. Kami tampil bagus di babak pertama, duelnya sangat imbang, harusnya tak kalah," kata Xavi.

"Kembali kekecewaan besar. Ini disayangkan, kami menunggu momen ini. Kami sudah berkompetisi dengan baik dan memberi yang terbaik."


Fokus 2 Kompetisi

Ekspresi Pemain Barcelona Usai Kalah dari Manchester United
Para pemain Barcelona berjalan keluar lapangan usai bertanding melawan Manchester United pada pertandingan leg kedua playoff Liga Europa stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Jumat (24/2/2023). Barcelona kalah dari Manchester dengan skor 2-1. (AP Photo/Dave Thompson)

 

Xavi saat ini fokus di dua kompetisi yang masih bisa dimenangkan Barcelona. Dua kompetisi tersebut yaitu Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Saat ini, Barcelona unggul 8 poin dari Madrid di Liga Spanyol. Barca juga akan menghadapi Real Madrid pada semifinal Copa del Rey.

"Satu-satunya hal positif kami masih melakoni laga di hari Minggu dan kami harus fokus di dua kompetisi," katanya.


Nempel

Foto: Aksi 30 Menit Rashford Bawa MU Tumbangkan Nottingham, Setan Merah Melaju ke Babak Final Carabao Cup 2022/2023
Pemain Manchester United, Fred melakukan selebrasi setelah mencetak gol bersama rekannya, Marcus Rashford pada laga leg kedua Semifinal Carabao Cup 2022/2023 melawan Nottingham Forest di Old Trafford, Manchester, Kamis (02/02/2023) WIB. MU Menang dengan skor 2-0 dan melaju ke babak final Carabao Cup 2022/2023 melawan Newcastle. (AFP/Paul Ellis)

Manajer Manchester United atau MU, Erik ten Hag memuji penampilan Fred pada pertandingan melawan Barcelona di Stadion Old Trafford, Jumat (24/2/2023). Dalam laga ini, Setan Merah akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 2-1 dan melaju ke babak 16 besar Liga Europa 2022/2023 

Menurut ten Hag, Fred berhasil membatasi ruang gerak Frenkie de Jong di lini tengah. Bahkan mantan pelatih Ajax Amsterdam itu melabeli Fred sebagai ‘nyamuk’ yang mengganggu de Jong sepanjang laga. Tidak hanya sukses menghentikan aliran bola Barca, Fred juga mencetak satu gol ke gawang Barca.

"Ia (Fred) memegang peranan penting pekan lalu di Barcelona, dan pekan ini ia berhasil mengulanginya lagi dengan menghentikan Frenkie de Jong,” kata ten Hag dalam sesi konferensi persnya usai laga.

“Fred bermain layaknya nyamuk yang mengganggu pemain lawan! Dan ia melakukannya dengan sangat luar biasa,” tambah ten Hag.


Memuji Antony

Foto: Strategi Comeback Ten Hag Berhasil, MU Bikin Barcelona Pupus di Theatre of Dreams
Selebrasi pemain Manchester United setelah Fred (tengah) menjebol gawang Barcelona dalam pertandingan leg kedua play-off babak gugur Liga Europa 2022/2023 yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (24/2/2023) WIB. (AP Photo/Dave Thompson)

Selain Fred, Erik ten Hag juga mengapresiasi penampilan gemilang rekan senegaranya, Antony yang mampu membawa dampak besar dari bangku cadangan. Eks pemain Ajax tersebut membungkam kritik yang ditujukan padanya sepanjang musim ini setelah mencetak gol kemenangan bagi MU atas Barca.

“Saya tahu ia mampu mengatasi itu semua (kritikan). Ia berani dan ia tak kenal takut,” puji ten Hag.

“Apa yang ia bawa di babak kedua adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tim. Antony telah membawa banyak hal untuk tim ini.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya