Petenis Indonesia Rifqi Fitriadi Kalahkan Putra Legenda Tenis Bjorn Borg

Rifqi Fitriadi mengalahkan Leo Borg lewat pertarungan tiga set. Leo adalah putra dari Bjorn Borg,

oleh Thomas diperbarui 28 Apr 2023, 06:05 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2023, 05:37 WIB
Petenis Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi
Petenis Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi

Liputan6.com, Jakarta Petenis Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi membuat kejutan di BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri III. Berjuang keras selama tiga set, Rifqi mampu menumbangkan unggulan kedua sekaligus juara seri sebelumnya Leo Borg guna melaju ke perempat final.

Tampil sebagai petenis non-unggulan serta secara peringkat jauh dibawah lawannya, Rifqi Fitriadi justru mampu bermain tanpa beban bahkan dapat mengatasi berbagai tekanan dari lawannya yang merupakan putra legenda tenis dunia Bjorn Borg itu.

Mengawali laga dengan sangat meyakinkan Rifqi yang memiliki sapaan akrab Tole ini, sempat memimpin dalam perolehan poin 3-0 dan 5-3 terlebih dahulu di set pertama. Namun Leo berhasil menyamakan kedudukan bahkan memenangi set ini dengan 7-6 tiebreak 10.

Memasuki set kedua, permainan pemain tuan rumah terus membuat tegang penonton, dimana dalam setiap poinnya selalu tertinggal oleh Borg hingga game ke 11. Momentum Rifqi mulai meningkat saat berhasil mamaksa Borg kembali bermain tie break dan membalas kekalahannya dengan skor 7-6 tiebreak 3, membuat laga harus diselesaikan dengan rubber set.

Memasuki set pamungkas, motivasi Rifqi kian terus meningkat dan sebaliknya performa Leo justru terpuruk mentanya akibat gagal memenangi set keduanya. Alhasil petenis Indonesia yang menggawangi jajaran tim SEA Games 2023 Kamboja ini terus menekan untuk mendominasi laga dan menutupnya dengan kemenangan mudah 6-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rungkat Gagal

Namun langkah Muhamad Rifqi Fitriadi melaju ke perempat final, gagal di ikuti seniornya Christhoper Rungkat yang bertanding menghadapi Yanki Erel. Tampil dengan penuh dedikasi seperti kemarin, menghadapi wakil Turki yang merupakan unggulan kedua, dengan daya juang tinggi di set pertama Christo yang juga bermain rangkap di sektor ganda bersama Nathan Barki, harus takluk 4-6.

Tanpa kenal putus asa, kekalahan tersebut sempat direspons pemain berusia 33 tahun ini dengan lebih meningkatkan intensitas serangannya yang membuatnya unggul 5-4 diset kedua. Namun Erel yang berperingkat 461 dunia ini mampu mengantisipasi untuk menyamakan kedudukan 5 sama, bahkan merebut 2 game tersisa dan menutup laga dengan skor akhir 7-5.


Sektor Ganda

Sementara itu di kategori ganda laga tunda tuan rumah Indonesia gagal menempatkan satu wakilnya ke babak semifinal. Christhoper rungkat dan Nathan Barki yang turun menghadapi unggulan kedua Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro, gagal menanggulangi unggulan kedua tersebut dan menyerah dengan straight set.

Set pertama yang dilakoni kedua pasangan ini sebenarnya cukup berimbang dimana hingga game ke 12 terjadi skor sama kuat 6-6. Namun ganda Filipina dan Thailand ini tampil lebih prima untuk memenangi set pertama dengan keunggulan 7-6 tiebreak 3. Dominasi Alcantara dan Isaro terus dipertahankannya di set kedua, yang mengantarkannya sukses menutup laga dengan skor akhir 6-3.

Selanjutnya dibabak semifinal besok Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro akan bertemu Ray Ho/Somani Parikshit usai menghentikan perlawanan Naoki Tajima/Jake Delaney dengan rubber set.

Sementara pada laga 4 besar ganda putra lainnya akan saling berhadapan antara unggulan pertama pasangan Australia Brandon Walkin/Matthew Romios menghadapi Kelsey Stevenson dan Blake Bayldon.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya