Tuduhan Dibatalkan, Mason Greenwood Masuk Daftar Pemain yang Dipertahankan Manchester United

Mason Greenwood belum kembali ke Manchester United, karena klub masih melakukan penyelidikan internal sebelum membuat keputusan akhir

oleh AY Yustiawan diperbarui 23 Jun 2023, 22:30 WIB
Diterbitkan 17 Jun 2023, 16:00 WIB
Mason Greenwood - Manchester United - 4 Januari 2022
Mason Greenwood melihat ke arah Manajer Manchester United Ralf Rangnick setelah diganti pada menit ke-60 dalam laga Liga Inggris kontra Wolverhampton Wanderers di Old Trafford, Selasa (4/1/2022) dini hari WIB. (AP Foto / Dave Thompson)

Liputan6.com, Jakarta Mason Greenwood masuk dalam daftar pemain yang dipertahankan Manchester United jelang musim 2023/24. Meski begitu, Greenwood belum pernah berlatih dengan tim utama apalagi bermain sejak dia ditangkap pada Januari 2022.

Sebelumnya, Greenwood mendapat tuduhan percobaan pemerkosaan, penyerangan, dan kontrol paksa, namun sangkaan pada pria berusia 21 tahun itu dibatalkan pada Februari 2023. Itu setelah saksi kunci menarik keterlibatan mereka dalam kasus tersebut dan materi baru terungkap selama penyelidikan polisi.

Tapi Greenwood belum kembali ke Manchester United, karena klub masih melakukan penyelidikan internal sebelum membuat keputusan akhir mengenai masa depannya.

Hal itu menimbulkan spekulasi apakah Greenwood akan diizinkan kembali atau klub berencana melepas, meminjamkan atau menjualnya musim panas ini.

Namun, Manchester United memberikan pembaruan, Jumat kemarin (16/6/2023) dengan mengonfirmasi bahwa Greenwood tetap dipertahankan klub menjelang musim baru.


Daftar Pemain yang Dipertahankan Manchester United

Kasus Pemerkosaan, Gelandang Manchester United Mason Greenwood Dibebaskan dari Hukuman
Striker Manchester United, Mason Greenwood menembak bola dari kawalan bek Aston Villa, Tyrone Mings selama pertandingan putaran ketiga Piala FA Inggris di Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, pada 10 Januari 2022. Kepolisian Manchester menyebut bahwa kasus ini tidak dilanjutkan oleh Kejaksaan setempat per tanggal 2 Februari 2023. Menurut laporan tersebut, tuntutan terhadap sang pemuda telah dicabut. Sehingga ia kini dinyatakan bebas. (AFP/ Paul Ellis)

Manchester United sudah merilis daftar pemain yang dipertahankan untuk musim 2023-24 di situs klub. Mereka juga mengonfirmasi bahwa beberapa pemain termasuk Phil Jones dan Axel Tuanzebe akan pergi musim panas ini di akhir kontrak mereka.

Klub juga mengonfirmasi bahwa pembicaraan kontrak tetap berlangsung dengan kiper David de Gea. Kontrak kiper asal Spanyol saat ini akan berakhir pada akhir bulan.


Manchester United Masih Lakukan Penyelidikan Internal

Mason Greenwood - Manchester United (MU) - Liga Inggris
Striker Manchester United atau MU Mason Greenwood merayakan golnya ke gawang Wolverhampton Wanderers pada match day ketiga Liga Inggris di Stadion Molineux, Minggu, 29 Agustus 2021. (Oli SCARFF / AFP)

Greenwood disebutkan dalam daftar yang dipertahankan sebagai bagian dari Bagian A - pemain berusia di bawah 24 tahun per Juni 2023. Penyerang itu terikat kontrak di Old Trafford hingga 2025 dan tetap dengan gaji penuh sementara klub melakukan penyelidikan internal.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan The Times, manajer United Erik ten Hag menolak untuk mengesampingkan Greenwood kembali ke tim utama, namun itu bukan keputusannya.

Menindaklanjuti harapannya akan pemain yang bisa meringankan beban Marcus Rashford mencetak gol, Ten Hag mengatakan bahwa Greenwood telah "menunjukkan di masa lalu bahwa dia mampu melakukan itu (mencetak gol).


Greenwood Belum Putuskan Kelanjutan Kariernya

Foto: 5 Pesepak Bola yang Pernah Tersandung Kasus Kekerasan, Mason Greenwood Terbaru
Kasus penganiayaan Mason Greenwood ramai usai Harriet Robson mengunggah foto tubuhnya yang mengalami luka-luka dan lebam di Instagram Storynya pada Minggu (30/1/2022). Akibatnya, ia ditahan Kepolisian Manchester Raya setempat dan dibekukan dari skuad MU. (AFP/Paul Ellis)

Sementara itu, Greenwood merilis pernyataan singkat setelah dakwaan terhadapnya dibatalkan. Meski dia tidak menyebutkan karier sepak bola dan rencananya untuk masa depan.

"Saya lega masalah ini sudah selesai dan saya ingin berterima kasih kepada keluarga, orang yang saya cintai, dan teman-teman atas dukungan mereka," bunyi pernyataan itu. "Tidak akan ada komentar lebih lanjut untuk saat ini."

Greenwood tidak bermain untuk United dalam 18 bulan, dengan penampilan terakhirnya untuk klub datang melawan West Ham pada 22 Januari 2022.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya