Ditinggal Granit Xhaka, Arsenal Siap Datangkan Sejumlah Gelandang Baru: Termasuk Bintang Muda West Ham

Dengan perginya Xhaka, Arsenal dikabarkan berencana untuk mendatangkan sejumlah gelandang baru untuk memperkuat lini tengah mereka.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 23 Mei 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 23 Mei 2023, 16:30 WIB
Foto: 5 Pemain Jebolan Akademi Chelsea yang Bersinar di Klub Lain
Declan Rice menimba ilmu di akademi Chelsea sejak usia enam tahun. Dia kemudian dilepas pada usia 14 tahun dan pindah ke West Ham. Bersama The Hammers, gelandang 23 tahun itu menjelma menjadi salah satu pemain kunci klub tersebut. (AFP/Justin Tallis)

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang senior sekaligus mantan kapten Arsenal, Granit Xhaka dipastikan akan meninggalkan klub pada musim panas ini. Menurut pakar transfer Fabrizio Romano, pemain asal Swiss tersebut akan angkat kaki dari Emirates Stadium pada akhir musim dan bergabung dengan Bayer Leverkusen.

Dengan perginya Xhaka, Arsenal dikabarkan berencana untuk mendatangkan sejumlah gelandang baru untuk memperkuat lini tengah mereka.

Salah satu yang paling disorot adalah kapten dan bintang muda West Ham United, Declan Rice yang telah lama dikaitkan dengan klub asal London Utara tersebut.

Pemain berusia 24 tahun itu telah menjadi salah satu pilar penting bagi The Hammers sejak ia menembus tim utama pada tahun 2017. Kemampuan teknisnya dalam mengatur lini tengah serta kepemimpinan yang cemerlang membuat banyak klub top Eropa tertarik untuk mendapatkan tanda tangannya.

Menurut laporan Sky Sports, selain Arsenal ada Bayern Munchen yang juga telah berbicara dengan anggota keluarga Rice yang juga berperan sebagai agennya. Manajer baru Bayern Thomas Tuchel dikabarkan sangat tertarik untuk mendatangkan gelandang internasional Inggris itu ke Bundesliga.

Sementara itu, diskusi internal di Arsenal terus berlanjut untuk membahas kemungkinan untuk mendatangkan Rice.

Adapun West Ham dikabarkan meminta mahar fantastis untuk jasa pemain yang biasa mengisi posisi gelandang bertahan itu, yakni 120 juta poundsterling. Rice sendiri memiliki sisa kontrak selama satu tahun dan opsi perpanjangan untuk setahun lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Target Lainnya

Ilkay Gundogan - Manchester City - Liga Inggris
Gelandang Manchester City Ilkay Gundogan berselebrasi dengan rekannya, Phil Foden, setelah mencetak gol ke gawang Everton pertandingan Liga Inggris di Goodison Park, Liverpool, Minggu (14/5/2023). (Lindsey Parnaby / AFP)

Selain Declan Rice, Arsenal juga sedang memantau situasi Moises Caicedo di Brighton & Hove Albion. The Gunners sendiri sudah pernah dua kali menawar gelandang Ekuador itu pada bulan Januari tetapi semuanya ditolak. Tawaran terbaru mereka diketahui bernilai 70 juta poundsterling.

Tidak lama setelah itu, Caicedo menandatangani kontrak baru dengan The Segulls. Kendati begitu, manajer Roberto De Zerbi mengungkapkan kepada Sky Sports awal bulan ini bahwa sang pemain dapat pergi di musim panas.

Mikel Arteta juga disebut-sebut mengincar gelandang Chelsea Mason Mount dan kapten Manchester City Ilkay Gundogan. Kontrak Mount di Stamford Bridge akan habis musim panas mendatang. Ia juga belakangan kesulitan untuk mendapat tempat di tim utama sejak kedatangan segudang pemain baru.

Sama seperti Mount, kontrak Gundogan juga akan habis musim panas ini. Meski begitu, bulan lalu pemain asal Jerman itu mengatakan pembicaraan untuk memperpanjang kontraknya sedang berlansung dan Pep Guardiola juga menegaskan bahwa ia ingin kaptennya itu tetap tinggal.


Barter

Foto: Peringkat 5 Manajer Terbaik di Liga Inggris hingga Paruh Musim 2021 / 2022
David Moyes telah berperan penting membawa West Ham United ke level yang baru. Dianggap sebagai klub papan tengah, The Hammers berhasil menjadi tim yang ditakuti di Liga Inggris. Terbukti, mereka berhasil menempati urutan keenam klasemen. (AFP/Oli Scarff)

Sementara itu, menurut laporan dari FootballTransfers, manajer West Ham David Moyes bisa saja menginginkan kesepakatan pertukaran pemain dengan Arsenal jika ingin membawa Declan Rice pergi. Moyes melihat kesepakatan itu sebagai keputusan yang baik karena ia dapat dengan segera mendapat pengganti kaptennya.

Tidak tanggung-tanggung, eks manajer Manchester United itu dikabarkan menginginkan tiga pemain The Gunners untuk ditukar dengan Rice. Laporan tersebut mengklaim bahwa pemain Arsenal yang diincar Moyes adalan Reiss Nelson, Folarin Balogun dan Albert Sambi-Lokonga.


Peringkat Arsenal di Liga Inggris

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya