Antonio Conte Kritik Habis Bos Tottenham Hotspur dan Pemain Egois

Manajer Tottenham Hotspur, Antonio Conte mengamuk dengan menyebut para pemainnya egois dan memberi kritik tajam terhadap budaya klub.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 20 Mar 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 20 Mar 2023, 16:00 WIB
Foto: Momen Dramatis Antonio Conte Diusir Wasit, Tottenham Gagal Menang Atas Sporting Lisbon di Liga Champions
Kejadian tersebut bermula saat Harry Kane mencetak gol di menit ke-90+4. Gol yang seharusnya bisa memastikan Tottenham menang di kandang sendiri dan melaju ke babak gugur. (AP/Ian Walton)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Tottenham Hotspur, Antonio Conte mengamuk dengan menyebut para pemainnya egois dan memberi kritik tajam terhadap budaya klub. Eks manajer Chelsea tersebut juga berkata Spurs dapat mengganti manajer berapa kali pun tetapi situasi mereka tidak akan pernah berubah.

Semua itu disampaikannya dalam sesi konferensi pers usai laga kontra Southampton dalam lanjutan Liga Inggris akhir pekan lalu yang berakhir imbang 3-3.

“20 tahun ada pemilik ini (Daniel Levy) dan mereka tidak pernah memenangkan sesuatu. Mengapa?” kata Conte.

Lebih lanjut, manajer asal Italia itu menyayangkan situasi yang terjadi di Tottenham karena itu dapat merusak manajer yang pernah memegang kendali di klub tersebut.

“Kesalahan hanya untuk klub atau untuk setiap manajer yang pernah ada di sini? Saya telah melihat manajer yang pernah dimiliki Tottenham. Anda berisiko menghancurkan sosok manajer dan melindungi situasi lain setiap saat,” ujar pria berusia 53 tahun tersebut.

The Lilywhites sendiri baru memenangkan satu trofi sejak Daniel Levy mengambil alih kepemilikan klub pada tahun 2001, yaitu Piala Liga pada tahun 2008. Selama periode itu, Spurs telah memiliki 11 pelatih berbeda, termasuk Mauricio Pochettino yang berhasil membawa mereka ke final Liga Champions pada tahun 2019.

Dan untuk musim ini, Tottenham Hotspur harus kembali memperpanjang puasa gelarnya hingga setidaknya musim depan setelah terdepak dari semua kompetisi yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanggung Jawab

Foto: Reuni Pahit Antonio Conte di Stamford Bridge, Tottenham Hotspur Dibungkam Chelsea di Liga Inggris
Menit ke-42, Tottenham sempat mencetak gol lewat Harry Kane. Namun gol itu segera dianulir, VAR mengonfirmasi Kane melanggar Thiago Silva dalam proses mencetak gol. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Menanggapi situasi buruk tersebut, Antonio Conte menilai ini adalah saatnya klub dan para pemain mulai bertanggung jawab.

“Tidak hanya klub, manajer dan para staf. Para pemain juga harus terlibat dalam situasi ini karena ini adalah saatnya untuk merubah situasi jika Tottenham ingin berubah. Jika mereka terus-terusan seperti ini, mereka bisa mendatangkan banyak manajer baru tetapi situasinya tidak akan pernah berubah, percayalah,” kritik Conte.

Sang juru taktik merasa para pemain tidak memiliki jiwa kompetitif dan hanya bermain untuk diri mereka sendiri. Ketika ditanya mengapa hal itu bisa terjadi, Conte mengunkapkan jika itu merupakan buah dari kebiasaan para pemain ini yang tidak pernah memperjuangkan sesuatu.

“Saya tahu ketika ada orang yang menunjukkan kepada saya ingin menjadi kompetitif, jika anda ingin berjuang, aspek ini harus dipertajam. Dan aspek ini, saya dapat katakan saat ini sangat rendah (di Tottenham). Saya hanya melihat 11 pemain yang bermain untuk dirinya sendiri. Itu semua karena mereka terbiasa seperti ini. Mereka tidak bermain untuk sesuatu yang penting di sini. Mereka tidak ingin bermain di bawah tekanan,” ungkap Conte.


Pesimis

Foto: Bernasib Sama, Chelsea dan Tottenham Raih Hasil Imbang di Laga Pekan Ke-28 Liga Inggris 2022/2023
Reaksi kecewa pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte setelah timnya bermain imbang 3-3 dengan Southampton pada laga pekan ke-28 Liga Inggris 2022/2023 di Stadion St Mary's, Southampton, Minggu (19/03/2023) WIB. (AP Photo/David Cliff)

Tottenham Hotspur sementara ini bertengger di peringkat keempat klasemen Liga Premier dan sebenarnya berkesempatan untuk menembus posisi ketiga jika mereka dapat mengalahkan Southampton akhir pekan lalu. Namun, hasil imbang yang diperoleh hanya bisa memangkas jarak menjadi satu poin dengan Manchester United di posisi ketiga dan semakin dekat untuk terdepak dari zona Liga Champions.

Antonio Conte pun pesimis timnya dapat terkualifikasi untuk bermain di Liga Champions musim depan. Ia menyatakan dengan performa tim seperti sekarang ini mereka akan sangat beruntung jika dapat mengamankan tempat di ajang paling bergengsi di Eropa tersebut.

“Masih ada 10 laga tersisa dan beberapa orang berpikir kami dapat berjuang. Masalahnya dengan semangat, sikap, dan komitmen seperti sekarang ini kami harus berjuang untuk apa? Untuk posisi ketujuh, kedelapan atau ke-10?” tegas Conte.

“Mereka hanyalah 11 pemain yang pergi ke lapangan, tidak lebih. Saya melihat pemain egois, saya melihat pemain yang tidak mau membantu satu sama lain dan tidak menaruh hati mereka,” sambungnya.


Ingin Pergi

Persiapan Tottenham Jelang Lawan Marseille di Liga Champions
Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte menghadiri sesi latihan tim di Tottenham Hotspur Football Club Training Ground di London utara pada 31 Oktober 2022. Tottenham akan bertanding melawan Marseille pada pertandingan lanjutan Grup D Liga Champions di Stade Velodrome pada Rabu, 2 November 2022, jam 03:00 WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Dilansir dari Daily Mail, ada laporan yang menyatakan bahwa beberapa pemain akan sangat senang jika Conte meninggalkan Tottenham dalam dua minggu berikutnya, yaitu ketika jeda internasional. Laporan tersebut juga menyebutkan ada anggapan di tengah skuad jika Conte mungkin tidak akan bertugas dalam laga berikutnya ketika mereka bertandang ke Goodison Park untuk menghadapi Everton pada 3 April nanti.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya