Harga Saham Manchester United Meroket Usai Sheikh Jassim Dikabarkan Jadi Pemilik Baru

Sheikh Jassim mengajukan tawaran kelimanya untuk klub tersebut minggu lalu, memperingatkan bahwa itu adalah tawaran terakhirnya untuk Manchester United.

oleh AY Yustiawan diperbarui 14 Jun 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2023, 13:00 WIB
Manchester United, Old Trafford, Fulham
Suporter Manchester United hadir langsung di Old Trafford dalam laga pekan ke-37 Premier League kontra Fulham, Rabu (19/5/2021) dini hari WIB. Sayangnya, Manchester United hanya bermain imbang 1-1 dengan Fulham dalam laga tersebut. (PHIL NOBLE / POOL / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Harga saham Manchester United meroket menyusul klaim bahwa bankir Qatar Sheikh Jassim bin Hamad al Thani telah menerima tawaran untuk klub raksasa Liga Inggris tersebut.

Laporan yang berasal dari Qatar mengklaim Sheikh Jassim telah berhasil meyakinkan klub dengan tawaran kelima dan terakhirnya untuk Manchester United.

Tawaran yang diajukan melalui Nine Two Foundation itu, dipahami bernilai sekitar 6,5 miliar dolar AS (5,2 miliar pounds). Bahkan, 1 miliar dolar AS (sekitar 800 juta pounds) investasi tambahan di klub juga telah dijanjikan.

Menurut BBC, desas-desus tentang keberhasilan tawaran tersebut melibatkan pejabat senior di organisasi media Qatar yang terkait dengan keluarga Sheikh Jassim.

Tapi, sumber-sumber yang terlibat dalam proses pengambilalihan klub diklaim telah mengecilkan keakuratan laporan tersebut. Meski demikian, situasi ini berdampak besar pada

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Saham Manchester United Melonjak Hampir 25 Persen

Manchester United - Stadion old Trafford - Liga Inggris
Stadion Old Trafford, markas Manchester United. (Oli SCARFF / AFP)

Saham klub melonjak hampir 25 persen dalam perdagangan pra-pasar pada hari Selasa menyusul laporan tersebut. Pada satu titik mencapai 26,20 dolar AS (20,85 pounds). Harga saham sejak itu turun menjadi $24,30 (£19,33).

Editor ekonomi BBC Faisal Islam yakin harganya bisa melampaui 30 dolar AS (23,87 pounds) jika pengambilalihan berhasil dilakukan oleh Sheikh Jassim.


Harga Saham Manchester United Naik 24 Persen

Manchester United - MU - Liga Inggris
Bendera Manchester United atau MU di Old Trafford. (Oli SCARFF/AFP)

“Saat ini perdagangan pra-pasar di NY, harga saham United sekarang naik 24% pada penutupan tadi malam, menjadi $25 per saham…menambah nilai hampir $1 miliar,” tweet Islam pada Selasa pagi.

“Menunjukkan beberapa pedagang dalam taruhan perdagangan tipis pada pengambilalihan Qatar… tetapi akan lebih tinggi, mendekati / di atas $30 dalam skenario kesepakatan yang sudah selesai.”


Sheikh Jassim Sudah Ajukan Tawaran Terakhir

Foto: Gol Son Heung-min Pupuskan Kemenangan MU atas Tottenham Hotspur di Liga Inggris
Pemain Manchester United, Marcus Rashford (kiri) merayakan gol kedua timnya bersama Jadon Sancho pada laga pekan ke-33 Liga Inggris 2022/2023 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Jumat (28/04/2023) WIB. Laga berakhir dengan skor 2-2. (AP Photo/Alastair Grant)

Sheikh Jassim mengajukan tawaran kelimanya untuk klub tersebut minggu lalu, memperingatkan bahwa itu adalah tawaran terakhirnya untuk klub Liga Premier tersebut.

Sheikh Jassim sedang berusaha untuk membeli 100 persen saham United. Sedangkan saingan utamanya, Grup INEOS milik Sir Jim Ratcliffe, sedang mencari saham pengendali lebih dari 50 persen yang memungkinkan keluarga Glazer untuk mempertahankan beberapa keterlibatan di klub.

Raine, grup perbankan Amerika yang menangani potensi penjualan atas nama Glazers, belum menyebutkan penawar yang disukai – lebih dari 200 hari sejak klub pertama kali dipasarkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya