Sia-Siakan Bintang Muda Ini, Manchester United Bikin Kesalahan yang Mahal

Manchester United mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan dengan menolak untuk merekrut bintang muda Brighton & Hove Albion Evan Ferguson beberapa tahun lalu.

oleh Luthfa Arisyi Senapi diperbarui 24 Mei 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 16:30 WIB
Hasil Piala FA: Brighton and Hove Albion Menang Tipis di Kandang Stoke City
Pemain Brighton and Hove Albion Evan Ferguson (kiri) bersaing memperebutkan bola dengan pemain Stoke City Axel Tuanzebe (kanan) pada pertandingan sepak bola putaran kelima Piala FA di Stadion bet365, Stoke on Trent, Inggris, 28 Februari 2023. Brighton and Hove Albion mengalahkan Stoke City dengan skor 1-0. (Oli SCARFF/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan dengan menolak merekrut bintang muda Brighton & Hove Albion Evan Ferguson beberapa tahun lalu. Sebelum mengalami peningkatan pesat bersama The Seagulls, Ferguson pernah menjalani trial di MU tetapi klub memutuskan untuk melepasnya.

Kini, striker asal Irlandia itu telah menjalani musim perdana yang luar biasa di Amex Stadium, di mana ia mengoleksi 10 gol dan empat assist dari 27 penampilannya di semua kompetisi. Atas penampilan impresifnya, Ferguson dihadiahi kontrak baru dengan jangka panjang yang juga bertujuan untuk ‘memperingatkan’ klub lain yang berminat untuk mendatangkannya.

United bisa saja mendatangkan Ferguson ketika ia masih berusia 16 tahun. Hanya saja waktu itu ia dianggap tidak cukup baik untuk klub.

Dan kini, berdasarkan laporan dari Sky Sports, Direktur Akademi MU Nick Cox mengakui keputusan tersebut adalah kesalahan senilai 50 juta poundsterling atau setara Rp927 Miliar. Bahkan, bisa lebih mahal jika United ingin mendatangkan Ferguson di waktu mendatang.

Seperti diketahui, mendatangkan striker baru adalah prioritas utama Erik ten Hag musim panas ini dengan Ferguson dianggap sebagai salah satu target potensial.

Brighton sendiri yakin bahwa mereka dapat menghasilkan banyak uang jika mereka ingin melepas pemain berusia 18 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bukan Pertama Kali

Foto: Barisan 5 Pemain Borussia Dortmund yang Langsung Mencetak Gol di Laga Debutnya, Sebastien Haller Bisa Gak Ya?
Erling Haaland. Striker Norwegia berusia 22 tahun yang baru saja meninggalkan Borussia Dortmund menuju Manchester City menjelang bergulirnya musim 2022/2023 ini juga mampu mencetak gol di laga debutnya bareng Borussia Dortmund. Tak tanggung-tanggung, 3 gol berhasil dicetaknya ke gawang FC Augsburg di pekan ke-18 Bundesliga 2019/2020 (18/1/2020) dalam laga yang berakhir dengan kemenangan 5-3. Erling Haalnd sendiri didatangkan dari RB Salzburg pada tengah musim 2019/2020 dengan biaya 20 juta euro. Bersama Dortmund ia total tampil dalam 88 laga di semua ajang dengan torehan 85 gol dan 22 assist. (AFP/Thomas Kienzle)

Adapun ini bukanlah pertama kalinya Manchester United menyia-nyiakan peluang untuk mendatangkan bintang sepak bola masa depan. Sebelumnya, United juga pernah melakukan kesalahan serupa ketika mereka memutuskan untuk tidak mengontrak Erling Haaland sebelum akhirnya bomber Norwegia itu melejit menjadi salah satu striker paling mematikan di dunia saat ini.

Haaland sendiri pernah menimba ilmu di akademi Molde, di mana Ole Gunnar Solskjaer pernah melatih di sana. Sebelum Solskjaer mengisi kursi kepelatihan di Old Trafford, ia sempat memberitahu klub bahwa ada bakat muda yang tersedia dengan biaya yang relatif murah, tetapi klub tidak menghiraukan saran tersebut.

“Saya menelepon United sekitar enam bulan sebelum saya mengambil alih dan memberi tahu mereka striker yang kami miliki tetapi mereka tidak mendengarkan. Saya meminta 4 juta poundsterling untuk Haaland tetapi mereka tidak mengontraknya,” ungkap Solskjaer.


Target Utama Man United dan Tottenham Hotspur

Erik ten Hag
Pelatih Kepala Manchester United, Erik Ten Hag berjalan sebelum dimulainya pertandingan sepak bola leg kedua playoff Liga Europa antara Manchester United dan Barcelona di Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Kamis, 23 Februari 2023. (AP Photo/Dave Thompson)

Dilansir dari Sky Sports, Manchester United dan Tottenham Hotspur telah menetapkan Evan Ferguson sebagai kandidat kuat untuk memimpin lini serang mereka dalam jangka panjang. Kedua klub tersebut dikabarkan telah memulai persiapan untuk mendatangkannya pada musim panas ini.

Brighton percaya jika Ferguson tetap berada pada jalur yang tepat, ia bisa menjelma menjadi pemain bernilai 100 juta poundsterling

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya